Selasa, 07 April 2020

Apa Sih Fungsi ALT F4 Pada Sistem Operasi Windows?

Mungkin pertanyaan inilah yang akan muncul bagi beberapa pengguna sistem operasi Windows. Jawabannya sebenarnya cukup simple, fungsinya yaitu untuk menutup. Lalu menutup apa? Pertanyaan inilah yang perlu penjelasan lebih lanjut.
Apa Sih Fungsi ALT F4 Pada Sistem Operasi Windows?

Untuk meredakan kegundahan kalian dengan pertanyaan apa sih sebenarnya fungsi dari tombol kombinasi ALT + F4 ini. Kali ini Kangje luangkan waktu khusus untuk menjelaskan perkara ini.

Penjelasan Dari Fungsi ALT F4 Pada Sistem Operasi Windows

Tombol kombinasi ALT + F4 ini merupakan salah satu dari sekian banyak tombol kombinasi yang disediakan secara default oleh Windows. Sebutan kerennya sih Hotkeys.

Kombinasi tombol ini merupakan shortcut dari sebuah perintah. Kalian pasti tahu kan artinya shortcut? Ya, shortcut dapat diartikan juga "jalan pintas".

Jadi, dengan memanfaatkan shortcut tersebut, yang salah satunya adalah ALT F4, maka kalian akan mengintruksikan sebuah perintah secara cepat. Kalian tak perlu klik sana, klik sini untuk perintah tersebut. Cukup dengan menekan tombol kombinasi tersebut, makan perintah akan dieksekusi.

Lalu secara spesifik, apa fungsi ALT F4 itu?

Fungsi 1: Menutup Aplikasi Berjalan

Fungsi spesifik dari tombol kombinasi ini adalah untuk menutup aplikasi yang sedang berjalan (dibuka) secara cepat. Aplikasi yang ditutup adalah aplikasi yang saat ini aktif di layar paling depan.

Jadi, jika ada beberapa aplikasi yang sedang berjalan (kalian buka), maka aplikasi yang akan tertutup adalah yang berada paling depan di layar (yang sedang kamu operasikan).

Jika kalian tekan tombol kombinasi ini beberapa kali, maka beberapa aplikasi akan tertutup secara berurutan.

Fungsi 2: Menampilkan Dialog Windows Shutdown

Fungsi ALT F4 yang lainnya adalah untuk memunculkan dialog Windows Shutdown.

Fungsi ini akan berjalan ketika sudah tidak ada lagi aplikasi yang berjalan di Windows dan kalian masih menekan tombol kombinasi ALT F4. Kotak dialog Windows Shutdown akan muncul dan kalian dapat memilih operasinya, yaitu: Shutdown, Restart, atau Log Off.

Itulah 2 fungsi ALT F4 yang ada di sistem operasi Windows. Silahkan kalian coba, tapi saran kita jangan lupa untuk menyimpan terlebih dahulu dokumen yang kalian buat sebelum mencoba tombol Hotkeys ini.

Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Belum ada Komentar untuk "Apa Sih Fungsi ALT F4 Pada Sistem Operasi Windows?"

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung dan berikut ini ketentuan komentar yang diperbolehkan :

1. Berkomentar dengan bahasa yang sopan dan tidak SARA.
2. Berkomentar sesuai dengan topik artikel.
3. TIDAK BOLEH memasukkan LINK AKTIF. Karena akan otomatis terhapus komentarnya.
4. Jika ingin menambahkan LINK silahkan masukkan ke dalam bagian URL atau menyertakan ke dalam komentar dengan sifat TIDAK AKTIF.
5. Berkomentarlah yang membangun dan bermanfaat untuk orang lain ya :-)
6. JANGAN MENCANTUMKAN NOMOR TELEPON ATAU SEJENISNYA DI DALAM KOMENTAR. UNTUK MENGHINDARI PENYALAHGUNAAN DARI PIHAK LAIN.
7. MOHON UNTUK TIDAK KOMENTAR YANG MENYESATKAN!

Terimakasih atas kerjasamanya demi memajukan website ini,