Friday, March 13, 2015

Cara Membuat Email Baru Di Google Itu Mudah Dan Cepat

Cara Membuat Email Di Google - Google merupakan raksasa internet yang sangat kita kenal sebagai mesin pencari (Search Engine) yang handal. Tetapi sebenarnya Google tidak hanya menyediakan layanan mesin pencari yang dapat kita gunakan untuk mencari hal apa yang kita inginkan di internet. Banyak sekali produk Google yang dapat dinikmati oleh pengguna secara gratis. Salah satunya adalah Email Google yang biasa dikenal dengan nama Gmail (Google Mail). 

Nah pada ulasan kali ini akan saya terangkan cara mendaftar email baru di Google yang sangat mudah dan cepat.

Keunggulan Email Google

Pada umumnya, seorang pengguna internet yang masih awam mengenal layanan email itu adalah Yahoo atau yang biasa disebut Yahoo Mail. Seperti halnya Yahoo Mail, Google Mail juga menyediakan layanan Email yang performance-nya sangat baik. 

Tetapi di luar itu ada keunggulan dari Email Google. Apa itu keunggulannya? Keunggulannya adalah "Satu akun untuk semua produk Google". 

Produk Google itu ada banyak sekali, misalkan Blogger, Gmail, Google Webmaster, Google Analytics, Google Adword, Picasa, Google Drive, Google Adsense, dan lain-lainnya yang masih banyak sekali. Cukup menggunakan satu akun Google yang dibuat melalui Gmail, Anda sudah dapat menikmati semua produk Google tersebut secara cuma-cuma.

Keuntungan dari Gmail sendiri adalah kapasitasnya penyimpanan Email yang sangat besar yaitu mencapai 15 GB gratis dan akan terus dikembangkan dengan penambahan kapasitas oleh GoogleHal ini membuat Anda tidak perlu khawatir Email Anda akan penuh jika dikirimi email dengan file Attachment dari rekan Anda. 

Oleh karena itu saya sendiri merekomendasikan kepada Anda untuk menggunakan Google Mail (Gmail) sebagai fasilitas dunia internet Anda.
Cara Membuat Email Baru Di Google Itu Mudah Dan Cepat

Cara Membuat Email Baru Di Google

Selanjutnya saya akan membahas mengenai cara membuat email baru di Google. Tidak susah dan tidak memerlukan waktu yang lama Gmail Anda akan terbentuk. 

Tetapi sebelum memulai membuat email baru, ada beberapa hal yang perlu disiapkan terlebih dahulu. Persiapan ini berguna untuk menghindari kebingungan saat mengisikan data nanti.
  • Persiapkan nama depan dan nama belakang untuk Email. Sebaiknya gunakan nama asli Anda demi kevalidan data Anda di dunia maya. jangan kawatir soal kerahasiaan, Google sangat aman menjaga data pribadi Anda.
  • Persiapkan username utama dan beberapa username alternatif sebagai alamat Email Anda nanti. Jika username utama tidak bisa didaftarkan karena beberapa alasan nanti yang muncul, silahkan pilih dari username alternatif dari yang sudah Anda siapkan. Sebagai saran, gunakan username sesuai dengan nama lengkap Anda yang tanpa spasi, kemungkinan besar akan langsung diterima.
  • Persiapkan rangkaian password email dengan kombinasi huruf besar, huruf kecil, angka, atau karakter khusus. Sebaiknya rangkai password yang mudah diingat bagi Anda dan sulit ditebak oleh orang lain. Hindari menggunakan password sesuai tanggal lahir dan lain-lain, karena mudah ditebak.
  • Siapkan nomor telepon aktif untuk konfirmasi dan alamat email alternatif yang akan menjadi bantuan saat Anda lupa password. Alamat email alternatif boleh dari jenis email apapun. Dan sampai disini persiapan cukup. Sekarang selanjutnya adalah langkah mendaftar.
Cara Membuat Email Baru Di Google Itu Mudah Dan Cepat

Untuk Cara atau langkah buat email di Google sangat mudah dan tidak ribet. Cukup akses halaman Google Mail, isikan data-data yang diperlukan dan daftarkan. Untuk lebih jelasnya mengenai langkah buat email baru di Google lihatlah langkah di bawah ini:
  1. Pastikan internet Anda sudah terkoneksi dan akses Gmail melalui browser kesayangan Anda.
  2. Pada halaman Gmail akan tampak form login. Karena Anda akan membuat email baru jadi Anda belum bisa langsung login. Perhatikan link di bagian bawah form login, ada sebuah kalimat yang dilengkapi dengan link. Jika dalam bahasa Inggris berbunyi "Create an account" dan jika dalam bahasa Indonesia berbunyi "Buat Akun". Klik link tersebut dan Anda akan dihantarkan ke halaman pendaftaran.
  3. Isikan data-data yang telah Anda siapkan tadi pada kolom yang sesuai. Nama depan, nama belakang, username, password (ulang 2x), tanggal bulan tahun lahir, jenis kelamin, nomor telepon, email alternatif.
  4. Jika sudah semua jangan lupa menuliskan karakter yang ditampilkan pada gambar di bagian kolom "Ketikkan tulisan" dan centang checkbox "I agree to the Google Terms of Services and Privacy Policy".
  5. Terakhir klik Next Step.

Jika semua data terpenuhi dan dapat diterima oleh Google, maka alamat Email Anda sudah jadi dan siap digunakan. Halaman setelah Next Step adalah halaman pengaturan profile seperti mengganti Foto Profile dan lain-lain. Sangat mudah dan cepat bukan untuk membuat email baru Gmail.

Demikianlah ulasan kali ini yang dapat saya tuliskan. Semoga ulasan Cara Membuat Email Baru Di Google Itu Mudah Dan Cepat ini dapat memandu Anda dalam membuat email baru, terutama buat email baru di Google.
Advertisement

2 comments

Terimakasih telah berkunjung dan berikut ini ketentuan komentar yang diperbolehkan :

1. Berkomentar dengan bahasa yang sopan dan tidak SARA.
2. Berkomentar sesuai dengan topik artikel.
3. TIDAK BOLEH memasukkan LINK AKTIF. Karena akan otomatis terhapus komentarnya.
4. Jika ingin menambahkan LINK silahkan masukkan ke dalam bagian URL atau menyertakan ke dalam komentar dengan sifat TIDAK AKTIF.
5. Berkomentarlah yang membangun dan bermanfaat untuk orang lain ya :-)
6. JANGAN MENCANTUMKAN NOMOR TELEPON ATAU SEJENISNYA DI DALAM KOMENTAR. UNTUK MENGHINDARI PENYALAHGUNAAN DARI PIHAK LAIN.
7. MOHON UNTUK TIDAK KOMENTAR YANG MENYESATKAN!

Terimakasih atas kerjasamanya demi memajukan website ini,
EmoticonEmoticon