Wednesday, December 10, 2014

Inilah Cara Cek SEO Blog/Website Yang Saya Lakukan

Cek SEO Website/Blog ~ Artikel ulasan berikut ini akan sangat membantu bagi para blogger muda dan newbie. Dalam hal pembanguna website atau blog, SEO pondasi sangat penting untuk kelangsungan hidup blog atau website yang akan kita bangun. Jadi disarankan bagi para newbie atau blogger muda yang baru berkecimpung dalam dunia blog/website untuk memahami SEO pondasi itu sendiri. Pada ulasan kali ini, saya akan membahas tetang cara melihat sejauh mana SEO pondasi yang telah kita bangun untuk sebuah website atau blog. SEO pondasi yang akan diulas dalam artikel ini adalah SEO Pondasi On Page. Dalam artikel ini Anda akan ditunjukkan cara cek SEO blog/website dengan mudah dan sangat bermanfaat nantinya hasil cek tersebut untuk pembenahan SEO blog/website.

Tetapi sebelum membahas tentang cara cek SEO blog/website, ada baiknya Anda mengenal dulu apa itu SEO, SEO pondasi, dan SEO On Page. Akan saya jelaskan satu per satu menurut pemikiran saya. Kita mulai dari apa itu SEO, SEO adalah sebuah teknik yang diterapkan dalam sebuah website/blog dan untuk sebuah website/blog supaya dapat dilihat dan diidentifikasi oleh mesin pencari semacam Google, Yahoo. Bing, Aon, Ask, dll. Yang diidentifakasi dan dilihat oleh mesin pencari adalah struktur website, konten website, dan lain-lain. Setelah diidentifikasi maka Search Engine akan memasukkan data website/blog kita ke dalam database pencarian mereka berdasarkan keyword tertentu.
cek seo website/blog

Setelah mengetahui tentang SEO selanjutnya akan saya ulas mengenai SEO pondasi. Dalam penjelasan ini saya pakai ilustrasi "pembanguna rumah". Membangun sebuah website/blog ibarat membangun sebuah rumah. Ada beberapa bagian penting yang harus dipenuhi agar rumah dapat berdiri dan dapat ditinggali. Begitu juga sebuah website, perlu bagian-bagian penting penyusunnya untuk dapat eksis dan dapat ditemukan oleh orang lain di dunia maya. Saat membangun rumah, bagian pertama yang dibangun adalah pondasi. Semakin kuat pondasi yang dibangun, maka akan semakin kuat pula daya topangnya. Dari ilustrasi tersebut dapat dijelaskan bahwa SEO Pondasi memiliki peran yang sangat penting untuk kelangsungan hidup blog/website di dunai maya. SEO pondasi adalah teknik SEO yang dilakukan sebagai dasar pembuatan website/blog. Teknik ini meliputi penggunaan elemen-elemen yang disukai oleh mesin pencari. SEO pondasi akan memaksimalkan penggunaan elemen-elemen yang disukai oleh mesin pencari tersebut sebagai dasar dari SEO blog/website. Jadi SEO pondasi wajib dibuat dan dipertimbangkan kekuatannya.

Hal terakhir yang perlu diketahui adalah SEO On Page. Kenapa harus SEO On Page? Hal ini dikarenakan SEO On Page memegang 85% hidup website/blog yang kita bangun. SEO On Page adalah memaksimalkan kekuatan SEO yang tersentralisasi di dalam sebuah website/blog itu sendiri. Mulai dari penggunaan elemen-elemen, pengaturan konten, dan lain-lain. Jadi ketika membangun sebuah website, pertimbangkan untuk optimalisasi SEO On Page terlebih dahulu.
cek seo website/blog

Nah setelah Anda mengetahu masing-masing istilah yang akan kita gunakan nanti, sekarang waktunya membahas tentang cara cek SEO blog/website. SEO yang akan kita cek adalah SEO On Page mengenail beberapa elemen penting yang harus terpenuhi supaya blog/website dapat dilihat atau diidentifikasi oleh mesin pencari.Cara cek SEO web/blog ini sudah saya laukan dan buktikan memang sangat mempengaruhi perilaku mesin pencari terhadap blog/website kita. Untuk cek SEO blog/website, saya menggunakan sebuah tool online yang bernama CHKME yang dapat digunakan melalui website CHKME.COM. Website tersebut akan memberikan hasil laporan pemeriksaan SEO Onpage website/blog kita. Laporan tersebut meliputi error elemen, error konten, dan skor SEO untuk website yang di cek. Melalui laporan tersebut, kita dapat melakukan optimalisasi dengan mencari letak kesalahan yang diidentifikasi oleh CHKME. Setelah melakukan pembenahan sesuai dengan yang disarankan, skor SEO kita akan berubah membaik. Skor SEO yang baik adalah 100% dari hasil cek CHKME.COM. Untuk cara cek SEO menggunakan CHKME.COM dapat Anda ikuti seperti langkah berikut ini:
  • Buka halaman website resmi CHKME.com
  • Masukan alamat website yang akan dicek pada kolom URL dan klik tombol Check SEO Score.
  • Hasilnya akan segera dimunculkan dan skor SEO website akan kelihatan.
  • Periksa penyebab missing yang terjadi di masing-masing elemen.
  • Lakukan pembenahan pada website/blog.
  • Cek sekali lagi maka perubahan akan terjadi.

cek seo website/blog

Lakukan pembenahan semaksimal mungkin sampai Anda mendapatkan skor 100%. Dengan begitu, website/blog Anda telah memiliki SEO Onpage yang lumayan bagus dan perbedaannya akan dapat Anda lihat beberapa hari ke depan. Sangat mudah sekali untuk melakukan cek SEO blog/website, terutama cek SEO Onpage yang sangat penting itu. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda semua.
Advertisement

4 comments

Yoyoi, salam blogging juga gan...

To get a higher exposure for your facebook account, Folks expend dollars to Buy Facebook Followers to conveniently obtain exposure on internet. buy 500 facebook followers

Terimakasih telah berkunjung dan berikut ini ketentuan komentar yang diperbolehkan :

1. Berkomentar dengan bahasa yang sopan dan tidak SARA.
2. Berkomentar sesuai dengan topik artikel.
3. TIDAK BOLEH memasukkan LINK AKTIF. Karena akan otomatis terhapus komentarnya.
4. Jika ingin menambahkan LINK silahkan masukkan ke dalam bagian URL atau menyertakan ke dalam komentar dengan sifat TIDAK AKTIF.
5. Berkomentarlah yang membangun dan bermanfaat untuk orang lain ya :-)
6. JANGAN MENCANTUMKAN NOMOR TELEPON ATAU SEJENISNYA DI DALAM KOMENTAR. UNTUK MENGHINDARI PENYALAHGUNAAN DARI PIHAK LAIN.
7. MOHON UNTUK TIDAK KOMENTAR YANG MENYESATKAN!

Terimakasih atas kerjasamanya demi memajukan website ini,
EmoticonEmoticon