Wednesday, October 1, 2014

Sering Menggunakan Lebih Dari Satu Antivirus, Ini Dampaknya !

Bagi seseorang yang sudah sering menggunakan komputer pasti berusaha untuk memahaminya. Salah satu hal yang perlu dipahami adalah hal penggunaan antivirus. Dalam dunia komputer, terpasangnya antivirus dalam sebuah komputer sangatlah penting. Hal ini tentunya dimaksudkan untuk melindungi komputer dan data yang ada didalamnya tetap aman dari serangan penjahat dunia mayadan perusak dunia maya (virus). Tetapi dalam menggunakan antivirus pun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Salah satunya adalah dalam hal banyaknya antivirus yang baik dipasang dalam satu komputer.

Saya sendiri telah banyak menemui komputer dan laptop yang didalamnya terpasang lebih dari satu antivirus kuat. Tentu saja saya merasakan adanya dampak yang muncul dengan keberadaan lebih dari satu antivirus tersebut. Dampak pertama yang muncul adalah kinerja komputer yang semakin berkurang dan melambat.

Terpasangnya lebih dari satu antivirus besar dalam satu komputer akan memakan dua kali lipat source komputer. Source pertama dan yang paling banyak dimakan adalah soure memori atau RAM. Hal tersebut menyebabkan antrian aplikasi yang dijalankan samakin lama masuk dan diproses karena ruang memori yang tersisa tinggal sedikit. Apalagi ketika antivirus yang terpasang melakukan schedule scan yang berjalan secara otomatis, tentunya RAM akan menurun ruang kosongnya secara drastis.
dampak penggunaan banyak antivirus

Dampak kedua adalah over work pada source prosesor. Maksudnya disini adalah kinerja prosesor akan meningkat dan over ketika beberapa antivirus yang terpasang tersebut sedang melakukan pemindaian data dan infeksi virus. Sehingga terkadang komputer akan mengalami freeze (beku) dan tidak bisa dioperasikan dalam beberapa waktu. Hal seperti ini juga sering kita sebut dengan komputer nge-hang.

Dampak ketiga yang tidak berpengaruhnya adalah meningkatnya akses harddisk yang mengakibatkan proses pengambilan data menjadi lambat dan kadang mengalami kegagalan proses (not responding) pada beerapa aplikasi.
Dan itulah berapa dampak yang paling terasa ketika terdapat lebih dari satu antivirus besar yang terpasang di komputer. Boleh saja memasang lebih dari satu antivirua dalam satu komputer dengan syarat satu antivirus besar dan satu antivirus ringan, salah satu contohnya adalah AVG antivirus dipasangkan dengan Smadav. Jangan memasang AVG antivirus dengan AVIRA antivirus dalam satu komputer.

Demikian penjelasan saya tentang dampak yang disebabkan terpasanya lebih dari satu antivirus besar dalam satu komputer. Semoga dapat memberikan penjelasan yang bermanfaat untuk Anda. Jika ada pertanyaan, silahkan mengajukannya melalui komentar di bawah ini.
Advertisement

Terimakasih telah berkunjung dan berikut ini ketentuan komentar yang diperbolehkan :

1. Berkomentar dengan bahasa yang sopan dan tidak SARA.
2. Berkomentar sesuai dengan topik artikel.
3. TIDAK BOLEH memasukkan LINK AKTIF. Karena akan otomatis terhapus komentarnya.
4. Jika ingin menambahkan LINK silahkan masukkan ke dalam bagian URL atau menyertakan ke dalam komentar dengan sifat TIDAK AKTIF.
5. Berkomentarlah yang membangun dan bermanfaat untuk orang lain ya :-)
6. JANGAN MENCANTUMKAN NOMOR TELEPON ATAU SEJENISNYA DI DALAM KOMENTAR. UNTUK MENGHINDARI PENYALAHGUNAAN DARI PIHAK LAIN.
7. MOHON UNTUK TIDAK KOMENTAR YANG MENYESATKAN!

Terimakasih atas kerjasamanya demi memajukan website ini,
EmoticonEmoticon