Thursday, January 30, 2014

Cara Mengganti IP Address Lewat CMD

Cara Mengganti IP Address Lewat CMD ~ Kali ini mari kita ulas mengenai cara mengubah IP Address di jaringan komputer. Kali ini cara yang digunakan untuk mengganti IP Address di Windows sedikit berbeda dari biasanya. Biasanya cara mengganti IP dilakukan dengan cara masuk ke menu jaringan di Windows dengan tampilan GUI dan tinggal klik sana dan klik sini. Sekarang cara mengganti IP Address akan dilakukan melalui perintah CMD Windows. Pasti sudah pada tahu ya apa itu CMD? CMD itu yang dapat disebut juga Command Prompt yang ada di Windows. [Baca juga : Cara Melihat MAC Address Under Windows]

Cara ini memang sangat berbeda dengan cara pada umumnya. Cara umumnya dengan melalui GUI interface network tinggal klik sana dan klik sini, kemudian isikan IP Address dan klik OK sudah jadi. Kali ini cara mengganti IP Address melalui CMD caranya dengan mengetikkan perintah-perintah tertentu pada halaman CMD.
Cara Mengganti IP Address Lewat CMD

Berikut adalah cara mengganti IP Address lewat CMD:

1. Buka kotak dialog RUN (caranya tekan tombol Windows pada keyboard dan huruf R pada keyboard secara bersamaan).
2. Ketikkan perintah CMD pada kotak RUN tersebut dan tekan ENTER.
3. Pada halaman CMD, ketikkan perintah "ipconfig/all" tanpa tanda petik dan tekan ENTER. Perintah ini akan memunculkan semua konfigurasi pada masing-masing network adapter yang terpasang di dalam komputer kita.
4. Pada hasil perintah IPCONFIG/ALL, cari posisi adapter dengan nama default-nya "Local Area Connection" tanpa tanda petik. Biasanya jika ada beberapa komfigurasi Local Area Connection maka akan muncul angka di belakang Local Area Connection, misalkan Local Area Connection 2.
5. Tentukan adapter mana yang akan dikonfigurasi ulang IP Address-nya, misalkan disini adalah Local Area Connection.
6. Ketikkan perintah berikut untuk mengganti IP Address pada Local Area Connection.
FORMAT:
[ Netsh interface ip set address name="Nama connection kamu" static (IP Address) (Subnet Mask) (Gateway) ]

CONTOH:
[ Netsh interface ip set address name="Local Area Connection" static 192.168.1.56 255.255.255.0 192.168.1.1 ]

7. Tekan ENTER setelah memasukkan IP Address dan konfigurasi lainnya seperti contoh di atas.
8. Untuk cek apakah IP sudah terganti, silahkan baca Cara Mengetahui IP Address Komputer Melalui CMD.

Demikian lah cara mudah untuk mengubah IP Address lewat CMD. Semoga dapat membantu untuk mengganti IP Addres di komputer Anda. Mungkin Anda juga tertarik untuk mengganti IP Address komputer Anda dengan IP Address dari Amerika Serikat atau negara lainnya, baca tipsnya disini.
Advertisement

4 comments

sya sdh cba pke "netsh interface ip set address name="local area connection 2" static (nomor ip dan netmasknya), tpi koq muncul kta "The requested operation requires elevation (Run as administrator)." Apa mksud dri kta tersbut ? Apa ada yng slah ? trims

Itu karena status RUN dari Command Prompt saat memasukkan perintah tersebut berada pada operasi user. Agan harus membuat mode RUN Administrator pada Command Prompt tersebut. Caranya klik kanan Command Prompt dan pilih Run Administrator. Setelah muncul, masukkan perintah seperti di atas.

Terimakasih telah berkunjung dan berikut ini ketentuan komentar yang diperbolehkan :

1. Berkomentar dengan bahasa yang sopan dan tidak SARA.
2. Berkomentar sesuai dengan topik artikel.
3. TIDAK BOLEH memasukkan LINK AKTIF. Karena akan otomatis terhapus komentarnya.
4. Jika ingin menambahkan LINK silahkan masukkan ke dalam bagian URL atau menyertakan ke dalam komentar dengan sifat TIDAK AKTIF.
5. Berkomentarlah yang membangun dan bermanfaat untuk orang lain ya :-)
6. JANGAN MENCANTUMKAN NOMOR TELEPON ATAU SEJENISNYA DI DALAM KOMENTAR. UNTUK MENGHINDARI PENYALAHGUNAAN DARI PIHAK LAIN.
7. MOHON UNTUK TIDAK KOMENTAR YANG MENYESATKAN!

Terimakasih atas kerjasamanya demi memajukan website ini,
EmoticonEmoticon