Monday, February 3, 2014

Komputer Lambat dan Cursor Mouse Ngadat, Ini Sebabnya

Kangje.comBagi seorang pengguna komputer, bermacam-macam bentuk kejadian atau masalah sering muncul pada komputer tersebut. Tetapi terkadang masalah yang muncul sangat aneh dan kita belum tahu solusinya. Seperti masalah yang satu ini, yaitu Komputer Lambat dan Cursor Mouse Ngadatyang termasuk sering juga dialami oleh pengguna komputer. 

Hal ini akan terasa menyusahkan jika kita mengalaminya disaat membuat sesuatu yang penting dengan komputer kita.

Sebagai pengguna komputer yang bukan seorang teknisi komputer, tentunya kita akan merasa kesulitan untuk mencari alasan kenapa komputer kita seperti itu. 

Untuk itu, sekarang kami akan memberikan sedikit tips untuk mengidentifikasi masalah tersebut dan mencari penyebab serta solusinya.
Penyebab Komputer Lambat dan Cursor Mouse Ngadat

Penyebab dan Cara Mengatasi Komputer Lambat dan Cursor Ngadat

Berikut ini adalah beberapa penyebab cursor komputer ngadat dan susah untuk digerakkan. Analisa ini berdasarkan beberapa pengalaman sendiri dan dari rekan-rekan yang menyatakan keluhannya.

Dan disini kita juga akan berikan pilihan solusi yang dapat diambil untuk mengatasi cursor komputer ngadat. Penjabarannya kami buat dalam poin-poin di bawah ini.

1. RAM penuh dan mengalami crash saat menjalankan program

Penyebab yang pertama ini memiliki peluang penyebab yang paling besar. Komputer lambat dan cursor ngadat biasanya dipengaruhi oleh banyaknya program yang dijalankan. Dan setiap program yang berjalan akan menggunakan kapasitas RAM dengan besaran tertentu. 

Oleh karena itu jika kita terlalu banyak membuka program aplikasi, sedangkan RAM kita kecil atau terbatas, maka ujung-ujungnya adalah komputer akan melambat dan terkadang akan ngadat dengan ditandai cursor ngadat (berhenti-berhenti sejenak). 

Untuk mengatasi hal ini, minimalkan membuka aplikasi dan kurangi juga aplikasi yang berjalan secara auto run (startup). 

Terkait dengan startup program, kalian bisa membaca artikel kami berjudul cara meminimalkan program startup pada Windows.

2. CPU Usage 100%

Penyebab ini juga tidak bisa dipandang biasa, karena CPU Usage yang berlangsung sampai beberapa waktu akan mempengaruhi kinerja komputer dan membuat komputer terkadang ngadat bahkan hang.

CPU Usage 100% biasanya disebabkan oleh aktivitas under run program yang berjalan tanpa kita sadari. Bisa disebabkan oleh virus, aktivitas update, atau aktivitas scanning antivirus

Cara mengatasi masalah ini adalah masuk ke Task Manager Windows dan menonaktifkan proses yang memiliki CPU Usage terlalu tinggi dengan cara melakukan End Process.

3. HDD sudah mengalami masalah (Bad Sector)

Jika yang satu ini, berarti kalian harus bersiap-siap untuk mem-backup data sebelum semuanya terlambat. 

Terkadang bad sector akan menyebabkan HDD rusak dan tidak bisa digunakan, berikut dengan data yang ada didalamnya. HDD mengalami bad sector biasanya ditandai dengan akses ke HDD yang berlebihan dan berlangsung dalam rentan waktu agak lama ketika dihidupkan. 

Untuk mengetahui akses ke HDD, silahkan amati lampu indikator HDD (biasanya berwarna merah) pada komputer. Jika load berkepanjangan dan berlebihan maka lampu merah itu akan menyala terus (umumnya jika dalam keadaan normal, lampu merah tersebut akan berkedeip kedip saja ketika melakukan aktivitas di dalam komputer). 

Untuk mengetahui HDD bad sector atau tidak, kami telah buatkan artikel untuk menganalisa bad sector HDD dan penyebabnya.

Itulah beberapa penyebab umum dari komputer lambat dan cursor sering ngadat. Sesuai dengan ciri-ciri dan solusinya, silahkan kalian amati ciri-ciri mana yang dialami oleh komputer kalian.

Demikian sedikit tips untuk menganalisa permasalahan saat cursor ngadat dan komputer menjadi lambat. Semoga dapat membantu menemukan masalah kalian ketika mengalami hal tersebut dan dapat memecahkan masalahnya. Selamat mencoba!
Advertisement

2 comments

Sama atau lagi gan. Batere mouse wirelest ente abis....

Hehehe.. kalo itu teknis by human bang... :) lupa ganti baterai ya...

Terimakasih telah berkunjung dan berikut ini ketentuan komentar yang diperbolehkan :

1. Berkomentar dengan bahasa yang sopan dan tidak SARA.
2. Berkomentar sesuai dengan topik artikel.
3. TIDAK BOLEH memasukkan LINK AKTIF. Karena akan otomatis terhapus komentarnya.
4. Jika ingin menambahkan LINK silahkan masukkan ke dalam bagian URL atau menyertakan ke dalam komentar dengan sifat TIDAK AKTIF.
5. Berkomentarlah yang membangun dan bermanfaat untuk orang lain ya :-)
6. JANGAN MENCANTUMKAN NOMOR TELEPON ATAU SEJENISNYA DI DALAM KOMENTAR. UNTUK MENGHINDARI PENYALAHGUNAAN DARI PIHAK LAIN.
7. MOHON UNTUK TIDAK KOMENTAR YANG MENYESATKAN!

Terimakasih atas kerjasamanya demi memajukan website ini,
EmoticonEmoticon