Thursday, May 10, 2018

Panjang Ideal Artikel Blog Untuk Beberapa Niche Berbeda

Kangje.com - Panjang artikel menjadi salah satu tolok ukur penting dalam memenangkan hasil pencarian Search Engine. Secara logis, artikel yang panjang memiliki peluang lebih besar muncul dalam hasil pencarian. Karena artikel yang panjang cenderung lebih banyak memuat frase kata kunci yang tersebar di seluruh bagian artikel. Dan seberapa panjangkah artikel yang sudah kalian buat? 300 kata, 500 kata, 1000 kata, atau bahkan lebih?

Untuk menyusun artikel yang panjang memerlukan banyak tenaga untuk berpikir. Selain tenaga, kalian juga perlu banyak pengalaman dan pengetahuan tentang topik yang dibahas untuk dapat dituangkan ke dalam artikel.

Sebagai seorang blogger dan pembuat artikel terus berusaha mencari berapa jumlah kata yang ideal untuk membuat satu artikel.

Panjang Ideal Artikel Blog Untuk Beberapa Niche Berbeda

Untuk membahas soal panjang artikel yang ideal, seorang master SEO Marketer terkenal, Neil Patel, menjelaskan tentang panjang artikel ideal untuk masing-masing niche blog.
Panjang Ideal Artikel Blog Untuk Beberapa Niche Berbeda

Dan menurut penjelasannya, untuk semua niche direkomendasikan dapat menyajikan artikel yang panjang. Jumlah kata dalam artikel menurutnya berbeda-beda untuk setiap niche (topik).

Berikut ini Kangje pelajari dan rangkum dari penjelasan Neil Patel terkait panjang artikel ideal untuk masing-masing niche artikel.

Niche Teknologi Finansial (Financial Technology)

Topik teknologi finansial belakangan ini mengalami peningkatan pesat. Banyak sekali blog yang menyajikan informasi dengan topik ini.

Teknologi finansial adalah salah satu topik dengan pembahasan yang kompleks. Jadi perlu penyajian artikel yang mendalam dan dapat menjawab pertanyaan pembaca.

Rekomendasi panjang artikel minimal untuk topik ini adalah 2.000 - 2.150 kata per artikel.

Jika kalian bisa menulis lebih panjang dari rekomendasi tersebut dengan pembahasan lebih mendalam akan memberikan dampak yang bagus, baik untuk blog maupun pembaca.

Lengkapi artikel dengan data pendukung dari berbagai sumber yang dibutuhkan pembaca. Ini akan menjadi pondasi yang kuat untuk artikel yang kalian buat.

Niche Keuangan (Finance)

Untuk kalian yang mengelola blog bertopik keuangan, kalian harus cukup berpengalaman untuk meyajikan artikel yang rekomended untuk pembaca.

Topik ini konteknya sangat dinamis dan penuh dengan data-data dari pihak lain. Kalian harus sudah terbiasa mengumpulkan dan menyajikan kembali d alam satu konteks artikel yang menarik untuk pembaca.

Rekomendasi panjang artikel minimal untuk topik ini adalah 2.100 - 2.500 kata per artikel.

Jika kalian mampu menyajikan artikel yang lebih panjang dari itu, misalkan sampai 3.000 kata, itu akan jauh lebih baik. Tetapi tidak terlepas dari ketajaman pembahasan yang kalian lakukan.

Data pendukung sangat diperlukan untuk jenis artikel topik ini. Jadi kalian harus mempersiapkan berbagai data pendukung yang valid untuk menguatkan argumen kalian di dalam artikel.

Niche Industri (Manufacturing Industry)

Persaingan artikel dengan topik manufacturing industry sangat tinggi di dalam mesin pencari, Google Search Engine.

Kalian harus bersaing dengan lebih dari ratusan juta website yang menyajikan artikel topik manufacturing.

Kalian harus jeli dalam memilih keywords dan topik pembahasan lebih mendalam dalam penyajian artikel.

Rekomendasi panjang artikel minimal untuk topik ini adalah 1.700 - 1.900 kata per artikel.

Masih tergolong ringan untuk menyajikan artikel dengan fokus topik manufacturing.

Data pendukung seperti gambar dan grafik dapat kalian tambahkan untuk memperkuat informasi yang kalian muat di dalam artikel.

Karena topik industri atau manufacturing ini tergolong kompleks, kalian dapat melihat secara spesifik ke dalam sub bagian topik. Misalkan industri elektronik, chemical, transportasi, dan lain-lain.

Niche Penjualan (Sales / Marketing)

Ini adalah topik yang sangat umum dalam kondisi dunia online seperti ini. Niche Sales mencakup banyak bagian yang dapat dieksploasi.

Tetapi perlu diketahui, tingkat persaingan untuk topik ini sangat tinggi. Apalagi jika terkait untuk salah satu produk umum, persaingannya lebih tajam lagi.

Artikel yang panjang akan sangat membantu untuk menjelaskan detail produk yang dijual secara mendalam. Kalian harus menyajikan penjelasan yang mudah dipahami dan dapat mewakili produk yang kalian jual.

Rekomendasi panjang artikel minimal untuk topik ini adalah 2.500 - 2.700 kata per artikel.

Semakin panjang dan semakin detail kalian membahas sub topik dalam topik ini akan semakin baik untuk pembaca. Dan tentu Search Engine seperti Google akan lebih merekomendasikan artikel kalian dalam hasil pencarian.

Niche Retail (Online Retailing)

Cukup besar kesempatan untuk membangun blog dengan topik ini. Semakin kesini tingkat kebutuhan akan informasi dan pelayanan retail semakin tinggi.

Topik ini meliputi bagian industri retail yang mulai berkembang dan banyak dibutuhkan informasinya. Jika kalian menguasai tentang retail, tidak ada salahnya mencoba membuat sebuah blog dengan fokun konten retail.

Rekomendasi panjang artikel minimal untuk topik ini adalah 1.500 - 1.700 kata per artikel.

Dengan panjang artikel minimal itu kalian bisa menjelaskan dengan detail mengenai kondisi retail yang kalian angkat. Semakin panjang artikel dan semakin mendalam pembahasan akan membantu artikel kalian berada di hasil pencarian utama.

Dukuhlah dengan data-data dari berbagai sumber yang valid untuk membantu meningkatkan kepercayaan pembaca kepada artikel kalian.

Niche Perumahan (Real Estate)

Inilah topik yang bagus dan berpeluang tinggi untuk meraup hasil bagus dari monetize blog.

Artikel dengan topik real estate sangat bagus sekali dalam meningkatkan penghasilan dari PPC seperti Google Adsense.

Dunia real estate semakin berkembang dari tahun ke tahun. Seperti data yang disebutkan oleh Fortune Magazine, real estate global saat ini bernilai lebih dari $217 trilliun. Sunggu nilai yang fantastis dalam dunia bisnis.

Informasi mengenai real estate masih sangat dibutuhkan dan dicari semua orang. Peluang untuk membangun blog dengan topik real estate sangat terbuka lebar dan persaingannya masih cukup ramah.

Rekomendasi panjang artikel minimal untuk topik ini adalah 1.800 - 1.900 kata per artikel.

Jumlah yang masih sangat mudah untuk disusun dengan topik real estate.

Kalian harus dukung artikel dengan data seperti grafik, gambar, dan lain-lain untuk menguatkan argumen dan informasi.

Niche Rumah dan Taman (Home and Garden)

Topik yang lumayan unik dan menggiurkan untuk PPC karena nilai klik iklannya yang tinggi.

Blog yang menggunakan topik ini sudah cukup banyak ditemukan. Persaingan juga cukup padat dan tajam dalam meraih hasil pencarian terbaik di Search Engine.

Blog dengan konten artikel panjang lebih mendominasi hasil utama pencarian. Jadi dapat disimpulkan dengan menulis artikel yang panjang dan pembahasan tajam dapat meraih hasil positif di search engine.

Rekomendasi panjang artikel minimal untuk topik ini adalah 1.100 - 1.200 kata per artikel.

Kangje kira ini sangat mudah untuk membuat artikel topik rumah dan taman dengan panjang itu.

Semakin panjang kalian membuat artikel dan pembahasannya semakin detail dan menjawab apa yang dibutuhkan pembaca akan semakin bagus.

Niche Tech

Topik ini tidak jauh beda dengan topik rumah dan taman.

Kalian harus mempersiapkan artikel dengan data pendukung seperti gambar, ilustrasi, data tabel, dan lain-lain. Tujuannya untuk memberikan pematangan pemahaman kepad apembaca.

Rekomendasi panjang artikel minimal untuk topik Tech adalah 800 - 1.000 kata per artikel.

Sangat direkomendasikan memberikan data gambar sebagai pendukung artikel untuk kategori ini.

Niche Gadgets

Mungkin ini adalah topik yang sulit untuk mengembangkan artikel. Kami kira akan sulit membuat artikel yang pajang untuk topik gadgets.

Tetapi bukan hal yang tidak mungkin juga untuk membuat artikel dengan batas minimal terbaik dengan topik ini.

Rekomendasi panjang artikel minimal untuk topik gadgets adalah 300 - 500 kata per artikel.

Tetapi tidak menutup kemungkinan juga kalian bisa membuat artikel topik gadgets sepanjang 2.000 kata. Dengan teknik dan pengelaman yang bagus tentang gadgets semua itu bisa didapatkan.

Tambahkan data gambar dan lainnya untuk mendukung kualitas artikel yang kalian buat.

Niche Pemasaran/Periklanan (Marketing / Advertising)

Niche ini menuntut kalian menjabarkan artikel sampai panjang lebih dari 2.500 kata.

Untuk membuat artikel sepanjang itu, pemahaman dan pengalaman kalian dipertaruhkan.

Semakin kalian berpengalaman dan pengetahuan bagus tentang marketing dan advertising, semakin mudah kalian membuar artikel yang bagus dengan topik ini.

Rekomendasi panjang artikel minimal untuk topik Marketing / Advertising adalah 2.500 - 3.000 kata per artikel.

Sangat direkomendasikan untuk menggunakan data grafik dan gambar pendukung. Agar informasi yang kalian sampaikan di dalam artikel semakin kuat.

Pembaca akan dengan mudah menemukan apa yang mereka cari jika artikel kalian susun dengan pembahasan yang mendalam.

Niche Kesehatan (Healthcare)

Kami yakin kalian sudah sangat sering menjumpai blog dengan topik ini.

Ini menjadikan persaingannya semakin kuat dan kalian dituntut untuk membuat konten yang bagus agar dapat merebut posisi tratas hasil pencarian mesin pencari.

Selain itu, karena artikel dalam topik ini berkaitan dengan kesehatan sebaiknya tingkat kevalidan data dan sumber perlu diperhitungkan. Jangan sampai salah informasi dan dapat membahayakan pembaca nantinya.

Rekomendasi pannjang artikel minimal untuk topik kesehatan adalah 2.000 - 2.150 kata per artikel.

Ulas artikel secar amendalam mulai dari bahan, cara, penggunaan, efek samping, dan lain-lain. Sertakan gambar untuk memperkuat pemahaman pembaca.

Niche Fashion

Kalian perlu lebih detail menjelaskan di dalam artikel dengan topik fashion.

Agar pembaca tidak kebingungan atau kurang informasi terkait apa yang kalian tulis di dalam artikel, kalian harus menyediakan informasi sedetail mungkin.

Menulis artikel tentang fashion tidak pelu panjang seperti topik kesehatan.

Rekomendasi pannjang artikel minimal untuk topik fashion adalah 800 - 950 kata per artikel.

Menunjukkan gambar dan desain jauh lebih pentih di dalam artikel topik fashion. Jadi kalian harus menyiapkan data seperti itu sebelumnya.

Niche Recruiting

Untuk topik ini sangat bermanfaat untuk kalian yang hobi bermain afiliasi.

Kalian harus menulis sedetail mungkin mengenai apa yang kalian tawarkan untuk merekrut orang lain. Terlabih mengani keuntungan yang akan didapatkan.

Untuk menyampaikan itu kalian akan menulis artikel yang panjang supaya bisa menjelaskan apa yang ada di dalam artikel kalian.

Rekomendasi panjang artikel minimal untuk topik recruiting adalah 900 - 1.000 kata per artikel.

Dukung dengan data-data pengalaman yang menguntungkan dan grafik yang bagus.

Niche Food

Topik ini ada kaitannya juga dengan topik retail.

Jika ingin membangun blog dengan topik ini, kalian ahrus siap bersaing dengan jutaan blog lain yang sudah lebih dulu ada.

Untuk dapat bersaing dan merebut posisi teratas yang perlu kalian lakukan adalah membuat konten yang bagus dan panjang.

Rekomendasi panjang artikel minimal untuk topik makanan adalah 1.400 - 1.900 kata per artikel.

Dukung dengan gambar dan tabel terkait yang ada hubungannya, agar nilai pemahaman dan ketertarikan pembaca bertambah.

Niche Travel

Untuk satu topik ini sangat direkomendasikan menulis secara lengkap dan fokus.

Untuk membangun blog tentang travel kalian bisa memilih beberapa sub topik seperti tempat wisata atau hotel.

Rekomendasi panjang artikel minimal untuk topik travel adalah 1.500 - 1.850 kata per artikel.

Lengkapi dengan data pendukung seperti gambar dan lainnya  agar pembaca lebih tertarik untuk tetap berada di halaman artikel kalian.

Niche Film

Ini mungkin yang agak menguntungkan bagi blogger. Karena menulis artikel tentang film tidaklah sulit.

Rekomendasi panjang artikel minimal untuk topik film adalah 1.500 - 1.700 kata per artikel.

Artikel bisa berupa spoiler dari film yang sedang hits.

Kesimpulan

Menulis artikel dengan jumlah kata yang banyak akan dapat menjelaskan materi secara detail. Dari penjelasan yang detail, pembaca akan menemukan apa yang mereka inginkan dan mudah memahaminya.

Menulis artikel dengan jumlah kata yang banya juga akan lebih disengani oleh searcch engine. Dan kalian pasti sudah tahu apa akibatnya jika disukai oleh search engine.

Nah itulah beberapa niche blog dengan panjang artikel ideal yang dapat kalian pilih dan buat artikelnya.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
Advertisement

Terimakasih telah berkunjung dan berikut ini ketentuan komentar yang diperbolehkan :

1. Berkomentar dengan bahasa yang sopan dan tidak SARA.
2. Berkomentar sesuai dengan topik artikel.
3. TIDAK BOLEH memasukkan LINK AKTIF. Karena akan otomatis terhapus komentarnya.
4. Jika ingin menambahkan LINK silahkan masukkan ke dalam bagian URL atau menyertakan ke dalam komentar dengan sifat TIDAK AKTIF.
5. Berkomentarlah yang membangun dan bermanfaat untuk orang lain ya :-)
6. JANGAN MENCANTUMKAN NOMOR TELEPON ATAU SEJENISNYA DI DALAM KOMENTAR. UNTUK MENGHINDARI PENYALAHGUNAAN DARI PIHAK LAIN.
7. MOHON UNTUK TIDAK KOMENTAR YANG MENYESATKAN!

Terimakasih atas kerjasamanya demi memajukan website ini,
EmoticonEmoticon