Minggu, 10 Juli 2022

Cara Mengatur Default Printer Di Windows 10 Dan Lainnya

Default printer adalah status sebuah printer yang menjadi pilihan utama saat akan mencetak dokumen dari berbagai aplikasi di dalam Windows. Status pilihan utama ini akan membuat printer otomatis terdeteksi di setiap aplikasi sebagai media cetaknya.

Cara Mengatur Default Printer Di Windows 10 Dan Lainnya
Jika hanya ada satu printer yang terinstal di dalam Windows, otomatis printer tersebut akan menjadi default printer. Akan tetapi jika ada beberapa printer yang pernah terinstal di dalam Windows, maka perlu membuat printer yang aktif saat ini menjadi default printer.

Cara Mengatur Default Printer Di Windows

Pada sistem operasi Windows, cara mengatur default printer tidak berbeda untuk semua versi Windows. Jadi untuk kalian yang menggunakan Windows 7, Windows 8, Windows 10, maupun Windows 11 dapat menerapkan cara ini nantinya.

Berikut ini langkah-langkah untuk mengatur default printer di Windows semua versi.

  1. Masuk ke Control Panel.
  2. Pilih Devices and Printers.
  3. Akan tampil semua peralatan dan printer yang pernah terkoneksi dan terinstal driver-nya di Windows.
  4. Perhatikan pada bagian kategori Printers dan cari nama printer yang ingin dijadikan default printer. Printer yang menjadi default printer ditandai dengan adanya tanda centang (biasanya berwarna hitam atau hijau/putih).
  5. Jika sudah ketemu, klik kanan nama printer tersebut dan pilih Set as default printer.

Jika tanda centang sudah berada pada printer yang ingin dijadikan default printer, maka proses pengaturan default printer telah berhasil dan selesai. Coba cek menggunakan aplikasi seperti Microsoft Word untuk print dokumen, apakah printer yang terdeteksi sudah sesuai dengan printer yang dijadikan default printer. Jika sudah sesuai, berarti kalian telah berhasil mengubah default printer di Windows kalian.

Demikian tutorial kali ini tentang cara mengatur default printer di Windows. Selamat mengikuti langkah-langkahnya dan semoga berhasil.

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengatur Default Printer Di Windows 10 Dan Lainnya"

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung dan berikut ini ketentuan komentar yang diperbolehkan :

1. Berkomentar dengan bahasa yang sopan dan tidak SARA.
2. Berkomentar sesuai dengan topik artikel.
3. TIDAK BOLEH memasukkan LINK AKTIF. Karena akan otomatis terhapus komentarnya.
4. Jika ingin menambahkan LINK silahkan masukkan ke dalam bagian URL atau menyertakan ke dalam komentar dengan sifat TIDAK AKTIF.
5. Berkomentarlah yang membangun dan bermanfaat untuk orang lain ya :-)
6. JANGAN MENCANTUMKAN NOMOR TELEPON ATAU SEJENISNYA DI DALAM KOMENTAR. UNTUK MENGHINDARI PENYALAHGUNAAN DARI PIHAK LAIN.
7. MOHON UNTUK TIDAK KOMENTAR YANG MENYESATKAN!

Terimakasih atas kerjasamanya demi memajukan website ini,