Tuesday, December 16, 2014

Cara Convert Word To PDF Secara Online dan Offline

Cara Convert Word To PDF Secara Online dan Offline - Berbagi pengalaman seputar Microsoft Word memang tidak ada habisnya. Setelah kemarin saya share pengalaman tentang cara convert PDF to Word secara online, pada kesempatan kali ini akan saya share juga pengalaman lain yang berhubungan dengan dokumen Microsoft Word

Pengalaman yang kali ini akan saya bagikan adalah pengalaman cara convert Word to PDF document. Pengalaman ini saya lakukan dengan dua cara, yaitu secara offline dan dengan cara online. Hanya saja untuk cara offline masih membutuhkan sebuah plugin Ms. Word yang dapat di-download secara gratis di website Microsoft

Baca : Convert PDF to Word

Sedangkan untuk cara online bisa dibilang lebih mudah karena tidak memerlukan plugin atau software converter melainkan hanya membuka sebuah website converter saja dan melakukan convert Word to PDF di situs tersebut secara gratis. 

Selanjutnya akan saya ulas satu per satu cara convert Word to PDF tersebut, baik secara offline maupun secara online.

Cara Convert Word to PDF secara Offline

Untuk dapat mengubah file Word menjadi PDF secara offline atau dalam kata lain Save as PDF, Microsoft Word versi 2007 ke bawah (versi sebelumnya) masih membutuhkan sebuah plugin (add-in) khusus yang dapat di-download di website Microsoft. Nama dari Plugin (Add-in) tersebut adalah Add-in Microsoft Save as PDF
Cara Convert Word to PDF secara Offline

Dalam pengalaman ini saya ambil contoh Microsoft Word yang saya gunakan adalah Microsoft Word 2007. Setelah Anda download (bisa melalui link tersedia), Anda harus meng-instal add-in tersebut sampai selesai. 

Setelah selesai, Anda tutup semua aplikasi Ms. Word yang terbuka dan buka kembali dokumen Ms. Word Anda. Maka pada menu Save As akan Anda jumpai pilihan Save As to PDF or XPS

Dengan memanfaatkan add-in tersebut, dokumen Anda akan tersimpan dalam format file PDF. Kelebihan dari cara ini adalah Anda tidak perlu membutuhkan koneksi internet terus menerus, koneksi internet hanya dibutuhkan pada saat men-download add-in dari server Microsoft saja

Cara Convert Word to PDF secara Online

Untuk cara yang satu ini, Anda harus terkoneksi internet secara terus menerus saat convert Word to PDF. Jadi file dokumen Word yang sudah jadi disimpan dalam format Word (doc, docx) kemudian file tersebut di-upload ke website converter dan nanti output berupa file PDF dapat di-download

Ada beberapa website converter Word to PDF yang saya rekomendasikan karena menghasilkan output yang bagus, berikut ini daftarnya.

1# Free PDF Converter

Website ini memberikan pengalaman konversi dokumen yang luas. Selain dapat melakukan convert Word to PDF, pengguna juga dapat mengubah berbagai file lainnya menjadi beberapa format file yang didukung. 

Caranya cukup masukkan file melalui Select Files, pilih format file yang dikehendaki (dalam kasus ini adalah PDF), dan tekan tombol Convert. Tunggu proses sampai selesai dan dokumen PDF Anda sudah jadi.
Free PDF Converter converter Word to PDF

Lain lagi dengan website converter yang satu ini. Website ini memfokuskan kinerja konversi pada file format Microsoft Office dan format Images

Jadi untuk semua format file Microsoft Office dapat Anda jadikan format PDF melalui website ini. 

Cara menggunakannya juga sangat mudah dan cepat. Cukup dengan memilih tombol Upload a File to Convert dan Anda akan diarahkan mengikuti langkah-langkah berikutnya yang mudah untuk dipahami.
PDF Online converter Word to PDF


3# Convert Online Free

Kalau website converter yang satu ini memang lebih fokus lagi hanya untuk mengubah file Word menjadi PDF

Caranya sangat mudah, tinggal Choose File kemudian Convert

Yang menjadi nilai tambah dari website converter ini adalah adanya fasilitas preview sebelum convert Word to PDF dilakukan.
Convert Online PDF converter Word to PDF

Untuk website converter Word to PDF yang satu ini memang sangat simple dan mudah untuk dipahami kinerjanya. Website converter free ini memiliki slogan yang bukan main simple-nya, cukup "Upload - Click - Done". Seperti slogannya tersebut, cara menggunakannya juga sangat mudah, cukup dengan klik Choose File kemudian tekan Next dan ikuti perintah selanjutnya, maka file PDF Anda akan jadi seketika. File yang didukung oleh website converter ini seperti DOC, DOCX, RTF, TIFF, TXT, dan PS.
Fast PDF converter Word to PDF

5# Small PDF

Rekomendasi convert Word to PDF online yang terakhir adalah menggunakan fasilitas website converter Small PDF.

Baca juga : Convert PDF to Excel dengan Mudah

Sebenarnya webiste converter ini memiliki fasilitas konversi yang bervariasi jenis format file-nya. Untuk convert Word to PDF juga sangat mudah dan cepat, cukup klik Choose File maka proses upload akan berjalan dan konversi juga berlangsung. 

Salah satu kelebihan dari website converter ini adalah support import file dari Dropbox dan Google Drive.
Small PDF converter Word to PDF


Demikianlah cara convert Word to PDF secara Online dan Offline yang saya rekomendasikan berdasarkan pengalaman saya. Jadi tinggal Anda menyesuaikan dengan situasi Anda mau menggunakan cara yang offline atau cara yang online. Untuk hasil cari kedua cara ini sama-sama memuaskan dan bagus untuk ukuran diokumen PDF. 

Semoga cara convert Word to PDF yang saya bagikan ini dapat bermanfaat untuk Anda.
Advertisement

11 comments

langsung dicoba nih
untuk convert word ke pdf mudah
makasih infonya

Sip... semoga berhasil ya gan... :)

I find a free online pdf to word converter to convert pdf to word online.

Suwun infone ya Mas. Thank's banget untuk yang gaptek seperti saya. hehe ternyata ada add-in yang dari microsoft untuk ms. word 2007.

Iya mbak, add-in ini akan mempermudah save PDF dari file Word yang telah dibuat

http://142110101108sumiatitugas.blogspot.co.id/
cek yuk !! insya allah bermanfaat. blog baru :D

Oke mbak... terimakasih ya sudah berkunjung...

mas mau tanya kenapa ya pas save as pdf font berubah jadi jelek tidak sebagus di word nya, seblumnya tidak begtu, padahal tidak di apa2in

Jika convert dilakukan online bisa disebabkan font yang dipakai di Word berbeda dan tidak ada di dalam library converter. Sebaiknya manfaatkan model convert offline saja jika menggunakan variasi huruf di dalam dokumennya.

gan mau tanya dong, kenapa setiap kali convert word ke PDF tulisannya berubah ?

trima kasih

Biasanya kalo pakai yang free memang kayak gitu mbak.. silahkan coba beberapa rekomendasi yang online, ada hasilnya yang lebih bagus...

Terimakasih telah berkunjung dan berikut ini ketentuan komentar yang diperbolehkan :

1. Berkomentar dengan bahasa yang sopan dan tidak SARA.
2. Berkomentar sesuai dengan topik artikel.
3. TIDAK BOLEH memasukkan LINK AKTIF. Karena akan otomatis terhapus komentarnya.
4. Jika ingin menambahkan LINK silahkan masukkan ke dalam bagian URL atau menyertakan ke dalam komentar dengan sifat TIDAK AKTIF.
5. Berkomentarlah yang membangun dan bermanfaat untuk orang lain ya :-)
6. JANGAN MENCANTUMKAN NOMOR TELEPON ATAU SEJENISNYA DI DALAM KOMENTAR. UNTUK MENGHINDARI PENYALAHGUNAAN DARI PIHAK LAIN.
7. MOHON UNTUK TIDAK KOMENTAR YANG MENYESATKAN!

Terimakasih atas kerjasamanya demi memajukan website ini,
EmoticonEmoticon