Sunday, January 12, 2014

Cara Mengatasi WiFi Card Tidak Terdeteksi

Cara Mengatasi WiFi Card Tidak Terdeteksi ~ Adakalanya sebuah masalah komputer atau laptop itu datang dengan tak terduga. Salah satunya adalah masalah yang muncul ketika kita hendak melakukan koneksi internet dengan laptop kita menggunakan WiFi card yang ada. Tetapi ternyata WiFi card yang ada di laptop kita tidak terdeteksi oleh sistem operasi (misal Windows 7). Padahal driver sudah terinstal, status device manager tentang WiFi card juga terinstal dengan baik. Tetapi masih saja WiFi tidak terdeteksi saat Windows kita nyalakan, bahkan berkali-kali di-restart hasilnya tetap sama. Pasti akan bingung, ada apa dengan laptop dan WiFi card itu.

Berikut akan diulas mengenai tips mengatasi WiFi card yang tidak terdeteksi di laptop dengan sistem operasi Windows 7. Semoga tips ini dapat membantu menyelesaikan masalah anda ketika mengalamai masalah tersebut.

Cara Mengatasi WiFi Card Tidak Terdeteksi
Cara Mengatasi WiFi Card Tidak Terdeteksi
Tips Identifikasi WiFi card tidak terdeteksi Windows 7:
  1. Pastikan Anda berada di area sumber WiFi (hotspot). Ini sangat penting sekali. Bagaimana kita menyelesaikan masalah deteksi WiFi jika kita tidak berada di wilayah sumber WiFi. Jangan-jangan masalahnya hanya tidak adanya jaringan WiFi ketika WiFI card tidak mendeteksi/terkoneksi internet.
  2. Pastikan jaringan WiFi dimana Anda berada dalam keadaan normal. Ini juga penting sekali. Jika jaringan WiFi (hotspot) mengalami masalah dengan konfigurasi, sebereapa keraspun kita berusaha untuk koneksi tetap saja akan gagal dan gagal.
  3. Pastikan keadaan perangkan WiFi Anda berada dalam status ON. Kalau ini yang menajdi kunci pokok. Biasanya untuk mengaktifkan atau menonaktifkan WiFi ada tombol kombinasi FN + tombol fungsi (biasanya bergambar pemancar WiFi).
Jika ketiga peranan tersebut sudah dianalisa dan hasilnya dalam keadaan berfungsi semua, tetapi WiFi Anda masih saja tidak terdeteksi berarti ada masalah pada pengaturan mobilitas sistem operasi Anda (pengaturan mobilitas perangkat Windows 7). Untuk mengetahui dan mengatasi mobilitas yang menyebabkan WiFi tidak terdeteksi, mari ikuti langkah berikut ini.

Cara Mengatasi WiFi Card tidak terdeteksi Windows 7:
  1. Pastikan ketiga hal penting dalam tips identifikasi WiFi card tidak terdeteksi Windows 7 tersebut dalam keadaan aktif.
  2. Masuk ke Control Panel > Windows Mobility Center. Untuk mempermudah mencari menu tersebut, ubah posisi View By pada posisi Large Icon. Letaknya ada di pojok kanan atas.
  3. Perhatika pada bagian Wireless Status di dalam menu Windows Mobility Center. Apakah statusnya dalam keadaan OFF (Wireless Off)
  4. Aktifkan Wireless dengan menekan tombol Turn wireless on, sehingga wireless akan berstatus hidup.
  5. Selesai
Langkah terakhir adalah mencoba hasil penyelesaian. Koneksikan WiFi dengan hotspot yang tersedia dan lakukan browsing internet menggunakan browser kesayangan Anda.

Itulah tips dan cara mengatasi WiFi yang tidak terdeteksi di Windows 7. Semoga dapat membantu menyelesaikan masalah gagal koneksi Anda dengan wireless.

Advertisement

18 comments

gan, di control panel ane kok gak ada windows mobility center?
adqa cara lain gak gan selain cara di atas?

Itu View By nya udah diubah ke piosisi Large Icon belum mas? Biasanya kalo belum, pilihan menu itu tidak akan muncul.

gan, yg saya ga ada wireless status di menu Windows MobilityCenter. Itu masalahnya kenapatu tuh gan? solusinya?

Ini bisa tejadi karena driver wireless agan belum terinstal. Coba instal dulu driver wireless card nya yang sesuai dan lihat lagi pada Windows Mobility Center.

Bang kalo ikon wireless yg bwt d turn on aj gk ad tuh gmna

Jika gak ada ikon-nya... biasanya ada tombol untuk mengaktifkan dan menonaktifkan wireless card. Biasanya ada di body laptop dan bergambar seperti tongkat memancar. Ketika aktif biasanya berwarna putih menyala dan jika nonaktif biasanya berwarna merah menyala. Coba perikasa terlebih dahulu keberadaan tombol tersebut pada body laptop.

iya saya jg ada gan . udah ane ganti jadi large icon juga . ane pakek pc sih gan . wifi cardnya tapi ga kebaca . sejam tadi kebaca . trus karna barusan ane bersiin cpu ane . pas ane nyalain kok ilabg ya . ga ndeteksi wifi

Udah dipastikan perangkat wifinya terasang dengan benar pasca pemberaihan itu mbak?. Coba kalo dalam bentuk card PCI, wifi cardnya lepas dulu dan pasang kembali. Kemudian instal kembali driver bawaannya.
Jika wifinya dalam bentuk USB, silahkan cabut dulu dan tancapkan lagi,

gan kok di mobility center enggak ada wireless networknya ya? wifi saya enggak bisa ke detect padahal di laptop lain sama di hp wifinya bisa ke detect. mohon bantuannya. ( laptop saya asus )

Coba agan bersihkan history dan cache, bisa menggunakan aplikasi seperti Ccleaner. Dan kemudia coba reset adapternya dengan cara perintah WINSOCK, untuk caranya banyak di internet. Cari saja penggunaan WINSOCK.

Yang ga detek tuh lan card,,jd driver na ga fungsi,,jdi gmana??

Jika LAN card-nya terletak di slot PCI yang bisa dilepas, mohon dilepas terlebih dahulu dan bersihkan pin-pinnya, kemudian pasang kembali.
Jika LAN card onboard pada PC, mungkin LAN card rusak. Jadi silahkan mencari dan memasang LAN card PCI yang lain kemudian instalasi.
Jika LAN card pada notebook atau sejenisnya, silahkan cek kan terlebih dahulu ke servis hardware atau center notebook terdekat untuk memastikan kondisi dari LAN card.
Pada beberapa pengaturan, LAN card dapat dinonaktifkan melalui BIOS. Coba terlebih dahulu Anda cek pengaturan BIOS yang diberlakukan untuk LAN card network, posisi disable atau enable.

Itu yang dapat kami jelaskan, mungkin bisa dicoba terlebih dahulu.

kalo udah ke control panel, udah ke windows mobility centre, tapi ga ada wireless nya itu gimana? Padahal wifi sudah on. Tapi tetep ga bisa detek wifi Speedy ane. Solusinya?

Untuk spesifikasi komputer atau laptopnya apa ya gan? Coba uninstall dulu driver wifinya dan instal kembali drivernya. Kalo bisa download driver yang terbaru dari vendornya langsung.

Punya sy wifi card nya kedetect, tp gk bisa on, begitu jg di windows mobility center, ada tampil wifinya, tp tab turn on nya gk nyala or gk aktif, mohon pencerahan gan

Coba update drivernya dulu gan. Dulu pernah mengalami permasalah seperti itu juga, dan setelah di-update driver bisa berjalan dengan lancar.

Ampuh juga dengan Cara tersebut..
Udah setting 3 driver WIFInya..
Faktorisasi putus alira Listrik juga,
Manualnya : Copot dan Pasang kembali Hardwarenya..
Terima Kasih,,

Iya gan... semoga berhasil ya.. terimakasih atas kunjungan dan komentarnya...

Terimakasih telah berkunjung dan berikut ini ketentuan komentar yang diperbolehkan :

1. Berkomentar dengan bahasa yang sopan dan tidak SARA.
2. Berkomentar sesuai dengan topik artikel.
3. TIDAK BOLEH memasukkan LINK AKTIF. Karena akan otomatis terhapus komentarnya.
4. Jika ingin menambahkan LINK silahkan masukkan ke dalam bagian URL atau menyertakan ke dalam komentar dengan sifat TIDAK AKTIF.
5. Berkomentarlah yang membangun dan bermanfaat untuk orang lain ya :-)
6. JANGAN MENCANTUMKAN NOMOR TELEPON ATAU SEJENISNYA DI DALAM KOMENTAR. UNTUK MENGHINDARI PENYALAHGUNAAN DARI PIHAK LAIN.
7. MOHON UNTUK TIDAK KOMENTAR YANG MENYESATKAN!

Terimakasih atas kerjasamanya demi memajukan website ini,
EmoticonEmoticon