Wednesday, March 21, 2018

[SOLVED] Laptop Terkunci Intel Anti-Theft Technology Recovery Screen

Kangje.com – Halo sobat Kangje yang selalui setia menanti informasi dari website Kangje.com. Kali ini Kangje akan membagi pengalaman pribadi tentang Intel Anti-Theft Technology Recovery Screen. Dari namanya saja mungkin beberapa dari kalian pasti sudah tahu fitur seperti apa  itu. Jika kalian belum tahu, Kangje akan jelaskan secara singkat nanti. Karena di artikel ini Kangje akan membagi pengalaman bagaimana cara keluar dari Intel Anti-Theft Technology Recovery Screen ini.

Pengalaman ini bermula ketika Kangje membeli laptop dari kantor tempat Kangje kerja. Laptop tersebut sudah dibersihkan datanya dan Windows-nya pun sudah diinstal ulang. Jadi kami rasa laptop tersebut sudah bersih dan aman untuk digunakan pemilik baru.

Awalnya memang berjalan dengan normal, karena suatu keadaan, laptop tersebut tidak dinyalakan selama kurang lebih 5 hari. Dan pas mau dinyalakan ternyata yang tampil adalah screen lock dari Intel Anti-Theft Technology Screen. Dan yang terjadi, keyboard dan touch-pad serasa tak berfungsi untuk mengetik dan klik.

Kita coba matikan laptop dengan menekan tombol power lama dan coba hidupkan kembali. Hasilnya tidak menunjukkan penyelesaian. Akhirnya berusaha memahami apa isi dari tulisan yang menjelaskan Intel Anti-Theft Technology Recovery Screen.

Kalimat pertama menjelaskan bahwa laptop saya sudah dikunci oleh fitur Intel Anti-Theft Technology Recovery Screen. Karena dianggap sudah expired timer. Timer apa yang dimaksud Kangje kurang paham.
[SOLVED] Laptop Terkunci Intel Anti-Theft Technology Recovery Screen
[SOLVED] Laptop Terkunci Intel Anti-Theft Technology Recovery Screen

Tapi setelah baca-baca artikel dari Betikom.com, Kangje sedikit paham kenapa laptop itu terkunci Intel Anti-Theft. Isi penjelasannya seperti ini:

jika laptop telah dipasang agent Anti Theft (AT) intel, maka diaktifkan waktu lock (Disable timer) minimal 7200 detik atau 2 jam dalam kondisi tidak terhubung online pada server AT.  Selama kondisi online, maka agent AT yang tertanam di perangkat melakukan sinkronisasi ke server AT sehingga mekanisme Disable timer tidak berjalan.Betikom.com

Manfaat dan Cara Kerja Intel Anti-Theft Technology Recovery Screen

Manfaat dari fitur Intel Anti-Theft ini sangat banyak. Diantaranya yang paling penting adalah melindungi data yang ada di dalam harddisk ketika laptop itu hilang. Intel Anti-Theft akan mengunci layar dan mewajibkan pengguna untuk memasukkan passphrase yang sudah diatur sebelumnya (bukan default). Jika tidak tahu passphrasenya, laptop tidak akan bisa dibuka.

Cara kerja dari fitur Intel Anti-Theft ini adalah mencegah pengguna tidak sah masuk ke sistem operasi dan mengamankan data dengan cara melakukan blok akses ke data yang telah dienkripsi. Jadi secara default, ketika Intel Anti-Theft ini aktif, data kalian akan dienkripsi. Dan yang bisa membuka enkripsi itu adalah passphrase yang diseting sebelumnya.
Cara Membuka Intel Anti-Theft Technology Recovery Screen
Tampilan Intel Anti-Theft Technology Recovery Screen

Cara Membuka Intel Anti-Theft Technology Recovery Screen

Nah untuk bisa membuka Intel Anti-Theft ini, kita harus tahu Passphrase yang dulu digunakan untuk mengaktifkan Intel Anti-Theft ini. Passphrase ini seperti password untuk membuka Anti-Theft. Passphrase ini dari awal sudah berada satu paket dengan laptop ketika baru, biasanya ada di kardus dan di buku khusus.

Nah, karena kita beli laptop ini itu second, jadi kardus dan buku yang memuat passphrase itu tidak ada. Akhirnya Kangje hubungi teknisi kantor yang dulu mengelola laptop tersebut.

Setelah dijelaskan panjang kali lebar, fitur Intel Anti-Theft ini memang diaktifkan atau otomatis aktif. Dan teknisi itu bilang kalau passphrase tidak diatur ulang, alias masih bawaan (default).

Nah disini mulai ada titik terang untuk bisa keluar dari kunci Intel Anti-Theft. Kemudian teknisi itu memandu Kangje untuk membuka Anti-Theft nya. Langkah yang dijelaskan seperti berikut ini:
  1. Nyalakan laptop sampai muncul lock dari Intel Anti-Theft Technology Recovery Screen.
  2. Kemudian tekan tombol angka 1 pada keyboard. Tombol angka 1 ini masih berfungsi meskipun semua dikunci oleh Intel Anti-Theft.
  3. Akan muncul kolom passphrase seperti kolom password. Silahkan masukkan kode default 123456.
  4. Terakhir tekan ENTER.

Dan akhirnya lock Intel Anti-Theft terbuka dan Windows booting mulai kelihatan. Biasanya setelah Intel Anti-Theft mengunci maka Windows akan sedikit lama bootingnya, karena harus melakukan update. Itu yang Kangje alami di laptop ini. Ditunggu saja sampai selesai semua dan laptop akan berjalan dengan normal.

Demikian artikel kali ini tentang cara keluar dari Intel Anti-Theft Technology Recovery Screen. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.
Advertisement

2 comments:

  1. Sngt mmbntu... Thanks alot agan.. kerennnnn..

    Alhamdulillah ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bang.. semoga bermanfaat ya... terimakasih sudah berkunjung ke blog ane...

      Delete

Terimakasih telah berkunjung dan berikut ini ketentuan komentar yang diperbolehkan :

1. Berkomentar dengan bahasa yang sopan dan tidak SARA.
2. Berkomentar sesuai dengan topik artikel.
3. TIDAK BOLEH memasukkan LINK AKTIF. Karena akan otomatis terhapus komentarnya.
4. Jika ingin menambahkan LINK silahkan masukkan ke dalam bagian URL atau menyertakan ke dalam komentar dengan sifat TIDAK AKTIF.
5. Berkomentarlah yang membangun dan bermanfaat untuk orang lain ya :-)
6. JANGAN MENCANTUMKAN NOMOR TELEPON ATAU SEJENISNYA DI DALAM KOMENTAR. UNTUK MENGHINDARI PENYALAHGUNAAN DARI PIHAK LAIN.
7. MOHON UNTUK TIDAK KOMENTAR YANG MENYESATKAN!

Terimakasih atas kerjasamanya demi memajukan website ini,
EmoticonEmoticon