Wednesday, August 15, 2012

Meningkatkan Kinerja Windows dengan Meminimalisasi Startup Program

Kangje.com - Windows akan terasa berat jika terlalu banyak mengangkat program dalam sekali jalan, apalagi program startup. Program startup akan dijalankan pertama kali ketika Windows masuk ke desktop windows.

Program startup biasanya terbawa oleh beberapa program maupun driver yang telah terinstal di dalam sistem operasi Windows tersebut. Dan ini sangat tidak menguntungkan bagi kita karena mempengaruhi kinerja sistem operasi Windows yang kita gunakan. Proses akan terasa sangat lambat seiring dengan semakin banyaknya program startup yang siap berjalan ketika windows hidup.

Untuk mengatasi masalah ini dan mengoptimalkan kinerja Windows sebaiknya program-program yang dirasa kurang perlu dijalankan kita disable saja. Hal ini dimaksudkan agar komputer menjadi lebih cepat saat pertama kali dinyalakan.

Contoh beberapa program yang selayaknya berjalan ketika komputer hidup adalah Antivirus. Kita biarkan berjalan startup untuk program yang satu ini, karena dialah yang bertugas untuk mengatasi virus yang hendak menyerang saat sistem Windows masih lemah pada waktu startup desktop.


Meningkatkan Kinerja Windows dengan Meminimalisasi Startup Program

Meningkatkan Kinerja Windows dengan Meminimalisasi Startup Program

Beberapa program startup biasanya ditandai dengan adanya icon kecil-kecil yang terletak di taskbar sebelah kanan bawah dan biasa disebut dengan Icon Try.

Kita dapat mengurangi program yang berjalan startup dengan cara yang sangat mudah, tanpa harus menggunakan software khusus ataupun utility khusus. Kita cukup menggunakan fasilitas sistem Windows untuk menonaktifkan program yang berjalan secara startup. Caranya adalah sebagai berikut:
  1. Ketika Windows sudah berjalan cukup normal atau sudah normal, kita klik Start > Run, atau dengan lebih mudah menggunakan tombol kombinasi keyboard Tombol lambang Windows dan huruf R secara bersamaan.
  2. Selanjutnya kita ketikan di dalam kotak Run tersebut dengan kata "msconfig" tanpa tanda petik, kemudian kita Enter/OK.
  3. Kita akan masuk ke halaman System Configuration. Dalam halaman tersebut ada beberapa tab yang tampil dengan fungsi yang berbeda-beda. Yang kita butuhkan hanyalah tab Startup, jadi jangan ubah untuk tab yang lain. Kita klik tab Startup.
  4. Setelah kita klik tab startup, kita akan melihat deretan program yang tercentang semua di dalam tab startup tersebut. Inilah yang disebut program startup. Semakin banyak program tersebut, makan kinerja komputer kita akan terasa sangant menurun.
  5. Kita pilih program yang tidak begitu penting dijalankan secara startup. Kita hilangkan saja centangnya. Jangan kawatir, program ini masih dapat digunakan, hanya saja sekarang statusnya menjadi manual, tidak akan jalan jika tidak dijalankan.
  6. Setelah memilihi program-program startup yang dirasa kurang perlu kita klik Apply dan OK.
  7. Langkah terakhir adalah restart komputer Anda, dan rasakan bedanya dari sebelumnya.
  8. Selesai

Setelah restart dak komputer masuk desktop kalian akan rasakan performa komputer berbeda dengan sebelumnya. Apalagi ketika baru masuk desktop, terasa lebih cepat.

Demikian artikel kali ini tentang Meningkatkan Kinerja Windows dengan Meminimalisasi Startup Program. Selamat mencoba dan Semoga berhasil
Advertisement

Terimakasih telah berkunjung dan berikut ini ketentuan komentar yang diperbolehkan :

1. Berkomentar dengan bahasa yang sopan dan tidak SARA.
2. Berkomentar sesuai dengan topik artikel.
3. TIDAK BOLEH memasukkan LINK AKTIF. Karena akan otomatis terhapus komentarnya.
4. Jika ingin menambahkan LINK silahkan masukkan ke dalam bagian URL atau menyertakan ke dalam komentar dengan sifat TIDAK AKTIF.
5. Berkomentarlah yang membangun dan bermanfaat untuk orang lain ya :-)
6. JANGAN MENCANTUMKAN NOMOR TELEPON ATAU SEJENISNYA DI DALAM KOMENTAR. UNTUK MENGHINDARI PENYALAHGUNAAN DARI PIHAK LAIN.
7. MOHON UNTUK TIDAK KOMENTAR YANG MENYESATKAN!

Terimakasih atas kerjasamanya demi memajukan website ini,
EmoticonEmoticon