Jumat, 15 Juli 2022

Rekomendasi Racun Rumput Yang Tidak Mematikan Padi

Rumput merupakan salah satu gulma tanaman padi yang dapat dipastikan ada keberadaannya pada lahan yang ditanami padi. Jika dibiarkan, keberadaan gulma rumput tersebut dapat membahayakan kondisi tanaman padi, terlebih lagi akan menurunkan hasil panen.

Rekomendasi Racun Rumput Yang Tidak Mematikan Padi

Seringkali para petani menggunakan racun rumput untuk membasmi gulma rumput yang tumbuh bersama padi. Ada banyak sekali racun rumput yang dijual secara bebas di toko-toko pertanian. Tetapi untuk memilih racun rumput yang tepat untuk tanaman padi tentu harus mempertimbangkan efeknya terhadap tanaman padi yang ada.

Rekomendasi Racun Rumput Yang Tidak Mematikan Padi

Berikut ini adalah pembahasan tentang rekomendasi racun rumput yang tidak mematikan padi ketika digunakan dengan dosis yang tepat. Ada banyak sekali produknya, ada yang sistemik dan ada pula yang kontak.

Dosis penggunaan yang tepat dari racun rumput yang tidak mematikan padi ini terdapat dalam aturan pakai dari masing-masing produk. Biasanya aturan pakai tersebut tertempel pada kemasan masing-masing produk. Jadi kami sarankan untuk membaca seluruh ini aturan pakai dari produk yang kalian pilih untuk membasmi rumput tanpa mematikan padi.

Untuk rekomendasi, berikut ini beberapa merk racun rumput yang tidak mematikan padi.

1. Ricestar Xtra 89 OD

Produk dari PT. Buyer Indonesia ini sudah sangat terkenal sekali di kalangan petani Indonesia. Ricestar Xtra 89 OD sering menjadi pilihan utama untuk mengendalikan gulma rumput pada lahan padi.

Produk yang telah terdaftar di Kementerian Pertanian ini bentuknya berupa larutan dalam minyak berwarna putih keruh yang dapat disuspensi dalam air. Ricestar Xtra 89 OD mengandung bahan aktif etoksisulfuron 20 g/l dan fenoksaprop-p-etil 69 g/l. Produk ini termasuk dalam racun rumput sistemik sehingga lebih efektif untuk jangka panjang.

Penggunaan racun rumput Ricestar Xtra 89 OD dengan dosis yang benar tidak akan mematikan tanaman padi kesayangan kalian. Dosis aturan pakai terdapat dalam kemasan produk ini. Tersedia dalam dua kemasan, yaitu kemasan 100 ml dan kemasan 250 ml. Harga Ricestar Xtra 89 OD mulai dari Rp55.000 per botol.

2. Topshot 60 OD

Produk herbisida kualitas unggul ini diproduksi oleh PT. Dow AgroSciences Indonesia. Mengandung bahan aktif Penoksulam 10 g/l dan Butil Sihalofop 50 g/l.

Topshot 60 D telah terdaftar di Kementerian Pertanian sebagai racun rumput dengan kualitas unggul. Obat rumput lahan padi ini bentuknya berupa larutan dalam minyak berwarna putih pekat dan dapat larut sempurna bersama air.

Penggunaan racun rumput merk Topshot 60 D dengan dosis yang tepat dapat membantu mengendalikan pertumbuhan rumput tanpa mematikan padi. Dosis aturan pakai terdapat pada label kemasan. Tersedia dalam dua kemasan jual, yaitu kemasan 250 ml dan kemasan 500 ml. Harga Topshot 60 OD mulai dari Rp95.000 per botol.

3. Starmin 865 SL

Produk herbisida unggul ini diproduksi oleh PT. Petrokimia Kayaku dan telah terdaftar di Kementerian Pertanian. Starmin 865 SL mengandung bahan aktif 2,4-D dimetil amina 865 g/l.

Starmin 865 SL memiliki bentuk formulasi berupa larutan dalam air berwarna coklat tua yang dapat larut sempurna di dalam air.

Penggunaan obat pembasmi gulma rumput Starmin 865 SL sesuai dosis yang dianjurkan dapat membatu membasmi gulma rumput yang merepotkan di lahan pertanian padi tanpa mematikan tanaman padi yang ada. Dosis aturan pakai tertuang pada label kemasan. Tersedia dalam tiga kemasan jual, yaitu kemasan 200 ml, kemasan 400 ml, dan kemasan 1000 ml. Harga Starmin 865 SL mulai dari Rp25.000 per botol.

4. Benfuron 12/18 WP

Produk racun rumput untuk lahan padi ini diproduksi oleh PT. Multi Sarana Indotani dengan merek dagang Cap Kapal Terbang. Produk ini telah terdaftar resmi di Kementerian Pertanian sehingga aman untuk digunakan.

Benfuron 12/18 WP mengandung bahan aktif sodium bispiribak 18% dan bensulfuron 12%. Produk racun rumput ini memiliki formulasi dalam bentuk tepung yang dapat disuspensikan bersama air.

Membasmi rumput penggangu padi dapat dilakukan dengan efektif menggunakan obat ini. Dengan dosis yang tepat, pertumbuhan rumput dapat dikendalikan sehinggal tidak mengganggu pertumbuhan tanaman padi. Aturan pakai telah dicantumkan pada kemasan produk. Tersedia tiga kemasan juga, yaitu kemasan 5 gr, kemasan 25 gr, dan kemasan 100 gr. Harga Benfuron 12/18 WP mulai dari Rp40.000 per kemasan.

5. Lindomin 865 SL

Racun rumput tanpa efek samping pada tanaman padi ini adalah salah satu dari produk dari PT. Nufarm Indonesia. Lindomin 865 SL telah terdaftar di Kementerian Pertanian sehingga dapat menjadi rekomendasi untuk membasmi rumput di lahan pertanian padi.

Lindomin 865 SL mengandung bahan aktif 2,4-D dimetil amina 865 g/l. Produk ini memiliki formulasi berbentuk larutan dalam air berwarna coklat tua yang dapat larut sempurna dalam air. Lindomin 865 SL ini termasuk dalam kategori herbisida sistemik.

Menggunakan Lindomin 865 SL untuk membasmi rumput pada lahan tanaman padi sangat aman dilakukan sesuai dengan dosis anjuran. Aturan dosis pemakaian ada pada label kemasan. Tersedia tiga kemasan jual, yaitu kemasan 200 ml, kemasan 400 ml, dan kemasan 1000 ml. Harga Lindomin 865 SL mulai dari Rp33.000 per botol.

6. Tabas 400 SC

Produk racun rumput ini dibuat oleh PT. Deltargro Mulia Sejati dan sudah terdaftar di Kementerian Pertanian sebagai herbisida unggulan.

Tabas 400 SC mengandung bahan aktif natrium bispiribak 400 g/l. Obat rumput ini memiliki formulasi berbentuk cairan pekat suspensi yang dapat larut sempurna dalam air. Tabas 400 SC ini termasuk dalam kategori obat rumput sistemik.

Penggunaan Tabas 400 SC untuk membasmi rumput pada lahan tanaman padi sangat aman dan tidak mematikan tanaman padi ketika digunakan sesuai dengan dosis yang benar. Aturan pemakaian dosis terdapat dalam label kemasan. Tersedia empat kemasan jual, yaitu kemasan 50 ml, kemasan 100 ml, kemasan 200 ml, dan kemasan 400 ml. Harga Tabas 400 SC mulai dari Rp58.000 per kemasan.

7. Ally Plus 77 WP

Obat pengendali rumput ini dibuat oleh PT. Dupont Agricultural Products Indonesia dan telah terdaftar di Kementerian Pertanian sebagai salah satu produk pembasmi rumput di lahan pertanian. 

Ally Plus 77 WP mengandung bahan aktif etil klorimuron 0.1%, metil metsulfuron 0.7%, dan 2.4D garam natrium 75%. Produk ini memiliki formulasi berbentuk serbuk berwarna putih yang dapat larut sempurna dalam air. Ally Plus 77 WP dapat digunakan sebagai pengendali rumput pra dan purna tumbuh.

Penggunaan Ally Plus 77 WP untuk mengendalikan pertumbuhan rumput pada lahan pertanian sangat aman dan tidak mematikan tanaman padi ketika digunakan sesuai dosis yang benar. Aturan pemakaian dosis tercantum pada label kemasan. Terdapat satu kemasan jual, yaitu kemasan 40 gr. Harga Ally Plus 77 WP mulai dari Rp12.000 per kemasan.

8. Loyant 25 EC

Obat pembasmi rumput di lahan padi ini diproduksi oleh Corteva Agriscience dan sudah terdaftar di Kementerian Pertanian sebagai obat pengendali gulma rumput.

Loyant 25 ECi mengandung bahan aktif florpirauksifen-benzil 25 g/l. Produk ini memiliki formulasi berbentuk cairan pekat yang dapat diemulsikan dengan air. Loyant 25 EC termasuk dalam kategori racun rumput sistemik untuk purna tumbuh.

Penggunaan Loyant 25 EC sesuai dosis yang tepat sangat aman digunakan untuk mengatasi serangan rumput pada lahan tanaman padi. Dosis aturan pakai terdapat pada label kemasan produk. Terdapat satu kemasan jual untuk produk ini, yaitu kemasan 500 ml. Harga Loyant 25 EC mulai dari Rp395.000 per kemasan.

Demikian daftar produk racun rumput yang tidka mematikan padi yang dapat kami rekomendasikan. Pada saranya, penggunaan semua herbisida harus sesuai dengan dosis anjuran akan tidak berdampak negatif pada tanaman padi ketika digunakan.

Penggunaan dosis yang kurang akan berdampak pada pengendalian gulma rumput yang kurang efektif. Dan penggunaan dosis yang berlebihan akan berdampak pada tanaman budidaya yang ada, misal daun tanaman padi menjadi ikut kuning.

Semoga informasi ini dapat menjadi referensi untuk kalian yang ingin mengatasi gulma rumput di lahan pertanian padinya. Semoga bermanfaat!

Belum ada Komentar untuk "Rekomendasi Racun Rumput Yang Tidak Mematikan Padi"

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung dan berikut ini ketentuan komentar yang diperbolehkan :

1. Berkomentar dengan bahasa yang sopan dan tidak SARA.
2. Berkomentar sesuai dengan topik artikel.
3. TIDAK BOLEH memasukkan LINK AKTIF. Karena akan otomatis terhapus komentarnya.
4. Jika ingin menambahkan LINK silahkan masukkan ke dalam bagian URL atau menyertakan ke dalam komentar dengan sifat TIDAK AKTIF.
5. Berkomentarlah yang membangun dan bermanfaat untuk orang lain ya :-)
6. JANGAN MENCANTUMKAN NOMOR TELEPON ATAU SEJENISNYA DI DALAM KOMENTAR. UNTUK MENGHINDARI PENYALAHGUNAAN DARI PIHAK LAIN.
7. MOHON UNTUK TIDAK KOMENTAR YANG MENYESATKAN!

Terimakasih atas kerjasamanya demi memajukan website ini,