Monday, October 30, 2017

Whatsapp For PC Tercatat Menggunakan Cukup Besar RAM Komputer

Kangje.com – Sahabat Kangje dimana saja berada, kita bertemu lagi kali ini dengan membawa informasi menarik terkait aplikasi Whatsapp for PC. Seperti yang kita ketahui, belakangan ini banyak sekali aplikasi smartphone yang mengeluarkan versi PC atau komputer tanpa menggunakan emulator untuk menjalankannya. Termasuk beberapa aplikasi chatting untuk Andorid dan iOS yang mengeluarkan versi PC atau komputer. Sebut saja LINE, Telegram, dan Whatsapp. Ketiga aplikasi ini adalah aplikasi yang sangat populer dalam dunia chatting dan telah mengeluarkan versi PC.

Sampai saat ini kami telah menggunakan ketiganya di dalam satu komputer atau laptop kami. Dari pemakaian tersebut kami dapat merasakan mana yang menjadi kelebihan dan kekurangan masing-masing. Seperti yang baru-baru ini kami rasakan setelah meng-install aplikasi Whatsapp for PC di laptop bersistem operasi Windows 10 Pro kami. Jika kalian belum menggunakan WA for PC dan ingin menggunakannya, kemarin kami telah membuatkan tutorial install Whatsapp for PC di Windows tanpa emulator. Silahkan dibaca dan dikuti langkah instalasinya secara urut.
Whatsapp For PC Tercatat Memakan Cukup Besar RAM Komputer
Whatsapp For PC Tercatat Memakan Cukup Besar RAM Komputer


Whatsapp For PC
Tercatat Menggunakan Cukup Besar RAM Komputer

Karena kami menggunakan 3 aplikasi chatting versi komputer ini di dalam satu laptop, jadinya kami dapat membandingkan satu dengan yang lainnya. Dan hasil yang kami temukan dan simpulkan ini menunjukkan perbedaan yang cukup signifikan. Coba perhatikan gambar di bawah ini, hasil screenshot dari Task Manager Windows untuk mencari tahu penggunaan CPU dan RAM.
Whatsapp For PC Tercatat Memakan Cukup Besar RAM Komputer
Daftar Penggunaan Memori dari 3 Aplikasi Android for PC
Dari perbandingan 3 aplikasi chatting yang kami gunakan, Whatsapp for PC menduduki peringkat pertama dari besarnya penggunaan memori RAM laptop saya. Ketiga aplikasi tersebut dalam posisi aktif standby semua dan kami gunakan untuk chatting. Bahkan jika kita lihat, penggunaan memori Whatsapp for PC tercatat 15 kali lebih besar dari besarnya RAM yang digunakan oleh LINE. Apalagi jika dibandingkan dengan Telegram Desktop, bisa lebih tinggi lagi perbandingannya.

Sekarang kita lihat ada berapa sub-proses yang dimiliki masing-masing aplikasi chatting tersebut. Perhatikan gambar di bawah ini !
Whatsapp For PC Tercatat Memakan Cukup Besar RAM Komputer
Daftar sub-proses aplikasi chatting yang berjalan

Seperti kita lihat, aplikasi LINE for PC memiliki 4 sub-proses yang dijalankan, kemudian untuk Telegram Desktop hanya menjalankan 1 sub-proses, dan untuk Whatsapp for PC juga menjalankan 4 sub-proses sama dengan LINE for PC. Tetapi perbedaannya penggunaan memori RAM antara LINE dan Whatsapp sukup jauh terpaut. Ini membuktikan bahwa aplikasi Whatsapp for PC lebih berat untuk dijalankan dibadingkan LINE dan Telegram.

Sekarang kita coba bandingkan dengan fitur Whatsapp yang sebelumnya, yaitu Whatsapp Web. Whatsapp Web ini dapat digunakan di komputer tanpa harus install aplikasi. Karena Whatsapp Web ini berjalan di atas aplikasi browser internet. Jika kalian belum pernah menggunakan Whatsapp Web dan ingin menggunakannya, silahkan baca artikel kita tentang cara menggunakan Whatsapp di Komputer tanpa Emulator.

Perhatikan gambar di bawah ini terkait penggunaan Whatsapp Web !
Whatsapp For PC Tercatat Memakan Cukup Besar RAM Komputer
Memori yang digunakan Goggle Chrome sebelum menjalankan WA Web

Pada saat browser Google Chrome kami jalankan, memori yang dipakai sekitar 200 MB. Posisi penggunaan RAM ini untuk menjalankan satu tab saja. Kemudian kita akan mengakses dan menjalan Whatsapp Web di browser Google Chrome tersebut. Perhatikan gambar di bawah ini untuk melihat besarnya memori yang dipakai setelah Whatsapp Web dijalankan dan dikonek.
Whatsapp For PC Tercatat Memakan Cukup Besar RAM Komputer
Memori yang digunakan Goggle Chrome setelah menjalankan WA Web

Perhatikan penggunaan memori pada Google Chrome yang tadinya 202,5 MB menjadi 209,1 MB, naik 4,6 MB setelah Whatsapp Web jalan.

Kesimpulannya, untuk saat ini Whatsapp Web lebih ringan dibandingkan Whatsapp for PC karena berjalan di atas web browser. Tetapi jangan langsung memfonis Whatsapp for PC ini berat dan jelek, karena versi ini adalah pertama kalinya WA mengeluarkan versi installer sistem operasi desktop. Kami yakin pasti ke depan pihak pembuatnya akan melalukan perbaikan dan update aplikasi menuju ke arah lebih baik dan menjawab kebutuhan pengguna.

Nah itulah hasil eksperimen kami tentang Whatsapp for PC dibandingkan dengan beberapa aplikasi chatting smartphone yang sudah mendukung versi komputer. Kemudian kami juga sudah buktikan perbandingan antara Whatsapp for PC dengan Whatsapp Web yang lebih dulu ada dan hasilnya juga dapat kalian lihat sendiri.

Terlepas dari ini semua kami tidak bermaksud untuk mendiskriditkan satu aplikasi dengan membandingkan aplikasi lainnya. Semoga bermanfaat dan sampai bertemu kembali pada artikel lainnya !
Advertisement

Terimakasih telah berkunjung dan berikut ini ketentuan komentar yang diperbolehkan :

1. Berkomentar dengan bahasa yang sopan dan tidak SARA.
2. Berkomentar sesuai dengan topik artikel.
3. TIDAK BOLEH memasukkan LINK AKTIF. Karena akan otomatis terhapus komentarnya.
4. Jika ingin menambahkan LINK silahkan masukkan ke dalam bagian URL atau menyertakan ke dalam komentar dengan sifat TIDAK AKTIF.
5. Berkomentarlah yang membangun dan bermanfaat untuk orang lain ya :-)
6. JANGAN MENCANTUMKAN NOMOR TELEPON ATAU SEJENISNYA DI DALAM KOMENTAR. UNTUK MENGHINDARI PENYALAHGUNAAN DARI PIHAK LAIN.
7. MOHON UNTUK TIDAK KOMENTAR YANG MENYESATKAN!

Terimakasih atas kerjasamanya demi memajukan website ini,
EmoticonEmoticon