Sunday, October 15, 2017

Mengenali Kelebihan Dan Kekurangan Line Dibandingkan Aplikasi Chat Lain

Kangje.com - Sebagai pengguna aktif aplikasi Line saya telah merasakan kelebihan dan kekurangan Line.  Sebagai salah satu aplikasi chatting atau messanger, Line memberikan fitur-fitur yang dapat mennjawab kebutuhan pengguna smartphone. Fitur utamanya memang sebagai sarana pengirim pesan teks, pesan suara, pesan gambar, pesan video, dan pesan file. Kemudian fitur tambahan diberikan dalam segala pembaharuan seperti voice call dan video call.

Aplikasi  Line saat ini sudah dapat dinikmati bagi semua pengguna smartphone, mulai dari Android, iPhone, Blackberry, Nokia, Windows Phone, dan lain-lain. Bahkan saat ini aplikasi Line yang sebelumnya hanya beropereasi di perangkat mobile sudah dapat digunakan pula di  komputer. Seperti halnya cara menggunakan aplikasi Whatsapp di komputer, cara menggunakan aplikasi Line di komputer atau laptop juga sangat mudah. Pada kesempatan berikutnya akan kami bahas mengenai cara menggunakan aplikasi  Line di komputer atau laptop.

Pada kesempatan artikel kali ini kami  akan fokus membahas mengenai kelebihan dan kekurangan aplikasi Line. Karena sebagai pengguna aktif saya dan Anda juga harus mengetahui apa yang menjadi kelebihan dan apa yang menjadi kekurangan suatu aplikasi. Supaya bisa menyimpulkan dan mengambil tindakan jika diperlukan.

Kelebihan dan Kekurangan Aplikasi Line

Di Google Playstore sebagai penyedia server aplikasi untuk Android, aplikasi Line sudah tercatat diunduh dan digunakan oleh lebih dari 500 juta pengguna aktif. Angka ini tercatat terakhir pada bulan Oktober 2017. Tidak menutup kemungkinan jumlah pengguna akan semakin meningkat dari bulan ke bulan. Hal ini membuktikan bahwa aplikasi Line sudah sangat populer di mata pengguna Android, ini belum termasuk pengguna smartphone dengan sistem operasi lain.

Bagi Anda yang sudah menjadi pengguna aktif Line pasti sudah merasakan beberapa kelebihan dan kekurangan Line berikut ini. Tetapi bagi Anda yang belum menggunakan Line, informasi ini dapat menjadi bahan pertimbangan yang tepat sebelum menggunakan aplikasi Line.
Mengenali Kelebihan Dan Kekurangan Line Dibandingkan Aplikasi Chat Lain
Mengenali Kelebihan Dan Kekurangan Line Dibandingkan Aplikasi Chat Lain

Kelebihan Aplikasi Line

  1. Aplikasi LINE memiliki fitur Group Chat dengan member mencapi ratusan. Fitur ini sangat efektif jika Anda berencana membuat sebuah group dengan member yang banyak.
  2. LINE memiliki fitur free voice call and video call. Tanpa biaya pulsa Anda dapat melakukan panggilan suara atau vodeo call kepada sesama pengguna LINE. Cukup mengetahui ID pengguna LINE tujuan dan smartphone terkoneksi internet Anda sudah dapat melakukan panggilan gratis dengan kualitas bagus.
  3. Terkait registrasi ID Line, pengguna hanya memerlukan nomor telepon aktif dan tidak memerlukan akun lainnya, sehingga mempermudah saat registrasi.
  4. Untuk menambahkan pengguna lain sebagai teman Line kita ada beberapa cara yang dapat dilakukann. Jika ingin mengirimkan permintaan tinggal pilih menu Invite. Jika bertemu langsung dengan orangnya bisa menggunakan scan QR Code. Jika ingin mencari teman di lokasi terdekat dengan Anda cukup dengan mencari melalui menu Shake It. Dan jika tahu ID Line teman Anda bisa dipastikan dengan fasilitas Search.
  5. Imoticon atau stiker yang banyak dan lebih ekspresif. Sangat cocok untuk Anda yang senang menggunakan imoticon untuk menyatakan maksud dalam sebuah kiriman pesan.
  6. Tersedia fitur Black List ID. Fitur ini bermanfaat jika Anda tidak ingin berteman pada beberapa pengguna lain.
  7. Line dapat digunakan di komputer atau laptop juga.
  8. Anda dapat mengumpulkan poin, dimana poin tersebut nantinya dapat ditukar dengan produk lain sesuai ketentuan.
  9. Terdapat fitur Line Today yang senantiasa mengirimkan berita-berita terkini untuk menambah wawasan Anda.
  10. Anda juga dapat membuat status layaknya aplikasi messenger lainnya.
  11. Anda dapat gonta-ganti tema tampilan sesuai kesukaan. Poin juga dapat ditukar dengan pilihan tema premium.
  12. Dan masih banyak lagi kelebihan Line yang lainnya.
  13. Untuk Anda yang senang membaca komik tersedia fitur Line Webtone yang ada di menu Profile.
  14. Banyak game menarik yang kompatibel dengan akun Line sebagai management account.

Kekurangan Aplikasi Line

Sebagai aplikasi mobile yang sudah terkenal dan banyak penggunanya, Line Corporation senantiasa memperbaiki segala macam kelemahan Line yang dikenal dengan Bugs. Dalam pantauan kami, aplikasi Line ini termasuk aplikasi mobile yang paling sering update. Update ini berfungsi untuk memperbaruhi aplikasi yang terinstal dengan aplikasi yang sudah diperbaiki oleh pembuatnya. Yang kami rasakan sampai saat ini terkait kelemahan Line adalah beberapa hal berikut ini.
  1. Untuk mengirim pesan multimedia seperti gambar, suara, dan video masih kurang stabil.
  2. Fitur voice call and video call sangat terpengaruh oleh kualitas sinyal internet jika menggunakan jaringan seluler. Minimal harus dapat koneksi 3G, HSDPA atau koneksi lain dengan bandwidth yang setara di antara kedua belah pihak (pengirim dan penerima panggilan).
  3. Ukuran aplikasi yang besar dan semakin besar dengan adanya update. Hal ini sangat besar pengaruhnya bagi Anda yang memiliki internal memory kecil. Sehingga harus mempersiapkan ruang penyimmpanan dengan menghapus berapa aplikasi lain. Tetapi di kasus lain ada beberapa smartphone yang dapat memindahkan penyimpanan instalasi Line ke memori eksternal, sehingga dapat menghemat memori internalnnya.
  4. Kekurangan lain kami belum menemukan.

Dari kelebihan dan kekurangan aplikasi Line yang telah kami sebutkan di atas, kami harapkan Anda dapat mengabil kesimpulan dengan bijak dalam menggunakan aplikasi Line. Meskipun masih memiliki kekurangan, aplikasi Line dilengkapi dengan banyak sekali kelebihan yang dapat dibuktikan. Sang pembuatnyya juga senantiasa melakukan perbaikan terkait kekurangan yang dimiliki aplikasi ini.

Demikian ulasan singkat kali ini tentang Kelebihan dan Kekurangan Aplikasi Line Dibandingkan Yang Lainnya. Semoga bermanfaat !
Advertisement

Terimakasih telah berkunjung dan berikut ini ketentuan komentar yang diperbolehkan :

1. Berkomentar dengan bahasa yang sopan dan tidak SARA.
2. Berkomentar sesuai dengan topik artikel.
3. TIDAK BOLEH memasukkan LINK AKTIF. Karena akan otomatis terhapus komentarnya.
4. Jika ingin menambahkan LINK silahkan masukkan ke dalam bagian URL atau menyertakan ke dalam komentar dengan sifat TIDAK AKTIF.
5. Berkomentarlah yang membangun dan bermanfaat untuk orang lain ya :-)
6. JANGAN MENCANTUMKAN NOMOR TELEPON ATAU SEJENISNYA DI DALAM KOMENTAR. UNTUK MENGHINDARI PENYALAHGUNAAN DARI PIHAK LAIN.
7. MOHON UNTUK TIDAK KOMENTAR YANG MENYESATKAN!

Terimakasih atas kerjasamanya demi memajukan website ini,
EmoticonEmoticon