Jumat, 08 Juli 2022

Cara Mengatur Spasi Di Microsoft Word : Spasi Antar Karakter

Spasi di dalam aplikasi Microsoft Office Word ada beberapa macam. Ada spasi untuk karakter, spasi untuk baris, dan spasi untuk paragraf. Kalian dapat melakukan pengaturan tersebut secara mandiri melalui menu pengaturan spasi di Microsoft Word.

Cara Mengatur Spasi Antar Karakter Di Word

Pada kesempatan kali ini, Kangje akan berikan tutorial untuk mengatur spasi antar karakter di Microsoft Word. Kalian dapat mengikuti tutorial ini agar lebih paham penerapannya.

Mengatur Spasi Antar Karakter Di Microsoft Word

Spasi antar karakter berfungsi untuk mengatur jarak antar karakter yang menyusun suatu kata maupun kalimat. Jarak antar karakter dapat diatur menjadi lebih renggang maupun lebih rapat melalui pengaturan ini.

Silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini untuk melakukan pengaturan spasi antar karakter di Microsoft Word:

  • Buatlah sebuah kalimat yang terdiri dari beberapa kata.
  • Seleksi kata yang ingin diatur spasinya dari kalimat yang telah dibuat tersebut.
  • Masuk ke menu Home. Pada bagian Font Ribbon Group, klik tanda mata panah kecil yang ada di pojok kanan bawah (tekan tombol Ctrl + D).
  • Akan tampil kotak dialog Font untuk melakukan pengaturan Font Formatting.
  • Ada dua tab pada kotak dialog, yaitu Font dan Advanced. Pilih tab Advanced.
  • Pada bagian grup Character Spacing, pada bagian ini ada beberapa pengaturan yang dapat diterapkan untuk mengatur spasi antar karakter.

Cara Mengatur Spasi Antar Karakter Di Word
 

1. Melebarkan atau Menyempitkan Spasi Antar Karakter

Pengaturan ini ada di bagian Spacing dari grup Character Spacing. Pengaturan ini akan memberikan efek merata di setiap karakter yang diseleksi. Ada tiga opsi pada bagian ini, yaitu Normal, Expanded, Condensed.

  1. Opsi Normal tidak akan memberikan efek apa-apa. Opsi ini adalah default dari karakter ketika diketik.
  2. Opsi Expanded akan memberikan efek jarak spasi antar karakter diperlebar secara merata dari teks yang diseleksi. Ukuran pelebaran jarak spasi antar karakter dapat diatur melalui kolom "By", dengan menambah atau mengurangi angka yang ada di dalam area ini.
  3. Opsi Condensed akan memberikan efek jarak spasi antar karakter dipersempit secara merata dari teks yang diseleksi. Ukuran penyempitan jarak spasi antar karakter dapat diatur melalui kolom "By", dengan menambah atau mengurangi angka yang ada di dalam area ini.
 

2. Menyesuaikan Spasi Antar Karakter Tertentu

Karakter tertentu di sini adalah karakter yang memiliki bentuk yang tampak pas ketika diletakkan bersama dengan bentuk lainnya. Misalkan huruf "A" dan huruf "V" memiliki bentuk kemiringan yang searah sehingga dapat dioptimalkan jarak spasinya. Selain kedua huruf tersebut, masih ada beberapa huruf lainnya yang dapat dioptimalkan dengan pengaturan ini.

Pengaturan ini ada bagian Kerning for fonts dari grup Character Spacing. Pengaturan diatur dengan memberikan nilai berupa angka pada bagian area aturnya.

 

3. Melebarkan atau Menyempitkan Teks Secara Horisontal

Opsi ini berbeda dengan melebarkan atau menyempitkan spasi antar karakter. Opsi ini hanya akan melakukan pelebaran atau penyempitan secara keselurah teks yang diseleksi tanpa mempertimbangkan jarak spasi antar karakter.

Pengaturan ini ada di bagian Scale dari grup Character Spacing. Pengaturan ini akan merubah ukuran lebar teks yang diseleksi menurut persentase yang telah disediakan, mulai dari 33% sampai dengan 200%.

 

4. Mengatur Posisi Vertikal Karakter/Teks

Pengaturan ini masuk pada grup pengaturan Character Spacing. Pengaturan ini akan memberikan efek posisi teks/karakter yang diseleksi. Ada tiga opsi pada pengaturan ini, yaitu Normal, Raised, Lowered.

  1. Opsi Normal akan memberikan efek teks/karakter yang diseleksi berada pada posisi default.
  2. Opsi Raised akan memberikan efek teks/karakter yang diseleksi berada pada posisi bagian atas dari barisnya. Level posisinya dapat diatur melalui kolom "By" dengan menambah atau mengurangi angka yang ada di area ini.
  3. Opsi Lowered akan memberikan efek teks/karakter yang diseleksi berada pada posisi bagian bawah dari barisnya. Level posisinya dapat diatur melalui kolom "By" dengan menambah atau mengurangi angka yang ada di area ini.

Demikianlah 4 pengaturan yang dapa dilakukan untuk mengatur spasi antar karakter di Microsoft Word. Silahkan dicoba masing-masing pengaturan dan jika mengalami kesulitan dalam mempraktikkan, silahkan tuliskan di dalam kolom komentar.

Untuk tutorial dalam bentuk video di Youtube, silahkan klik disini.

Semoga bermanfaat!

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengatur Spasi Di Microsoft Word : Spasi Antar Karakter"

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung dan berikut ini ketentuan komentar yang diperbolehkan :

1. Berkomentar dengan bahasa yang sopan dan tidak SARA.
2. Berkomentar sesuai dengan topik artikel.
3. TIDAK BOLEH memasukkan LINK AKTIF. Karena akan otomatis terhapus komentarnya.
4. Jika ingin menambahkan LINK silahkan masukkan ke dalam bagian URL atau menyertakan ke dalam komentar dengan sifat TIDAK AKTIF.
5. Berkomentarlah yang membangun dan bermanfaat untuk orang lain ya :-)
6. JANGAN MENCANTUMKAN NOMOR TELEPON ATAU SEJENISNYA DI DALAM KOMENTAR. UNTUK MENGHINDARI PENYALAHGUNAAN DARI PIHAK LAIN.
7. MOHON UNTUK TIDAK KOMENTAR YANG MENYESATKAN!

Terimakasih atas kerjasamanya demi memajukan website ini,