Sunday, December 3, 2017

Cara Disable Windows Update Di Windows 10 Service Wuauserv

Kangje.com - Sebenarnya Windows Update itu sangat bermanfaat sekali. Karena dengan adanya fitur Windows Update ini  kita dapat memperoleh update terbaru dari Microsoft untuk Windows kita. Update tersebut biasanya berisi perbaikan-perbaikan dari bugs yang ditemukan sebelumnya. Jadi performa Windows yang kita gunakan akan semakin baik dan aman.
Cara Disable Windows Update di Windows 10 Service Wuauserv
Cara Disable Windows Update di Windows 10 Service Wuauserv

Akan tetapi ada beberapa pengguna sistem operasi Windows yang tidak menghendaki fitur Windows Update ini dan ingin mematikan fitur ini. Alasannya pun ada banyak, seperti penggunaan data internet yang akan tersedot ketika Windows Update berjalan. Apalagi kalau pada saat file updatenya besar, pasti akan memakan banyak kuota.

Cara Disable Windows Update Windows 10 Service Wuauserv

Jika kalian adalah salah satu pengguna Windows yang ingin disable Windows Update feature, kami akan bagikan langkah yang harus kalian tempuh. Ketika Windows Update berjalan akan memasang sebuah proses di Task Manager bernama Wuauserv. Servis inilah yang akan memulai proses Windows Update di komputer Windows kalian. Untuk menonaktifkan Windows Update, terutama Windows 10 kalian dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini.

Langkah pertama, klik tombol Windows yang ada di sudut kiri bawah. Kemudian ketikkan pencarian Services. Perhatikan urutan langkah di gambar berikut ini.
Langkah 1 Cara Disable Windows Update Windows 10 Service Wuauserv
Langkah 1 Cara Disable Windows Update Windows 10 Service Wuauserv

Langkah kedua, hasil dari kalian klik menu Services akan muncul kotak dialog baru yang bernama Services. Di dalam sini kalian harus mencari servis Windows Update. Caranya scroll ke bawah dan nanti aka nada nama servis Windows Update. Hasilnya tampak seperti gambar di bawah ini.
Langkah 2 Cara Disable Windows Update Windows 10 Service Wuauserv
Langkah 2 Cara Disable Windows Update Windows 10 Service Wuauserv

Langkah ketiga, kalau sudah ketemu sekarang kalian harus klik kanan servis Windows Update tersebut dan pilih menu Properties. Perhatikan gambar di bawah ini !
Langkah 3 Cara Disable Windows Update Windows 10 Service Wuauserv
Langkah 3 Cara Disable Windows Update Windows 10 Service Wuauserv

Langkah keempat, setelah kalian klik menu Properties akan muncul kotak dialog baru. Pada tampilan ini kalian harus pilih Disabled dari daftar pilihan di Startup type. Kemudian jika pada bagian Service status yang aktif tombol Stop kalian harus klik tombol Stop dulu. Terakhir klik tombol Apply dan tombol OK. UNtuk lebih jelas perhatikan gambar di bawah ini !
Langkah 4 Cara Disable Windows Update Windows 10 Service Wuauserv
Langkah 4 Cara Disable Windows Update Windows 10 Service Wuauserv

Sampai di langkah ini kalian sudah sukses menonaktifkan servis Windows Update. Jika kalian ingin mengembalikan pengaturan disable Windows Update ke enable Windows Update tinggal kembali ke langkah 1 dan ketika sampai langkah ke-4, pada bagian Startup type kalian pilih Automatic dan klik tombol OK. Sampai  disini kalian sudah berhasil membuat servis Windows Update kembali aktif. Silahkan dicoba dan semoga berhasil, jika ada pertanyaan silahkan tuliskan di komentar.
Advertisement

Terimakasih telah berkunjung dan berikut ini ketentuan komentar yang diperbolehkan :

1. Berkomentar dengan bahasa yang sopan dan tidak SARA.
2. Berkomentar sesuai dengan topik artikel.
3. TIDAK BOLEH memasukkan LINK AKTIF. Karena akan otomatis terhapus komentarnya.
4. Jika ingin menambahkan LINK silahkan masukkan ke dalam bagian URL atau menyertakan ke dalam komentar dengan sifat TIDAK AKTIF.
5. Berkomentarlah yang membangun dan bermanfaat untuk orang lain ya :-)
6. JANGAN MENCANTUMKAN NOMOR TELEPON ATAU SEJENISNYA DI DALAM KOMENTAR. UNTUK MENGHINDARI PENYALAHGUNAAN DARI PIHAK LAIN.
7. MOHON UNTUK TIDAK KOMENTAR YANG MENYESATKAN!

Terimakasih atas kerjasamanya demi memajukan website ini,
EmoticonEmoticon