Tuesday, July 23, 2019

Menampilkan File Hidden Di Windows 10 Melalui Beberapa Cara

Menampilkan File Hidden Di Windows 10 Pernah mengalami file atau folder tiba-tiba hilang di dalam sebuah drive Windows 10 kalian? Jika pernah mengalami, bisa jadi file atau folder tersebut hilang terhapus atau hilang tersembunyi (hidden).

Jika terhapus mungkin masih bisa dicari-cari pada bagian Recycle Bin. Selama kotak Recycle Bin ini tidak dikosongkan, file atau folder yang terhapus masih bisa diselamatkan. Tetapi jika sudah dikosongkan berarti harus melakukan recovery data jika ingin file atau folder tersebut kembali.

Tetapi jika kalian tidak merasa telah menghapus file atau folder tersebut dan sekarang tidak ada, kemungkinan besar file atau folder tersebut sudah tersembunyi (hidden).

Penyebab umum file/folder ter-hidden adalah memang sengaja di-hidden atau telah mengalami serangan virus.

Membedakan dua penyebab ini sangat mudah. Jika sebabnya adalah sengaja di-hidden, berarti tidak ada file/folder duplikasi yang kalian tak pernah merasa membuatnya. Sedangkan jika telah mengalami serangan virus, maka file/folder akan terduplikasi dengan identitas tambahan.

Contoh: ada folderdata penting”. Jika terkena virus makan aka nada folder lain, biasanya bernama “copy of data penting”. Dan folderdata penting” yang asli akan tersebunyi.

Masalah ini paling sering muncul pada data yang tersimpan di Flashdrive atau Flashdisk. Karena memang sering colok sana-sini yang kemungkinan terkena serangan virus sangat besar.
Menampilkan File Hidden Di Windows 10 Melalui Beberapa Cara

Menampilkan File Hidden Di Windows 10 Melalui Beberapa Cara

Nah, jika kalian mengalami masalah tersebut dan penasaran dengan posisi file/folder aslinya bisa melakukan beberapa cara di bawah ini untuk menampilkan file/folder hidden di Windows 10.

Ada beberapa cara yang dapat kalian lakukan untuk menampilkan atau bahkan mengembalikan file yang semua ter-hidden menjadi tampil seperti sediakala.

Tampilkan File Hidden Melalui Fitur Windows Explorer

Di Windows 10 atau Windows versi mana saja pasti memiliki fitur penting yang bernama Windows Explorer. Fitur ini berfungsi untuk menejemen file dan penyimpanan (harddisk).

Melalui fitur inilah kalian akan melihat daftar file/folder yang ada di sebuah drive. Dan jika file/folder tersebut ter-hidden makan tidak akan dapat dilihat dalam keadaan pengaturan default Windows Explorer.

Untuk menampilkan file hidden melalui Windows Explorer ini langkahnya sangat mudah.
  1. Buka Windows Explorer (tombol Windows + E).
  2. Buka drive tempat file yang diduga tersembunyi (file hidden).
  3. Klik menu View pada Windows Explorer.
  4. Klik opsi Hidden Items agar muncul tanda centang di bagian checkbox.
  5. File/folder yang ter-hidden akan muncul seketika.

Hasil dari cara ini bersifat lokal saja dalam satu komputer yang diatur Windows Explorer-nya. Jadi ketika pindah komputer yang lain maka hasilnya file/folder akan tetap ter-hidden.

Tampilkan File Hidden Melalui Command Prompt (CMD)

Cara lain untuk menampilkan file hidden di Windows 10 adalah dengan mengetikkan perintah tertentu pada Command Prompt (CMD).

Cara ini memang agak sedikit rumit dan hapal kode perintahnya, tapi tidak ada salahnya dicoba juga. Langkah-langkahnya sebagai berikut:
  1. Tekan tombol Windows + R yang ada di keyboard.
  2. Kotak dialog RUN akan muncul, ketikkan CMD kemudian tekan Enter pada keyboard.\
  3. Akan tampil kotak dialog warna hitam dengan sedikit tulisan bernama Command Prompt.
  4. Masuk ke drive di mana file/folder ter-hidden berada. Misal Flashdisk ada di drive F. Kalian ketikkan perintah “F:” dan tekan Enter. (tanpa tanda petik)
  5. Setelah masuk ke drive yang dituju, ketikkan perintah “dir /ahs /s”, lalu tekan Enter. (tanpa tanda petik)
  6. Lanjutkan dengan mengetikkan perintah “attrib -r -a -s -h /s /d”, lalu tekan Enter. (tanpa tanda petik)
  7. Selesai dan lihatlah drive F kalian melalui Windows Explorer. File/folder yang ter-hidden akan tampil.

Selain kedua cara di atas, masih ada acara lain untuk mengembalikan file hidden di Windows 10. Cara ini untuk menangani file hidden yang disebabkan oleh virus.

Cara Mengembalikan File Hidden Di Windows 10 Karena Serangan Virus

Kita pasti sering mendengan nama Virus Shortcut. Virus inilah yang biasanya menduplikasi file/folder dan kemudian menyembunyikan file/folder aslinya.

Virus ini sudah lama ada dan sudah sangat sering menyerang data pengguna komputer. Sebenarnya tidak terlalu berbahaya virus ini, tetapi lama-lama juga akan memberatkan sistem komputer.

Indikasi serang virus ini adalah adanya nama file atau foldercopy of shortcut” ketika drive di buka. Sebaiknya segera tutup Windows Explorer agar serangan tidak merambah. Kemudian langsung ambil tindakan untuk menghilangkannya.

Cara menghilangkannya bisa dengan memanfaatkan antivirus lokan maupun internasional. Untuk antivirus lokal yang ringan dan mampu menghilangkan virus shortcut dan mengembalikan file hidden adalah Smadav. Sedangkan mayoritas antivirus internasional sudah mampu melalukan hal tersebut.

Selain dengan menggunakan antivirus, kalian juga bisa memanfaatkan fitur RUN untuk mengembalikan file hidden dan kemudian menghapus manual file/folder copy of shortcut.
  1. Pertama kalian buka fitur RUN dengan menekan tombol Windows + R di keyboard.
  2. Pada tampilan RUN, langsung saja kalian ketikkan perintah “-s -r -h /s /d”, lalu tekan Enter.
  3. Masuk ke Windows Explorer dan masuk ke drive yang tadi terserang virus shortcut.
  4. Lihatlah, apakah file/folder yang asli sudah tampil semua atau belum. Jika sudah, silahkan kalian hapus file/folder dengan nama “copy of shortcut”.

Biarpun manual, tapi cara ini cukup efektif untuk menghentikan pergerakan virus shortcut dan mengembalikan file hidden yang disebabkannya.

Selamat mencoba dan semoga berhasil. Jika mengalami kesulitan silahkan hubungi kami melalui Kontak Kami atau melalui kolom komentar di bawah artikel ini.

Semoga bermanfaat!
Advertisement

Terimakasih telah berkunjung dan berikut ini ketentuan komentar yang diperbolehkan :

1. Berkomentar dengan bahasa yang sopan dan tidak SARA.
2. Berkomentar sesuai dengan topik artikel.
3. TIDAK BOLEH memasukkan LINK AKTIF. Karena akan otomatis terhapus komentarnya.
4. Jika ingin menambahkan LINK silahkan masukkan ke dalam bagian URL atau menyertakan ke dalam komentar dengan sifat TIDAK AKTIF.
5. Berkomentarlah yang membangun dan bermanfaat untuk orang lain ya :-)
6. JANGAN MENCANTUMKAN NOMOR TELEPON ATAU SEJENISNYA DI DALAM KOMENTAR. UNTUK MENGHINDARI PENYALAHGUNAAN DARI PIHAK LAIN.
7. MOHON UNTUK TIDAK KOMENTAR YANG MENYESATKAN!

Terimakasih atas kerjasamanya demi memajukan website ini,
:) :( hihi :-) :D =D :-d ;( ;-( @-) :P :o -_- (o) :p :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ $-) (y) (f) x-) (k) (h) cheer lol rock angry @@ :ng pin poop :* :v 100