Tuesday, April 3, 2018

LINE Lite Jauh Lebih Ringan Dan Hemat Memori Smartphone

Kangje.com - Belakangan ini sudah mulai banyak aplikasi Android dan iOS yang mengeluarkan versi Lite. Dimana versi diartiken sebagai simple version dari aplikasi tanpa mengurangi fungsi utama. Simple version dari aplikasi Android dan iOS sangat dirasakan dari segi storage yang dipakai. Aplikasi dalam Lite Version memiliki ukuran file yang kecil dan akan menempati ruang penyimpanan yang sedikit, hal ini berbeda dengan aplikasi full version yang notabennya sangat besar memakan memori penyimpanan.

Salah satu aplikasi Android yang baru-baru ini mengeluarkan versi Lite adalah LINE. Simple version dari LINE ini benar-benar berbeda jauh dari full version LINE, terutama dari besarnya kapasitas penyimpanan yang dipakai.

LINE Lite memiliki ukuran file master terinstal sebesar kurang lebih 12 MB. Besarnya file ini setelah terinstal dan digunakan di dalam smartphone. Sedangkan untuk master download di Google Play Store hanya sekitar 1 MB.

Fitur Apa Saja yang ada Di LINE Lite

Beda dengan full version LINE, LINE Lite hanya memuat fitur utama dari LINE. Fitur utama tersebut tertuang di dalam nama LINE Lite sendiri, yaitu Free Calls & Messages. Dimana kita masih dapat dengan leluasa memanfaatkan fitur telepon dan berkirim pesan gratis menggunakan aplikasi Line Lite.

Untuk fitur yang disertakan di dalam LINE Lite ini antara lain ada 4, yaitu:
  1. Voice and video calls
  2. Free messaging
  3. Exciting stickers
  4. Group chats
Fitur-fitur tersebut masih dapat dinikmati dengan luluasa oleh pengguna LINE Lite dimanapun berada.
LINE Lite Jauh Lebih Ringan Dan Hemat Memori Smartphone
LINE Lite Jauh Lebih Ringan Dan Hemat Memori Smartphone

Kelebihan LINE Lite Dibanding LINE Full Version

Karena versi LINE Lite ini memiliki ukuran file yang relatif kecil, maka keuntungan utama dari aplikasi ini adalah hemat memori penyimpanan untuk aplikasi.

Kita semua tahu, aplikasi Android semakin lama semakin berkembang dan banyak melakukan update. Dengan update tersebut file instalasi semakin besar dan menyita penyimpanan internal. Kejadian itu juga sama, LINE full version cukup besar memakan media penyimpanan internal (meskipun untuk beberapa smartphone, penyimpanan bisa dipindah ke memori eksternal). Sehingga versi lite ini sangat membantu sekali untuk pengguna aktif LINE yang memang memiliki stok penyimpanan internal yang terbatas.

Selain itu, setelah Kangje mencoba aplikasi LINE Lite ini, rasa pertama yang Kangje rasakan adalah CEPAT. Membuka aplikasi terasa cepat, membuka chat terasa cepat, video call kualitasnya sama seperti full version, voice call juga sama.

Jadi selanjutnya LINE Lite ini Kangje permanenkan untuk menggantikan LINE full version yang boros penyimpanan.

Kekurangan LINE Lite Dibanding LINE Full Version

Aplikasi LINE Lite saat ini sudah naik daun dengan nilai download dan instal di Google Play Store mencapai lebih dari 10 juta pengguna sejak rilis tanggal 13 Maret 2018 kemarin. Dilihat dari popularitas, LINE Lite juga tergolong bagus dengan nilai review 4,1 dari total 81 ribu lebih reviewers.

Meskipun sudah memiliki popularitas dan pengguna yang cukup banyak, LINE Lite tidak terlepas dari kelemahan. Masih ada beberapa pengguna yang mengeluhkan aplikasi ini. Banyak yang bilang beberapa fitur penting masih belum tersedia di LINE Lite, seperti mention teman di group dan menampilkan catatan untuk group. Selain itu juga ada yang mengeluhkan soal stiker yang sangat sedikit.

Secara bertahap developer LINE Lite ini terus melakukan perbaikan di setiap update terbaru.

Jika kalian belum mencobanya, silahkan untuk mencobanya. Aplikasi ini sangat ringan dan gratis lagi. Silahkan download di Google Play Store untuk instal aplikasi LINE Lite. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!
Advertisement

Terimakasih telah berkunjung dan berikut ini ketentuan komentar yang diperbolehkan :

1. Berkomentar dengan bahasa yang sopan dan tidak SARA.
2. Berkomentar sesuai dengan topik artikel.
3. TIDAK BOLEH memasukkan LINK AKTIF. Karena akan otomatis terhapus komentarnya.
4. Jika ingin menambahkan LINK silahkan masukkan ke dalam bagian URL atau menyertakan ke dalam komentar dengan sifat TIDAK AKTIF.
5. Berkomentarlah yang membangun dan bermanfaat untuk orang lain ya :-)
6. JANGAN MENCANTUMKAN NOMOR TELEPON ATAU SEJENISNYA DI DALAM KOMENTAR. UNTUK MENGHINDARI PENYALAHGUNAAN DARI PIHAK LAIN.
7. MOHON UNTUK TIDAK KOMENTAR YANG MENYESATKAN!

Terimakasih atas kerjasamanya demi memajukan website ini,
EmoticonEmoticon