Monday, May 28, 2018

Cara Mematikan Firewall Di Windows 10 dan Windows Lainnya

Kangje.com Di dalam dunia komputer, terlebih dunia jaringan komputer, Firewall memiliki peranan yang sangat penting. Perlu kalian ketahui fungsi dari Firewall ini sebelum kalian mengambil langkah untuk mematikan Firewall di Windows. Dengan mengetahui fungsi dari Firewall ini berarti kalian pasti paham resikonya ketika fitur ini dimatikan.

Firewall berfungsi untuk menghalau akses tidak sah dan berbahaya dari jalur jaringan, baik lokal maupun internet. Fitur ini sangat berperan ketika komputer kalian terkoneksi dengan jaringan komputer, baik private network maupun public network.

Firewall biasanya sudah terpasang bersamaan dengan sistem operasi seperti Windows dan otomatis aktif atau include di dalam program Antivirus.

Dengan mematikan sistem Firewall di komputer, berarti kalian akan memberikan akses bebas untuk setiap host yang terhubung bersama dalam jaringan, baik itu akses yang aman maupun akses yang tidak aman.

Tetapi untuk beberapa kepentingan, pengguna terkadang mematikan Firewall di Windows untuk suatu pekerjaan atau akses tertentu. Hal ini dilakukan karena akses tersebut dianggap tidak sah dan dihentikan oleh Firewall.

Misalkan saja fitur PING untuk tes koneksi network, terkadang sistem Firewall akan menghentikan akses ini dan hasilnya dari host lain saat melakukan PING akan menampilkan pesan Request Time Out (RTO).
Cara Mematikan Firewall Di Windows 10 dan Windows Lainnya

Cara Mematikan Firewall Di Windows 10 dan Windows Lainnya

Bagi kalian yang mengalami masalah saat membangun jaringan komputer yang berkaitan dengan Firewall, kalian bisa mematikannya terlebih dahulu. Dan jika sudah selesai melakukan pengaturan dapat menghidupkannya kembali.

Berikut ini kami buatkan tutorial cara mematikan Firewall di Windows 10. Untuk Windows versi sebelumnya caranya tidak jauh berbeda (bahkan sama).

Langkah-langkahnya kami sebutkan dalam poin-poin di bawah ini.
  • Masuk ke Control Panel dengan cara klik Logo Windows Start dan ketikkan Control Panel.
  • Pada tampilan Control Panel view by Category, silahkan pilih kategori menu System and Security. Jika Control Panel view by Large Icons atau Small Icons, silahkan langsung pilih Windows Defender Firewall. Disini kita pakai Control Panel view by Category, karena secara default tampilan inilah yang tampak saat membuka Control Panel Windows 10.
Step 1 Cara Mematikan Firewall Di Windows 10

  • Setelah klik System and Security, silahkan pilih dan klik menu Windows Defender Firewall yang ada di deretan sebelah kanan.
Step 2 Cara Mematikan Firewall Di Windows 10

  • Kemudian lanjutkan dengan klik menu Turn Windows Defender Firewall on or off yang ada di sebelah kiri.
Step 3 Cara Mematikan Firewall Di Windows 10

  • Kemudian pada halaman berikutnya kalian berikan tanda option untuk pilihan Turn of Windows Defender Firewall (not recommended) pada Private network setting dan juga pilihan Turn of Windows Defender Firewall (not recommended) pada Public network setting.
Step 4 Cara Mematikan Firewall Di Windows 10

  • Terakhir klik OK dan Windows Firewall kalian sudah dinonaktifkan.

Jika kalian sudah selesai dengan masalah blocking Firewall dan ingin menghidupkan kembali Firewall, pada langkah ke-5 kalian pilih Turn on Windows Defender Firewall untuk Private network setting dan Public network setting. Kemudian tekan tombol OK.

Windows Firewall Tidak Bisa Dimatikan

Jika kalian mengalami masalah ketika mematikan Firewall, seperti option pada Turn on or off Windows Defender Firewall tidak aktif dan tidak bisa dipilih. Berarti kalian tidak bisa mematikan Firewall dengan cara ini.

Penyebab masalah ini adalah pengaturan Firewall dilakukan oleh program antivirus. Biasanya fitur Firewall antivirus ini ada di dalam antivirus full version atau berlisensi pro.

Selain itu juga bisa disebabkan oleh sistem Firewall yang sudah rusak karena serangan virus atau sejenisnya. Untuk masalah ini pelajari di artikel Cara Memperbaiki Firewall Bermasalah.

Caranya adalah dengan melakukan pengaturan dari dalam program Antivirus yang kalian gunakan. Caranya secara umum sebagai berikut:
  1. Buka program interface antivirus yang kalian gunakan.
  2. Cari menu Protection kemudian cari pengaturan Firewall.
  3. Ubah pengaturan firewall di dalam pengaturan antivirus tersebut.

Posisi pengaturan Firewall di dalam antivirus berbeda-beda, sesuai dengan produk antivirus yang kalian pakai. Silahkan lihat menu satu per satu untuk mencari pengaturan Firewall.

Jika mengalami kesulitan bisa tuliskan di kolom komentar, kami akan coba bantu untuk menemukan solusinya.

Demikian artikel kali ini tentang Cara Mematikan Firewall di Windows 10 dan Windows sebelumnya. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Jika mengalami kesulitan silahkan hubungi kami melalui kolom komentar atau halaman Kontak Kami.
Advertisement

Terimakasih telah berkunjung dan berikut ini ketentuan komentar yang diperbolehkan :

1. Berkomentar dengan bahasa yang sopan dan tidak SARA.
2. Berkomentar sesuai dengan topik artikel.
3. TIDAK BOLEH memasukkan LINK AKTIF. Karena akan otomatis terhapus komentarnya.
4. Jika ingin menambahkan LINK silahkan masukkan ke dalam bagian URL atau menyertakan ke dalam komentar dengan sifat TIDAK AKTIF.
5. Berkomentarlah yang membangun dan bermanfaat untuk orang lain ya :-)
6. JANGAN MENCANTUMKAN NOMOR TELEPON ATAU SEJENISNYA DI DALAM KOMENTAR. UNTUK MENGHINDARI PENYALAHGUNAAN DARI PIHAK LAIN.
7. MOHON UNTUK TIDAK KOMENTAR YANG MENYESATKAN!

Terimakasih atas kerjasamanya demi memajukan website ini,
EmoticonEmoticon