Kamis, 26 Oktober 2017

Cara Menambahkan Keyboard Bahasa Arab Di Android Tanpa Install Aplikasi

Kangje.comKeyboard adalah fitur penting dan utama yang harus ada di dalam sebuah sistem operasi atau aplikasi. Karena tanpa keyboard kita akan kesulitan menggunakan dan berinteraksi dengan perangkat tersebut. Keyboard kita gunakan untuk memberikan perintah kepada perangkat atau membuat pesan tertulis melalui perangkat komputer dan smartphone.

Keyboard didukung dengan berbagai bahasa yang ada di dunia ini. Karena pengguna pasti akan mencari dan menggunakan keyboard dengan bahasa dan tampilan sesuai dengan kebiasaan mereka.

Di sistem operasi smartphone Android, kita bisa mengatur berapapun bahasa yang akan ditampilkan pada pilihan keyboard. Misalkan kalian ingin menambahkan dan mengaktifkan keyboard bahasa Arab di Android kalian.

Kalian tinggal menambahkan pada pengaturan bahasa dan keyboard dengan huruf Hijaiyah akan ada di Android kalian. Kami yakin pasti sudah banyak yang mengetahui cara setting keyboard Arab di Android. Tetapi jika ada dari kalian yang belum tahu bagaimana menambahkan keyboard bahasa Arab di Android, berikut ini kami buatkan tutorialnya secara lengkap.
Cara Menambahkan Keyboard Bahasa Arab Di Android Tanpa Install Aplikasi
Cara Menambahkan Keyboard Bahasa Arab Di Android Tanpa Install Aplikasi

Cara Menambahkan Keyboard Bahasa Arab Di Android Tanpa Install Aplikasi

Pada tutorial cara menambahkan keyboard bahasa Arab di Android ini kami menggunakan smartphone Samsung Galaxy J2 Prime. Mungkin sedikit berbeda terutama pada posisi peletakan group menunya. Tetapi pada dasarnya sama saja, yang akan kita atur ada pada menu Languages and Input. Oke kita langsung saja mulai tutorialnya tahap demi tahap.

Langkah pertama, silahkan masuk ke menu Setting dengan tekan icon menu Setting Android kalian (Gambar 1). Akan muncul tampilan berikutnya dan cari menu Language and Input atau Bahasa dan Masukkan. Pada Android yang kami pakai, menu tersebut ada di dalam group menu General management (Gambar 2).
Cara Menambahkan Keyboard Bahasa Arab Di Android Tanpa Install Aplikasi
Langkah Pertama Cara Menambahkan Keyboard Bahasa Arab Di Android Tanpa Install Aplikasi

Langkah kedua, pilih menu Language and input atau Bahasa dan masukkan (Gambar 3). Kemudian pada tampilan berikutnya pilih menu Samsung keyboard yang ada di dalam group Keyboard and input preferences (Gambar 4).
Cara Menambahkan Keyboard Bahasa Arab Di Android Tanpa Install Aplikasi
Langkah Kedua Cara Menambahkan Keyboard Bahasa Arab Di Android Tanpa Install Aplikasi

Langkah ketiga, kalian akan dibawa masuk ke menu Samsung keyboard atau di smartphone lainnya yang serupa. Kemudian tekan menu Language and types atau Bahasa dan ketikkan (Gambar 5). Pada tampilan berikutnnya (Gambar 6), akan terlihat daftar bahasa yang telah terinstal. Jika belum ada Arabiyah berarti keyboard Arab atau keyboard bahasa Arab di Android belum ada. Tekan menu Add input languages atau Tambah bahasa masukkan (Gambar 6).
Cara Menambahkan Keyboard Bahasa Arab Di Android Tanpa Install Aplikasi
Langkah Ketiga Cara Menambahkan Keyboard Bahasa Arab Di Android Tanpa Install Aplikasi

Langkah keempat, pada tampilan Add input languages akan terlihat daftar bahasa yang sudah ter-download dan terinstal serta daftar bahasa yang tersedia dan belum terinstal. Terlihat  pada Gambar 7 belum ada bahasa Arab terinstal di Android ini. Scroll ke bawah dan cari nama bahasa yang ditulis dengan tulisan Arab dengan nama bahasa Arabiyah. Tekan icon unduh pada nama bahasa tersebut (Gambar 8).
Cara Menambahkan Keyboard Bahasa Arab Di Android Tanpa Install Aplikasi
Langkah Keempat Cara Menambahkan Keyboard Bahasa Arab Di Android Tanpa Install Aplikasi

Langkah kelima, proses downloading segera berlangsung dan hanya sebentar langsung selesai (Gambar 9). Ada kemungkinan download bahasa ini hanya diperbolehkan ketika konek ke Wifi. Ketika download sudah selesai maka bahasa Arab akan otomatis terinstal dan aktif. Scroll kembali ke atas dan lihat status bahasa Arab sudah aktif (Gambar 10).
Cara Menambahkan Keyboard Bahasa Arab Di Android Tanpa Install Aplikasi
Langkah Kelima Cara Menambahkan Keyboard Bahasa Arab Di Android Tanpa Install Aplikasi

Langkah keenam, back atau kembali terus sampai keluar dari menu setting atau pengaturan. Pada menu Languages and types kalian akan melihat ada bahasa baru yang sudah terinstal sesuai dengan yang kalian pilih tadi (Gambar 11). Kemudian untuk mencobanya silahkan buka salah satu aplikasi chat, dalam contoh ini kami menggunakan aplikasi SMS bawaan Android. Secara default, tampilan keyboard aktif yang lama. Untuk mengaktifkan keyboard bahasa Arab, kalian harus menekan + tahan + geser ke kanan atau kiri sambil melihat pilihan bahasa yang kalian kehendaki dan lepaskan (Gambar 12).
Cara Menambahkan Keyboard Bahasa Arab Di Android Tanpa Install Aplikasi
Langkah Keenam Cara Menambahkan Keyboard Bahasa Arab Di Android Tanpa Install Aplikasi

Langkah ketujuh, ketika kalian sudah memilih bahasa Arab maka keyboard Arab akan segera muncul dan menggantikan tampilan keyboard yang lama lengkap dengan huruf hijaiyah (Gambar 13). Silahkan coba gunakan untuk mengetik, akan muncul di kolom text rangkaian huruf hijaiyah sesuai yang kalian ketik.
Cara Menambahkan Keyboard Bahasa Arab Di Android Tanpa Install Aplikasi
Langkah Ketujuh Cara Menambahkan Keyboard Bahasa Arab Di Android Tanpa Install Aplikasi

Cara ini adalah cara mengaktifkan Arabic Keyboard for Android tanpa install aplikasi tambahan. Tampilan memang standar, tetapi sudah dapat memenuhi kepentingan kalian ketika ingin mengirimkan pesan dengan tulisan Arab.

Sayangnya keyboard Arab ini tidak mendukung adanya harokat. Jika kalian ingin mengetikkan tulisan Arab lengkap dengan harokatnya, silahkan baca artikel kita Aplikasi Keyboard Arab Dengan Harokat untuk Android.

Jika kalian ingin menggunakan aplikasi Arabic Keyboard for Android bisa menginstal aplikasi Go Keyboard Arabic Language. Aplikasi ini sangat bagus dengan memberikan tampilan yang menarik dan fitur yang sangat mengesankan. Sudah banyak pengguna Android yang menggunakan keyboard Arab dari Go Keyboard ini. Semoga bermanfaat.

14 Komentar untuk "Cara Menambahkan Keyboard Bahasa Arab Di Android Tanpa Install Aplikasi"

  1. Balasan
    1. Sama-sama gan, semoga bermanfaat,

      Hapus
    2. Tapi setelah hp saya saya restart atau di kembalikan setelan pabrik tadi gak bisa lagi pke bahasa arab itu anih

      Hapus
    3. kalo hanya di-restart saja, pengaturan bahasa Arab ini masih bisa kok. Tapi kalo di-reset ulang ke pengaturan pabrik ya otomatis akan hilang, karena defaultnya pengaturan bahasa Arab ini belum terpasang. Harus ditambahkan kembali seperti langkah di atas.

      Hapus
  2. Tapi samsung saya kok gak bisa di unduh ya . Mohon bantuan nya.. pdahal kemarin bisa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk samsungnya seri/jenis apa ya?
      case gagalnya seperti apa? bisa dijelaskan ke kita?

      Hapus
  3. Lalu cara bgaimana menambah harakatnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk keyboard default yang dibawa Android sampai saat ini belum support untuk harokat. Tetapi jika ingin menggunakan keyboard Bahasa Arab Berharokat bisa menginstall aplikasi Keyboard Arabic Harokat, bisa didownload gratis di Google Play Store untuk Android. Silahkan baca artikel kita tentang aplikasi ini disini: https://www.kangje.com/2018/05/aplikasi-keyboard-arab-dengan-harokat.html

      Hapus
  4. Terima kasih sudah berbagi ilmu...semoga Jadi ilmu yang bermanfaat bagi umat dan royalty pahalanya terus abadi... Aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah.. terimakasih atas kunjungan ke blog kami dan terimakasih juga atas do'anya... Semoga bermanfaat...

      Hapus
  5. Makasih banyak ilmunya,semangat terus kk menebar kebaikannya.terimakasih

    BalasHapus
  6. Akhirnya nemu juga tutorialnya di sini. Dan lama nyari. Kalau untuk laptop sudah tapi. Tapi Android yang bisa ngetik bahasa Arab itu baru dipelajari.

    Tutorial ini sangat membantu. Makasih kangje.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama gan... Semoga bermanfaat ya... terimakasih atas kunjungan dan komentarnya.

      Hapus

Terimakasih telah berkunjung dan berikut ini ketentuan komentar yang diperbolehkan :

1. Berkomentar dengan bahasa yang sopan dan tidak SARA.
2. Berkomentar sesuai dengan topik artikel.
3. TIDAK BOLEH memasukkan LINK AKTIF. Karena akan otomatis terhapus komentarnya.
4. Jika ingin menambahkan LINK silahkan masukkan ke dalam bagian URL atau menyertakan ke dalam komentar dengan sifat TIDAK AKTIF.
5. Berkomentarlah yang membangun dan bermanfaat untuk orang lain ya :-)
6. JANGAN MENCANTUMKAN NOMOR TELEPON ATAU SEJENISNYA DI DALAM KOMENTAR. UNTUK MENGHINDARI PENYALAHGUNAAN DARI PIHAK LAIN.
7. MOHON UNTUK TIDAK KOMENTAR YANG MENYESATKAN!

Terimakasih atas kerjasamanya demi memajukan website ini,