Wednesday, April 25, 2018

Cara Cek Akreditasi Kampus Dan Cek Akreditasi Jurusan

Kangje.com - Memilih jurusan atau program studi untuk kuliah perlu banyak perhitungan. Perlu hati-hati memilih mana yang sesuai dengan minat kita dan kualitas jurusan atau program studi. Selain itu kualitas universitas atau kampus juga menjadi pertimbangan utama dalam memilih tempat kuliah. Biasanya Universitas negeri akan lebih diutamakan untuk dipilih.

Berbicara soal kualitas universitas dan kualitas jurusan atau program studi, kita dapat menilainya dari status dan nilai akreditasi yang disandang. Strata akreditasi dinyatakan dengan huruf, di mana huruf A menyatakan strata akreditasi tertinggi. Kita yang ingin berkuliah sebaiknya melihat dulu status akreditasi kampus atau universitas dan status akreditasi jurusan atau program studi.

Sekarang tidaklah sulit untuk mendapatkan informasi akreditasi kampus ataupun akreditasi jurusan. Karena semua orang sudah dapat cek akreditasi kampus dan cek akreditasi jurusan. Cara cek akreditasi kampus dapat kita lakukan melalui website resmi BAN-PT sebagai lembaga Badan Akreditasi Nasional khusus untuk Perguruan Tinggi.
Cara Cek Akreditasi Kampus Dan Cek Akreditasi Jurusan

Cara Cek Akreditasi Kampus Dan Cek Akreditasi Jurusan

Untuk kalian yang ingin mencoba cek akreditasi kampus atau jurusan tempat kuliah atau yang akan dipilih sebagai tempat kuliah, berikut ini kita berikan tutorialnya. Cukup kalian siapkan komputer atau smartphone dan koneksi internet, yang cukup kencang kalau bisa. Kemudian ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Akses website resmi BAN-PT untuk cek akreditasi kampus di alamat URL https://banpt.or.id/direktori/institusi/pencarian_institusi
  • Setelah masuk, coba kalian masukkan nama universitas atau kampus tempat kalian kuliah pada kolom pencarian Perguruan Tinggi. Misalkan dalam tutorial ini kita cari kampus Universitas Negeri Semarang. Maka akan ditampilkan hasil pencarian Universitas Negeri Semarang. Isi datanya seperti Nama Perguruan Tinggi, Peringkat Akreditasi, No. SK, Tahun SK, Wilayah, Tanggal Kedaluwarsa, dan Status Kedaluwwarna. Lihat gambar di bawah ini!
Cara Cek Akreditasi Kampus

Selain bisa cek akreditasi kampus, kalian juga bisa cek akreditasi program studi dari perguruan tinggi tempat kalian kuliah. Caranya kami jelaskan di bawah ini.
  • Akses website resmi BAN-PT untuk akreditasi program studi di alamat URL https://banpt.or.id/direktori/prodi/pencarian_prodi
  • setelah masuk, coba kalian ketikkan nama universitas pada kolom pencarian Perguruan Tinggi. Misalkan dalam tutorial ini kita ketikkan Universitas Negeri Semarang. Maka akan ditampilkan semua program studi yang ada di universitas tersebut lengkap beserta status akreditasinya. Informasi yang ditampilkan meliputi Nama Perguruan Tinggi, Nama Program Studi, Strata Pendidikan, Wilayah, No. SK, Tahun SK, Peringkat Akreditasi, Tanggal Kedaluwarsa, dan Status Kedaluwarsa. Lihat gambar di bawah ini!
Cara Cek Akreditasi Program Studi

Begitu mudah cara cek akreditasi kampus dan program studi. Jadi tidak perlu bingung memilih kampus sebagai tempat kuliah. Di era yang serba internet ini, cek akreditasi universitas tidaklah sulit, tinggal pakai jari semua dapat diketahui.

Demikian artikel tutorial kali ini tentang Cara Cek Akreditasi Kampus Dan Cek Akreditasi Jurusan. Semoga bermanfaat dan selama mencoba. Jika mengalami kesulitan silahkan tuliskan dikomentar, kami akan coba bantu.
Advertisement

Terimakasih telah berkunjung dan berikut ini ketentuan komentar yang diperbolehkan :

1. Berkomentar dengan bahasa yang sopan dan tidak SARA.
2. Berkomentar sesuai dengan topik artikel.
3. TIDAK BOLEH memasukkan LINK AKTIF. Karena akan otomatis terhapus komentarnya.
4. Jika ingin menambahkan LINK silahkan masukkan ke dalam bagian URL atau menyertakan ke dalam komentar dengan sifat TIDAK AKTIF.
5. Berkomentarlah yang membangun dan bermanfaat untuk orang lain ya :-)
6. JANGAN MENCANTUMKAN NOMOR TELEPON ATAU SEJENISNYA DI DALAM KOMENTAR. UNTUK MENGHINDARI PENYALAHGUNAAN DARI PIHAK LAIN.
7. MOHON UNTUK TIDAK KOMENTAR YANG MENYESATKAN!

Terimakasih atas kerjasamanya demi memajukan website ini,
EmoticonEmoticon