Thursday, October 2, 2014

Google Play Store Tidak Bisa Pada Operator 3, Ini Cara Mengatasinya !

Google Play Store Tidak Bisa Pada Operator 3 - Masalah ini sempat saya alami sendiri saat awal menggunakan smartphone saya. Ketika saya pasangkan kartu dengan paket data dari operator 3 yang 5 GB setahun, semua aplikasi bawaan berjalan dengan normal. Tetapi ketika saya mencari aplikasi baru melalui Google Play Store dan bermaksud menginstalnya, instalasi yang berlangsung tidak kunjung selesai dan hanya muter-muter saja.

Jika kalian pernah mengalami masalah yang sama seperti yang saya alami, berarti kalian akan membaca artikel yang tepat. Saya akan coba jelaskan cara mengatasi masaah tersebut dengan mudah dan cepat. 

Cara Mengatasi Google Play Store Tidak Bisa Pada Operator 3

Hanya dengan melakukan beberapa pengaturan ulang pada jaringan datanya, kalian sudah bisa download dan instal aplikasi dengan bebas menggunakan Google Play Store.

Pada kondisi awal pemasangan kartu data 3, biasanya menggunakan APN default yaitu 3data. Terkadang APN ini tidak kompatibel dengan aliran data untuk beberapa smartphone. Itulah yang menyebabkan gagalnya download aplikasi melalui Google Play Store

Untuk mengatasi hal ini dapat dilakukan dengan manfaatkan APN lain yang dapat digunakan oleh operator 3, contohnya adalah APN 3gprs.
google play tidak bisa download

Pada kasus yang saya alami, pada awalnya APN yang terpasang adalah 3data, sesuai dengan default. Tetapi yang terjadi adalah gagalnya saya download aplikasi dan instal mealui Google Play Store

Dan sebagai penyelesaiannya, saya coba mengubah APN dengan memilih APN yang telah disediakan oleh operator 3. Setidaknya ada 3 (tiga) pilihan APN yang tersedia, yaitu : 3gprs, 3data, dan 3mms. Ketika terpasang awal, APN data berada pada pilihan 3gprs

Dan akibatnya masalah itu saya alami. Kemudian saya coba ubah dengam memilih APN 3data, dan ternyata saya berhasil melakukan download dan instal aplikasi menggunakan Google Play Store.

Baca juga: Jenis Android yang sudah dirilis
Setelah saya selidiki dengan seksama perbedaan antara kedua APN yang saya gunakan dan ganti tersebut, ada beberapa perbedaan. 

Selain perbedaan di APN Name, ada sebuah pengaturan pembeda, yaitu dengan adanya pengaturan proxy dan port. Pada APN 3gprs ada pengaturan proxy dan port, sedangkan pada APN 3data tidak ada pengaturan proxy dan port.

Jadi menurut saya, gagalnya Google Play Store dalam download dan instalasi aplikasi Android dikarenakan pengaturan proxy dan port ini. 

Jadi ketika saya hapus proxy dan port pada APN 3gprs, ternyata download dan instalasi berjalan dengan lancar.

Cara untuk melakukan pengaturan sebagai berikut:
  1. Masuk ke menu Setting
  2. Pilih menu More... dan lanjutkan ke menu Mobile Network
  3. Pilih menu Access Point Names dan pilih operator yang kalian gunakan untuk paket data.
  4. Kemudian pilih salah satu nama APN yang belum terpilih
  5. Coba gunakan untuk download dan instal aplikasi Anda.

Sampai disini, langkah untuk mengatasi masalah gagalnya Google Play Store saat download dan instalasi dapat teratasi. Demikian sedikit cara untuk mengatasi masalah jika kalian mengalami masalah yang sama seperti yang saya alami. Semoga dapat membantu.
Advertisement

4 comments

saya pakai kartu trhee, dan saya tidak bisa buat akun google dan juga tidak bisa search google, apa anda punya tips dan triknya?
Mohon bantuannya ya...terima kasih

Untuk masalah tidak bisa membuat akun google menggunakan kartu Three coba dengan menggunakan APN Internet (buat APN baru). Kemarin saya coba menggunakan cara ini berhasil. Untuk masalah tidak bisa search google, coba disconnect terlebih dahulu koneksi internet dan connect kan kembali. Dan jangan lupa cek kuota internet agan, masih atau sudah habis kuota.

Saya sudah lakukan perubahan apn 3gprs ke 3data, tpi tetep, ketika buka google player, kemdian muncul tulisan, silshkan coba lagi, tidak ada koneksi internet, padahal, klo akses ke youtube lancar0

Coba periksa bagian profile dari tipe koneksinya gak... misal 3data. Pada bagian pengaturan proxy nya ada IP Address yang terpasang tidak? Jika Ada hapus saja dan simpan... Coba diskonek dulu koneksinya dan konesikan kembali.

Terimakasih telah berkunjung dan berikut ini ketentuan komentar yang diperbolehkan :

1. Berkomentar dengan bahasa yang sopan dan tidak SARA.
2. Berkomentar sesuai dengan topik artikel.
3. TIDAK BOLEH memasukkan LINK AKTIF. Karena akan otomatis terhapus komentarnya.
4. Jika ingin menambahkan LINK silahkan masukkan ke dalam bagian URL atau menyertakan ke dalam komentar dengan sifat TIDAK AKTIF.
5. Berkomentarlah yang membangun dan bermanfaat untuk orang lain ya :-)
6. JANGAN MENCANTUMKAN NOMOR TELEPON ATAU SEJENISNYA DI DALAM KOMENTAR. UNTUK MENGHINDARI PENYALAHGUNAAN DARI PIHAK LAIN.
7. MOHON UNTUK TIDAK KOMENTAR YANG MENYESATKAN!

Terimakasih atas kerjasamanya demi memajukan website ini,
EmoticonEmoticon