Saturday, July 21, 2018

[SOLVED] Memperbaiki Network Adapter Windows 10 Tidak Bisa Ganti IP Address

Kangje.com Pernahkan kalian mengalami masalah dengan network adapter di Windows 10? Seperti apa masalah yang pernah kalian alami, apakah seperti yang Kangje temui kemarin? Salah satu laptop teman Kangje mengalami masalah network adapter tidak bisa ganti IP Address. Masalah ini terjadi untuk semua network adapter (Ethernet dan Wireless).

Masalahnya dimulai dari tidak bisa setting IP address static pada adapter Ethernet maupun wireless. Setiap diganti dan pengaturan ditutup, hasilnya akan reset kembali ke DHCP (obtain).

Dan anehnya ketika dicek pengaturan melalui command prompt (ipconfig /all), ada begitu banyak IP address, gateway, dan DNS yang terdapat di semua adapter network.

Sudah beberapa kali Kangje coba ganti IP address static, tapi hasilnya tetap nol besar. Semua pengaturan kembali ke DHCP.

Sudah Kangje coba Reset Winsock, yang di Windows 7 cukup membantu untuk mengatasi masalah network adapter. Tapi masih belum juga membuahkan hasil sama sekali.

Sudah dicoba Disable dan Enable network adapter, tapi hasilnya juga sama saja. IP address, gateway, dan DNS masih muncul banyak sekali.
Memperbaiki Network Adapter Windows 10 Tidak Bisa Ganti IP Address

Memperbaiki Network Adapter Windows 10 Tidak Bisa Ganti IP Address

Browsing sana, browsing sini, mencari cara mengatasi network adapter Windows 10 tidak bisa ganti IP address. Rata-rata cara yang disarankan adalah reset Winsock yang pernah Kangje coba sebelumnya dan tidak membuahkan hasil.

Akhirnya Kangje coba cari sendiri melalui menu setting Windows 10.

Awalnya berfikiran untuk Reset Windows, yang itu akan mengembalikan semua setting awal Windows 10. Dengan kata lain, Kangje juga akan kehilangan semua aplikasi yang sudah terinstal.

Karena tidak ingin repot install aplikasi lagi, akhirnya niat untuk Reset Windows Kangje urungkan dulu. Coba mencari-cari cara lain yang bisa lebih efektif dan menyelesaikan masalah.

Dan akhirnya Kangje menemukan solusinya dan hasilnya network adapter kembali normal. IP address, gateway, dan DNS yang sebelumnya berjibun sekarang sudah hilang dan hanya ada IP address, gateway, dan DNS dari network yang konek saja.
Langkah mengatasi masalah network adapter Windows 10 bermasalah

Langkah mengatasi masalah network adapter Windows 10 bermasalah ini Kangje bagikan pada kalian di dalam artikel ini. Ikuti langkah-langkah berikut ini jika kalian mengalami masalah yang sama atau hampir sama yang masih berkaitan dengan network adapter di Windows 10.
  1. Buka menu Settings Windows 10.
  2. Pilih menu Update & Security yang ada di dalamnya.
  3. Pilih menu Troubleshoot yang ada di barisan sebelah kiri.
  4. Silah bilah sebelah kanan dari menu Troubleshoot. Pada bagian kelompok Find and fix other problems, klik Network Adapter.
  5. Klik tombol Run the troubleshooter yang ada di bawahnya.
  6. Pada tampilan window Select the network adapter to diagnose, pilih All network adapters dan klik tombol Next.
  7. Ketika muncul pilihan Apply this fix, kalian klik saja pilihan tersebut. Proses perbaikan network adapter akan berlangsung dan tunggu sampai selesai.
  8. Jika proses sudah selesai, silahkan klik tombol Close.

Sampai di sini laptop teman Kangje sudah kembali normal. Network adapter kembali normal, bisa diatur IP address statik.

Jika kalian masih belum berhasil, coba setelah proses selesai kalian restart Windows. Dan coba lagi setelah hidup kembali.

Jika kalian mengalami masalah lain dan perlu bantuan kita, silahkan tuliskan di kolom komentar atau halaman kontak kami.

Itu tadi pengalaman Kangje dalam Memperbaiki Network Adapter Windows 10 Tidak Bisa Ganti IP Address. Semoga membantu kalian yang juga mengalaminya dan selamat mencoba.
Advertisement

Terimakasih telah berkunjung dan berikut ini ketentuan komentar yang diperbolehkan :

1. Berkomentar dengan bahasa yang sopan dan tidak SARA.
2. Berkomentar sesuai dengan topik artikel.
3. TIDAK BOLEH memasukkan LINK AKTIF. Karena akan otomatis terhapus komentarnya.
4. Jika ingin menambahkan LINK silahkan masukkan ke dalam bagian URL atau menyertakan ke dalam komentar dengan sifat TIDAK AKTIF.
5. Berkomentarlah yang membangun dan bermanfaat untuk orang lain ya :-)
6. JANGAN MENCANTUMKAN NOMOR TELEPON ATAU SEJENISNYA DI DALAM KOMENTAR. UNTUK MENGHINDARI PENYALAHGUNAAN DARI PIHAK LAIN.
7. MOHON UNTUK TIDAK KOMENTAR YANG MENYESATKAN!

Terimakasih atas kerjasamanya demi memajukan website ini,
EmoticonEmoticon