Tuesday, June 26, 2018

[SOLVED] Cara Mengatasi Windows 10 Update Failed To Install

Kangje.com - Windows 10 adalah versi sistem operasi Windows yang paling sering update. Terjadwal dalam setahun akan mengalami 2 kali mayor update (update besar) dan beberapa kali dalam sebulan minor update (update kecil). Secara umum, proses update Windows 10 itu sangat mudah, berlangsung otomatis, dan silent download. Akan tetapi dalam kenyataannya, beberapa pengguna mengalami masalah Windows 10 update failed to install.

Jika masalah Windows 10 update failed to install terjadi, maka update tidak berlangsung dengan baik. Akibatnya proses update akan terulang dan berulang kali tanpa ada ujung keberhasilan.

Penyebab masalah ini cukup beragam, mulai dari corrupt download sampai error master update Windows-nya. Tetapi yang paling umum menjadi penyebab Windows 10 update failed to install adalah error database update. Begitu yang dikatakan teknis Microsoft di group Windows 10.

Cara Mengatasi Windows 10 Update Failed To Install

Masalah ini sama seperti yang kemarin Kangje alami. Salah satu komputer dengan sistem operasi Windows 10 kami update, karena ada update besar pada bulan April 2018.

Proses download normal sampai 100%, tetapi ketika proses installing update terhenti pada prosentase 16% atau sebelumnya, kemudian muncul tombol minta restart.

Setelah restart ternyata proses update gagal dan kembali download lagi dan proses installing lagi. Dan hasilnya sama, pada prosentase 16% mengalami malasah yang sama dan minta restart. Begitu terus sampai tak terbatas jika dibiarkan.
Cara Mengatasi Windows 10 Update Failed To Install

Untuk mengatasi masalah Windows 10 gagal update, Kangje melakukan beberapa tindakan di komputer tersebut. Dan hasilnya komputer bisa update dengan normal dan selesai sampai akhir.

Untuk kalian semua yang mengalami masalah seperti ini bisa dicoba menggunakan solusi ini. Langkah-langkahnya Kangje tuliskan di bawah ini.

  1. Masuk ke menu Settings.
  2. Pilih menu Update & Security.
  3. Pilih menu Troubleshoot.
  4. Pada kelompok Get up and running, kalian pilih menu Windows Update dan klik tombol Run the troubleshooter yang muncul dibawahnya.
  5. Tunggu prosesnya sampai selesai.

Proses ini akan me-reset dan membesihkan semua histori update kemudian memperbaiki database update yang bermasalah. Dan me-restart service update yang berjalan di Windows 10.

Jika proses sudah selesai semua silahkan kalian restart komputernya.

Dan setelah hidup kembali silahkan koneksikan ke internet dan lakukan proses update seperti biasa.

Setelah melalui cara ini, komputer Kangje sudah bisa update secara normali lagi tanpa masalah Windows 10 Update Failed To Install atau stag update ketika restart. Semoga untuk komputer kalian juga bisa berhasil.

Cara ini adalah saran dari teknisi Microsoft di forum Windows 10 dan sudah banyak yang mencobanya dan berhasil mengatasi Windows 10 gagal update.

Oh ya, fitur troubleshoot ini juga bisa memperbaiki masalah network, printer, dan audio juga. 

Jika pengaturan dan driver sudah terisntal dengan benar tetapi perangkat tersebut tidak bisa berfungsi dengan normal dapat kalian perbaiki dengan cara ini dengan memilih menu yang ada di kelompok Get up and running.

Demikian tips kali ini tentang Cara Mengatasi Windows 10 Update Failed To Install. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Jika mengalami masalah bisa hubungi kami melalui kolom komentar.
Advertisement

Terimakasih telah berkunjung dan berikut ini ketentuan komentar yang diperbolehkan :

1. Berkomentar dengan bahasa yang sopan dan tidak SARA.
2. Berkomentar sesuai dengan topik artikel.
3. TIDAK BOLEH memasukkan LINK AKTIF. Karena akan otomatis terhapus komentarnya.
4. Jika ingin menambahkan LINK silahkan masukkan ke dalam bagian URL atau menyertakan ke dalam komentar dengan sifat TIDAK AKTIF.
5. Berkomentarlah yang membangun dan bermanfaat untuk orang lain ya :-)
6. JANGAN MENCANTUMKAN NOMOR TELEPON ATAU SEJENISNYA DI DALAM KOMENTAR. UNTUK MENGHINDARI PENYALAHGUNAAN DARI PIHAK LAIN.
7. MOHON UNTUK TIDAK KOMENTAR YANG MENYESATKAN!

Terimakasih atas kerjasamanya demi memajukan website ini,
EmoticonEmoticon