Selasa, 03 Maret 2020

Mengatasi Microsoft Excel Blank Saat Membuka File Secara Langsung

Microsoft Excel Blank - Belakangan ini ada sedikit masalah bagi pengguna Microsoft Office 2016 dan Windows 10. Masalah itu adalah Microsoft Office Excel blank saat membuka file secara langsung. Mungkin masalah ini sudah banyak yang mengalami, termasuk Kangje sendiri.
Mengatasi Microsoft Excel Blank Saat Membuka File Secara Langsung

Seingat Kangje, masalah ini mulai kita rasakan pasca update Windows 10, tapi versi berapa dan bulan berapanya lupa. Tapi yang pasti masalah Microsoft Excel blank Kangje alami setelah melakukan update tersebut.

Kondisinya setiap membuka file Excel secara langsung dari Windows Explorer, data file tidak langsung tampil dan Microsoft Excel dalam keadaan blank tanpa ada lembar kerja aktif. Untuk menampilkan datanya, kita harus open lagi untuk kedua kalinya, baru datanya muncul.

Pengalaman Kangje Mengatasi Microsoft Blank Saat Membuka File

Setelah beberapa minggu bahkan beberapa bulan bertahan dengan kondisi itu, akhirnya Kangje merasa gerah juga dan ingin mengatasi masalah tersebut. Cari solusi ke sana dan ke sini, berbagai tips di internet juga sudah Kangje coba, tapi hasilnya masih belum memuaskan.

Akhirnya mulailah bereksperimen sendiri dengan ide-ide yang muncul. Setelah mencoba beberapa ide, akhirnya menemukan sebuah ide yang berhasil mengatasi Microsoft Excel blank saat membuka file secara langsung. Caranya cukup mudah karena tinggal mengganti default apps yang akan membuka file .xls, .xlsx, dan lain-lain yang didukung oleh Microsoft Office Excel.

Untuk kalian yang juga mengalami masalah ini dapat dicoba nih cara Kangje yang satu ini. Langkahnya ada di bawah ini.

  • Buka Windows Explorer dan cari salah satu file dengan ekstensi .xls atau .xlsx yang berisi data yang sudah dibuat kemarin-kemarin.
  • Klik kanan file tersebut dan pilih menu Properties.

Mengatasi Microsoft Excel Blank Saat Membuka File Secara Langsung

  • Pada kotak dialog Properties file, cari bagian Opens with dan klik tombol Change yang ada di sebelah kanannya.

Mengatasi Microsoft Excel Blank Saat Membuka File Secara Langsung

  • Pada tampilan kotak dialog Change seharunya akan muncul beberapa aplikasi yang mungkin mendukung untuk membuka file Excel tersebut. Dan diantaranya terdapat 2 (dua) Microsoft Excel dengan pembedaan warna background ikonya. Microsoft Excel yang satu dengan background hijau terang (muda) dan yang satunya lagi dengan background hijau gelap (tua).
Ketika Kangje mengalami masalah ini, secara default opens with file Excel ini menggunakan Microsoft Excel dengan background hijau muda. Kemudian coba Kangje pindah menjadi yang warna hijau tua.
Mengatasi Microsoft Excel Blank Saat Membuka File Secara Langsung

  • Kemudian tekan tombol Apply dan OK.


Sampai di sini langkahnya sudah selesai, coba kalian buka file yang tadi apakah sudah bisa langsung muncul atau belum? Semoga sudah bisa ya!

Perlakukan ini tidak perlu setiap file, tetapi perlakukan ini berlaku untuk setiap tipe ekstensi file yang didukung oleh Microsoft Excel.

Jadi seperti ini, jika kalian sudah mengganti Opens with pada file Excel dengan ekstensi .xls maka efeknya hanya berlaku untuk tipe ekstensi itu saja, jadi untuk ekstensi .xlsx tidak akan terpengaruh.

Agar file Excel dengan ekstensi .xlsx juga dapat langsung terbuka silahkan cari file dengan ekstensi .xlsx dan lakukan langkah di atas sama persis.

Hal ini juga berlaku untuk semua tipe file yang didukung oleh Microsoft Excel. Jadi intinya, tips ini berlaku untuk setiap tipe file yang didukung oleh Microsoft Excel.

Jika kalian belum tahu tipe file/ekstensi file yang ada, kalian dapat menampilkan ekstensinya terlebih dahulu. Jika belum tahu caranya silahkan baca artikel kita tentang Cara Menampilkan Ekstensi File Di Windows 10.

Tutorial ini juga tersedia di Youtube, silahkan dicek ya!

Jika cara ini masih belum berhasil, di kesempatan berikutnya kami akan tuliskan beberapa cara yang dapat dicoba untuk mengatasi Microsoft Excel blank saat membuka file secara langsung.

Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Belum ada Komentar untuk "Mengatasi Microsoft Excel Blank Saat Membuka File Secara Langsung"

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung dan berikut ini ketentuan komentar yang diperbolehkan :

1. Berkomentar dengan bahasa yang sopan dan tidak SARA.
2. Berkomentar sesuai dengan topik artikel.
3. TIDAK BOLEH memasukkan LINK AKTIF. Karena akan otomatis terhapus komentarnya.
4. Jika ingin menambahkan LINK silahkan masukkan ke dalam bagian URL atau menyertakan ke dalam komentar dengan sifat TIDAK AKTIF.
5. Berkomentarlah yang membangun dan bermanfaat untuk orang lain ya :-)
6. JANGAN MENCANTUMKAN NOMOR TELEPON ATAU SEJENISNYA DI DALAM KOMENTAR. UNTUK MENGHINDARI PENYALAHGUNAAN DARI PIHAK LAIN.
7. MOHON UNTUK TIDAK KOMENTAR YANG MENYESATKAN!

Terimakasih atas kerjasamanya demi memajukan website ini,