Sabtu, 12 Agustus 2023

Memperbaiki Error Virtualbox Failed to Acquire Virtualbox COM Object di Windows 10

Penggunaan Virtualbox memang sangat membantu keperluan kita dalam hal membuat mesin virtual untuk instalasi sistem operasi. Kita dapat memasang banyak sistem operasi dengan menggunakan satu komputer yang terpasang Virtualbox. Dengan memanfaatkan mesin virtual dari Virtualbox, kita tidak memerlukan banyak komputer fisik untuk instalasi banyak sistem operasi, misal utuk keperluan uji coba.

Memperbaiki Error Virtualbox Failed to Acquire Virtualbox COM Object di Windows 10

Terlepas dari kemudahan tersebut, Virtualbox juga terkadang mengalami masalah. Salah satu masalah yang cukup sering dialami oleh pengguna munculnya error pada COM Object. Error ini akan muncul ketika Virtualbox baru dibuka. Tanda dari masalah ini adalah munculnya pesan error "Failed to Acquire Virtualbox COM Object".

Cara Mengatasi Error Virtualbox Failed to Acquire Virtualbox COM Object

Kalian yang mengalami masalah ini tidak perlu panik. Ada cara mudah untuk mengatasinya tanpa harus install ulang Virtualbox. Caranya silakan ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Masuk ke drive C:
  2. Masuk ke folder Users
  3. Masuk ke folder Nama_User_Kalian
  4. Perhatikan pada isi dari folder Nama_User_Kalian, cari folder dengan nama ".VirtualBox"
  5. Pindahkan folder ".VirtualBox", misalkan pindahkan ke Desktop dan coba buka aplikasi VirtualBox kalian seperti biasa.

Dengan melakukan cara ini, error VirtualBox Failed to Acquire Virtualbox COM Object akan dapat diatasi. Tetapi dengan menggunakan cara ini, semua sistem operasi yang telah terpasang di dalam VirtualBox sebelumnya akan hilang.

Untuk mengembalikannya, dapat dilakukan dengan cara membuka folder ".VirtualBox" yang sebelumnya dipindahkan ke Desktop dan copy/paste file didalamnya satu per satu ke folder ".VirtualBox" yang baru di dalam folder Nama_User_Kalian.

Silakan dicoba dan semoga berhasil.

Belum ada Komentar untuk "Memperbaiki Error Virtualbox Failed to Acquire Virtualbox COM Object di Windows 10"

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung dan berikut ini ketentuan komentar yang diperbolehkan :

1. Berkomentar dengan bahasa yang sopan dan tidak SARA.
2. Berkomentar sesuai dengan topik artikel.
3. TIDAK BOLEH memasukkan LINK AKTIF. Karena akan otomatis terhapus komentarnya.
4. Jika ingin menambahkan LINK silahkan masukkan ke dalam bagian URL atau menyertakan ke dalam komentar dengan sifat TIDAK AKTIF.
5. Berkomentarlah yang membangun dan bermanfaat untuk orang lain ya :-)
6. JANGAN MENCANTUMKAN NOMOR TELEPON ATAU SEJENISNYA DI DALAM KOMENTAR. UNTUK MENGHINDARI PENYALAHGUNAAN DARI PIHAK LAIN.
7. MOHON UNTUK TIDAK KOMENTAR YANG MENYESATKAN!

Terimakasih atas kerjasamanya demi memajukan website ini,