Friday, March 6, 2015

Cara Melihat MAC Address Komputer/Laptop Under Windows

Cara Melihat MAC Address Komputer/Laptop Under Windows ~ MAC Address (Media Access Control Address) adalah sebuah alamat klasik dari sebuah perangkat sehingga dapat diidentifikasi di dalam sebuah jaringan. MAC Address biasa tertanam di dalam sebuah network interface untuk dapat berkomunikasi melalui jarinan yang tertuju ke segmentasi fisik (Physical Segmen). Dengan kata lain, MAC Address adalah sebuah nama unik yang hanya dimiliki oleh satu perangkat saja, satu nama untuk satu perangkat. Jadi MAC Address dari semua perangkat teknologi yang dapat terhubung ke jaringan adalah berbeda. Lalu bagaimana cara melihat MAC Address yang ada di dalam perangkat yang kita gunakan? Caranya sangat mudah dan tanpa harus bongkar komputer atau laptop.

Pada kesempatan kali ini saya ingin mengulas cara mengetahui MAC Address komputer yang sudah terpasang sistem operasi Windows. Dalam praktik yang saya gunakan, sistem operasi yang saya gunakan adalah Windows XP SP 2. Tetapi pada dasarnya perintah yang dipakai untuk mengetahui MAC Address dalam sebuah komputer adalah sama. Dengan memanfaatkan fasilitas Command Prompt (CMD/DOS) yang ada di sistem operasi Windows versi apapun Anda sudah dapat melihat MAC Address yang ada di dalam perangkat komputer atau laptop Anda. [Baca juga : Cara Melihat IP Address Lewat CMD]

Cara mengetahui mac address laptop Windows 7 juga sama dengan langkah yang akan saya lakukan ini. Pada sistem operasi Windows 8 pun sama, tidak ada perubahan perintah yang digunakan. Sekarang akan saya jelaskan langkahnya satu per satu dan silahkan Anda ikuti langkah berikut ini untuk dapat mengetahui MAC Address komputer/laptop Anda.

Cara Melihat MAC Address Komputer/Laptop Under Windows

  • Setelah Windows Anda berjalan dan siap digunakan, pilih menu utama (Start) dan pilih RUN. Atau Anda dapat juga menggunakan tombol kombinasi Windows dan huruf "R" di keyboard yang ditekan secara bersamaan.
Cara Melihat MAC Address Komputer/Laptop Under Windows
  • Akan keluar kotak dialog RUN, ketikkan "CMD" tanpa tanda petik dan tekan ENTER. Akan keluar kotak warna hitam (default) dan bertuliskan drive user setting Anda.
  • Kotak hitam tersebut adalah CMD/Command Prompt/DOS pada sistem operasi Windows. Ketikkan perintah "ipconfig /all" tanpa tanda petik dan tekan ENTER.
Cara Melihat MAC Address Komputer/Laptop Under Windows
  • Informasi mengenai identitas network Anda akan keluar, termasuk MAC Address. Di dalam informasi tersebut, MAC Address dilambangkan dengan identitas Physical Address. MAC Address adalah yang saya coret warna biru. DI situ saya punya 2 MAC Address karena yang satu adalah MAC Address NIC (LAN Card) dan yang satu adalah MAC Address dari modem GSM yang saya gunakan. Untuk yang saya coret warna merah adalah perintah yang saya ketikkan untuk menampilkan informasi dibawahnya. Dan yang warna kuning adalah IP Address dan Gateway yang saya miliki saat terkoneksi internet.
  • Selesai.
Itulah Cara Melihat MAC Address Komputer/Laptop Under Windows yang dapat saya sampaikan. Semoga ulasan ini dapat membantu Anda mengetahui MAC Address yang dimiliki oleh perangkat Anda. Dan sekedar saran, jangan sebar luaskan informasi mengenai MAC Address perangkat Anda, karena MACC Address adalah alamat fisik dari perangkat yang sangat unik, jangan sampai disalah gunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Itulah mengapa MAC Address yang tampil pada ulasan ini saya sensor. Demikian ulasan kali ini, semoga dapat dipergunakan sebagaimana mestinya. [Baca juga : Cara Mengganti IP Address Lewat CMD]
Advertisement

Terimakasih telah berkunjung dan berikut ini ketentuan komentar yang diperbolehkan :

1. Berkomentar dengan bahasa yang sopan dan tidak SARA.
2. Berkomentar sesuai dengan topik artikel.
3. TIDAK BOLEH memasukkan LINK AKTIF. Karena akan otomatis terhapus komentarnya.
4. Jika ingin menambahkan LINK silahkan masukkan ke dalam bagian URL atau menyertakan ke dalam komentar dengan sifat TIDAK AKTIF.
5. Berkomentarlah yang membangun dan bermanfaat untuk orang lain ya :-)
6. JANGAN MENCANTUMKAN NOMOR TELEPON ATAU SEJENISNYA DI DALAM KOMENTAR. UNTUK MENGHINDARI PENYALAHGUNAAN DARI PIHAK LAIN.
7. MOHON UNTUK TIDAK KOMENTAR YANG MENYESATKAN!

Terimakasih atas kerjasamanya demi memajukan website ini,
EmoticonEmoticon