Sunday, March 1, 2015

Cara Mengetahui IP Address Komputer Melalui CMD Windows

Cara Mengetahui IP Address Komputer Melalui CMD Windows ~ IP Address adalah kombinasi nilai biner yang mewakili nama sebuah komputer secara unik di dalam sebuah jaringan (network). IP Addres atau Internet Protocol Address akan dimiliki oleh sebuah perangkat baik itu generasi komputer maupun generasi mobile ketika terhubung ke sebuah jaringan (network), baik jaringan lokal maupun jaringan internet. IP Address digunakan sebagai alamat sebuah perangkat yang terhubung dengan jaringan dimana di dalam jaringan tersebut terdapat banyak sekali perangkat yang sama. IP Address inilah yang akan membuatnya berbeda satu sama lain di dalam jaringan. Pada kesempatan kali ini, saya akan mengulas bagaimana cara mengetahui IP Address yang dimiliki oleh komputer yang kita gunakan ketika terkoneksi jaringan komputer. Caranya sangat sederhana dan mudah untuk dilakukan siapa saja tanpa menggunakan tool tambahan. Cukup dengan menggunakan tool bawaan sistem operasi Windows bernama CMD atau sering juga disebut dengan DOS-nya Windows.

Di dalam sebuah sistem operasi Windows, cara mengetahui IP Address dapat dilakukan melalui beberapa cara. Cara yang pertama melalui Control Panek dan Network untuk melihat IP Address. Cara ini memanfaatkan tampilan GUI dengan kombinasi fungsi klik mouse. Hanya saja cara ini akan memakan sedikit waktu lebih lama jika dibandingkan cara yang kedua nanti. Cara yang kedua untuk mengetahui IP Address komputer adalah menggunakan fasilitas CMD Windows dengan perintah khusus. [Baca juga : Cara Melihat MAC Address Under Windows]

Untuk mengatahui cara melihat IP Address menggunakan CMD, perhatikan langkah-langkah berikut ini dengan baik dan ikutilah.

Cara Melihat IP Address Komputer

1# Tekan tombol Windows pada keyboard, tahan dan tekan secara bersamaan dengan huruf "R".
2# Ketikkan perintah "CMD" dan tekan Enter.
Cara Mengetahui IP Address Komputer Melalui CMD Windows
3# Akan muncul kotak dialog warna hitam, inilah yang dimaksud dengan CMD. Ketikkan perintah "ipconfig" pada posisi kursor dan tekan Enter.
4# Akan muncul informasi Network yang ada di dalam komputer, termasuk berapa IP Address yang dimiliki oleh komputer tersebut.
Cara Mengetahui IP Address Komputer Melalui CMD Windows

Pada gambar di atas terdapat beberapa informasi tetnang Network yang dimiliki oleh komputer, mulai dari IP Address, Subnet Mask, sampai Default Gateway jika Anda sedang terkoneksi ke internet. CMD tidak hanya berfungsi untuk mengetahui IP Address komputer, tetapi juga dapat digunakan untuk mengubah IP Address komputer itu sendiri. [Baca juga : Cara Mengubah IP Adrress Melalui CMD]

Demikianlah cara melihat IP Address melalui CMD Windows yang dapat saya berikan. Sangat mudah dan cepat bukan? Tanpa pegang mouse, informasi mengenai IP Address dan jaringan yang lainnya sudah diperoleh lengkap.
Advertisement

Terimakasih telah berkunjung dan berikut ini ketentuan komentar yang diperbolehkan :

1. Berkomentar dengan bahasa yang sopan dan tidak SARA.
2. Berkomentar sesuai dengan topik artikel.
3. TIDAK BOLEH memasukkan LINK AKTIF. Karena akan otomatis terhapus komentarnya.
4. Jika ingin menambahkan LINK silahkan masukkan ke dalam bagian URL atau menyertakan ke dalam komentar dengan sifat TIDAK AKTIF.
5. Berkomentarlah yang membangun dan bermanfaat untuk orang lain ya :-)
6. JANGAN MENCANTUMKAN NOMOR TELEPON ATAU SEJENISNYA DI DALAM KOMENTAR. UNTUK MENGHINDARI PENYALAHGUNAAN DARI PIHAK LAIN.
7. MOHON UNTUK TIDAK KOMENTAR YANG MENYESATKAN!

Terimakasih atas kerjasamanya demi memajukan website ini,
EmoticonEmoticon