Thursday, January 8, 2015

Jenis-Jenis Android Yang Telah Dirilis Oleh Google Lengkap [UPDATE]

Jenis-Jenis Android Yang Telah Dirilis Oleh Google - Sistem operasi Android adalah sistem operasi yang menandai perkembangan dunia handphone canggih atau yang disebut juga smartphone. Tentu saja hampir semua orang setuju dengan pernyataan tersebut, mengingat penggunaan smartphone yang meningkat pasca dikembangkan dan dirilisnya sistem operasi mobile yang bernama Android ini oleh Google

Sistem operasi Android telah banyak sekali mengalami perubahan ke arah yang lebih positif dari waktu-waktu. Bulan November 2007 menjadi saksi lahirnya sistem operasi yang saat ini telah digunakan lebih dari 1 milyar pengguna di seluruh dunia. Pertama dirilis oleh Google, Android belumlah secanggih yang sekarang ini. Tertapi dalam perkembangannya berbagai kemajuan dan kemampuan Android semakin meningkat pesat. 

Karena ketekunan dari Google, sistem operasi yang namanya akrab dengan jenis makan ringan dan manis ini mengalami perkembangan yang pesat. Versi rilis komersial pertama pada tahun 2008 sampai dengan sekarang, Android telah mengalami banyak sekali perubahan dengan mengeluarkan banyak generasi dengan nama-nama yang unik.

Jenis-Jenis Andorid yang telah dirilis oleh Google Lengkap

Pada kesempatan kali ini, saya akan mengulas tentang jenis-jenis Android yang telah lahir dan digunakan oleh banyak smartphone di dunia dari berbagai vendor teknologi ponsel.
Jenis-Jenis Android Yang Telah Dirilis Oleh Google

Jenis Android yang akan diulas adalah jenis Android yang rilis resmi dalam sebuah mesin smartphone, yaitu dimulai dari Andorid versi 1.5 sampai dengan Android versi sekarang ini. Berikut daftar lengkap dan update dari nama-nama dan versi Android yang sudah dirilis dan digunakan.
  1. Cupcake (Android Versi 1.5)
  2. Donut (Android Versi 1.6)
  3. Eclair (Android Versi 2.0 ; 2.0.1 ; 2.1)
  4. Frozen Yogurt / Froyo (Android Versi 2.2 ; 2.2.3)
  5. Gingerbread (Android Versi 2.3 ; 2.3.2 ; 2.3.3 ; 2.3.7)
  6. Honeycomb (Android Versi 3.0  ; 3.1 ; 3.2)
  7. Ice Cream Sandwich (Android Versi 4.0 ; 4.0.2 ; 4.0.3 ; 4.0.4)
  8. Jelly Bean (Android Versi 4.1 ; 4.2 ; 4.3)
  9. KitKat (Android Versi 4.4)
  10. Lolipop (Android Versi 5.0)
  11. Marshmallow (Android Versi 6.0)
  12. Nougat (Android Versi 7.0)


Sampai saat ini, Android yang telah resmi dirilis dan digunakan oleh banyak smartphone yang beredar di dunia ada 12 nama rilis dengan versi yang bervariasi tersebut. Versi ini menandakan teknologi API yang digunakan oleh setiap versi Android.

Selain versi resmi rilis, sebenarnya ada dua versi pendahulu yang telah dikeluarkan sebagai langkah awal sejarah Android. Versi pendahulu tersebut adalah Android Beta yang lahir bersamaan dengan lahirnya Android dan menjadi Android pertama di dunia. 

Baca juga: Google Play Tidak Fungsi, Ini Solusinya

Android Beta dirilis pada bulan November 2007. Android Beta ini belum dinyatakan sebagai Android versi komersial, karena masih dalam masa pengembangan fitur yang akan dimuat. Sedangkan untuk versi komersialnya lahir pada bulan September 2008 dengan kode rilis Android 1.0.

Seiring dengan waktu, Android akan semakin berkembang dan mengalami banyak perubahan dan nama yang baru. Sampai di tahun 2018 ini Android telah mengalami perubahan sebanyak 14 kali. 

Demikianlah informasi mengenai jenis-jenis Android yang telah dirilis oleh Google yang dapat saya ulas. Semoga dapat membantu menambahkan pengetahuan bagi kita semua.
Advertisement

Terimakasih telah berkunjung dan berikut ini ketentuan komentar yang diperbolehkan :

1. Berkomentar dengan bahasa yang sopan dan tidak SARA.
2. Berkomentar sesuai dengan topik artikel.
3. TIDAK BOLEH memasukkan LINK AKTIF. Karena akan otomatis terhapus komentarnya.
4. Jika ingin menambahkan LINK silahkan masukkan ke dalam bagian URL atau menyertakan ke dalam komentar dengan sifat TIDAK AKTIF.
5. Berkomentarlah yang membangun dan bermanfaat untuk orang lain ya :-)
6. JANGAN MENCANTUMKAN NOMOR TELEPON ATAU SEJENISNYA DI DALAM KOMENTAR. UNTUK MENGHINDARI PENYALAHGUNAAN DARI PIHAK LAIN.
7. MOHON UNTUK TIDAK KOMENTAR YANG MENYESATKAN!

Terimakasih atas kerjasamanya demi memajukan website ini,
EmoticonEmoticon