Tuesday, November 7, 2017

Cara Memasang Iklan Adsense Di Tengah Posting AMP For Wordpress

Kangje.comCara Memasang Iklan Adsense Di Tengah Posting AMP For Wordpress - Bulan Oktober 2017 ada kabar gembira dari Google Adsense untuk para pengguna template AMP for Wordpress karya Ahmed Kaludi dkk. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa saat ini penggunaan template AMP untuk website dan blog sudah sangat marak dilakukan. Hal ini mengikuti apa yang telah diarahkan oleh Google sebagai raksasa mesin pencari, bahwa website yang menggunakan template AMP akan lebih diprioritaskan pada hasil pencarian dari perangkat mobile (smartphone). Dan seperti yang kita ketahui, apalagi kita rasakan sebagai seorang blogger, trafik dari perangkat mobile (smartphone) rata-rata pasti di atas 50% untuk setiap website. Hal inilah yang mendorong banyak blogger dan pemilik website untuk menerapkan template AMP pada setiap website atau blog yang mereka kelola.

Kenapa Harus AMP?

Alasan penggunaan template AMP sangat bermacam-macam. Seperti yang paling banyak dikabarkan oleh setiap blogger bahwa template AMP lebih cepat diakses diperangkat smartphone dibadingkan dengan HTML 5. Dan kenyataannya memang seperti itu saat kalian menggunakan template AMP, loading website akan terasa sangat ringan dan sangat cepat menampilkan konten kalian.

Alasan kedua yang paling banyak dibahas adalah terkait kecintaan mesin pencari seperti Google terhadap template AMP. Karena loading website yang menggunakan template AMP sangat ringan dan cepat, maka crawler mesin pencari seperti Google tidak akan malas menghinggap dan mendata konten website kita. Hal ini sangat berpengaruh sekali terhadap kualitas SEO yang melekat pada website atau blog kalian.
Cara Memasang Iklan Adsense Di Tengah Posting AMP For Wordpress
Cara Memasang Iklan Adsense Di Tengah Posting AMP For Wordpress


Kelemahan Penggunaan AMP pada Blog

Meskipun memiliki keunggulan dalam segi loading, di tahun awal-awal penggunaan template AMP ini tidak sedikit website dan blog yang mengalami masalah. Apalagi blog yang sudah lama menggunakan template biasa dan kemudian diganti menggunakan template AMP. Pasti banyak mengalami masalah terutama pada link dan lain-lain. Jika kalian tertarik mempelajari apa saja kelemahan menggunakan template AMP silahkan baca artikel kami tentang kelemahan menggunakan template AMP pada blog.

Jika kalian masih ingin menggunakan template AMP untuk blog dan website kalian banyak sekali panduan dan teman-teman yang berbaik hati memberikan template AMP secara gratis. Salah satunya adalah kang Ahmed Kaludi dan kawan-kawan yang telah mengembangkan fitur AMP for Wordpress yang terlisensi oleh Google. Bahkan Google sangat merekomendasikan website bermesin Wordpress untuk menggunakan fitur plugin AMP for Wordpress ini.

Kabar Gembira dari Google Adsense untuk Pengguna Template AMP

Bagi kalian yang belum menggunakan silahkan cari tutorial menggunakan plugin AMP for Wordpress yang sudah banyak dibuat oleh rekan-rekan blogger. Sedangkan bagi kalian yang sudah menggunakan plugin AMP for Wordpress ada kabar gembira dari Google Adsense bulan Oktober 2017 ini. Berita gembira  tersebut terkait penempatan iklan yang seperti kita ketahui sangat terbatas.

Pada awal peluncurannya, AMP for Wordpress hanya mengijinkan penempatan iklan di beberapa posisi standar dan tidak memperbolehkan penempatan pada beberapa sisi bagus lainnnya. Seperti penempatan iklan di tengah artikel atau posting seperti saat menggunakan template HTML 5 yang dapat kita atur sesuai keinginan kita. Pada template AMP for Wordpress kita tidak dapat menggunakan plugin penempatan iklan dan mengubah file template untuk injek skrip iklan Adsense. Jika kita tetap memaksa maka akan terjadi error yang terdeteksi pada webmaster dan ini berefek sangat tidak baik untuk kualitas SEO.

Jika kita ingin memasang iklan Adsense di tengah artikel pada AMP for Wordpress maka kita harus membeli plugin AMP for Wordpress Premium dengan harga yang tidak murah. Bagi blogger yang masih pas-pasan harga AMP for Wordpress Premium sangat terasa di kantong.

Kabar gembiranya di akhir bulan Oktober 2017, Google Adsense mengeluarkan sebuah produk yang disebut AMP Auto Ads Beta. Meskipun masih versi Beta saya yakin kalian akan menikmati fiturnya saat ditempelkan di blog dan website AMP for Wordpress. Produk AMP Auto Ads Beta akan membantu mewujudkan keinginan kalian untuk menempatkan iklan Adsense di tengah artikel website AMP for Wordpress. Bahkan istimewanya, jika artikel kalian panjang maka iklan di tengah artikel akan muncul di beberapa bagian secara otomatis.

Cara Mendapatkan Kode AMP Auto Ads Beta untuk Wordpress

Begini tampilan ketika saya melihat pengumuman produk AMP Auto Ads Beta saat saya membuka akun Adsense saya. Tanpa ragu-ragu saya langsung saja klik ACTION pada pengumuman tersebut. Dan saya dibawa masuk ke sebuah halaman pengaturan AMP Auto Ads Beta. Perhatikan gambar 1 !
Cara Memasang Iklan Adsense Di Tengah Posting AMP For Wordpress
Notifikasi Google Adsense untuk Produk AMP Auto Ads Beta

Gambar di bawah ini adalah tampilan pengaturan AMP Auto Ads Beta. Ketika tandanya berwarna biru maka produk ini sudah aktif dan silahkan klik tombol Get Code di bawahnya untuk mengambil kode iklan dan memasangnya. Tenang saja, nanti akan ditunjukkan cara memasang kode iklan ini. Perhatikan gambar 2 !
Cara Memasang Iklan Adsense Di Tengah Posting AMP For Wordpress
Halaman Aktifasi produk Google Adsense AMP Auto Ads Beta

Ketika kalian klik tombol Get Code maka akan muncul lembar popup yang berisi 2 kode dan petunjuk pemasangannya. Ikuti saja apa yang harus dilakukan untuk masing-masing skrip sesuai dengan keterangan yang menyertainya.

Kode pertama ditaruh pada posisi antara tag <head> dan </head>. Sedangkan kode kedua ditaruh pada posisi setelah tag <body>. Perhatikan gambar 3 ! Lalu bagaimana kalian menemukan tag <head> dan tag <body> pada plugin AMP for Wordpress? Simak pada gambar dan langkah berikutnya.
Cara Mendapatkan Kode Iklan AMP Auto Ads Beta Google Adsense
Kode Iklan AMP Auto Ads Beta Google Adsense


Cara Memasang Iklan Adsense Di Tengah Artikel AMP For Wordpress

Langkah pertama, masuk ke dashboard Wordpress kalian kemudian pilih menu AMP yang ada di bawah. Kemudian akan muncul di kolom sebelah kanan daftar menu untuk pengaturan plugin AMP for Wordpress. Kemudian klik menu Setting > Advance Setting. Perhatikan langkah gambar 4 !
Cara Memasang Iklan Adsense Di Tengah Posting AMP For Wordpress
Langkah Pertama Cara Memasang Iklan Adsense Di Tengah Artikel AMP for Wordpress

Langkah kedua, setelah kalian klik Advance Setting maka kolom sebelah kanan akan berubah dan menampilkan beberapa kolom teks. Perhatian cukup tertuju pada bagian kolom teks untuk Enter HTML in Head dan Enter HTML in Body. Masukkan skrip yang tadi diambil dari akun Google Adsense, untuk skrip pertama letakkan pada kolom teks Enter HTML in Head. Kemudian untuk skrip kedua letakkan pada kolom teks Enter HTML in Body. Perhatikan gambar 5 !
Cara Memasang Iklan Adsense Di Tengah Posting AMP For Wordpress
Langkah Kedua Cara Memasang Iklan Adsense Di Tengah Artikel AMP for Wordpress

Langkah ketiga, langkah terakhir adalah klik tombol Save Changes yang ada di bawah halaman. Dan silahkan coba lihat hasilnya dengan mencoba browse website atau blog kalian melalui smartphone. Perhatikan gambar 6 !
Cara Memasang Iklan Adsense Di Tengah Posting AMP For Wordpress
Langkah Ketiga Cara Memasang Iklan Adsense Di Tengah Artikel AMP for Wordpress

Terkait peraturan ketat AMP for Wordpress yang tidak mengijinkan skrip lain ditempelkan pada halaman AMP saya sudah melakukan testing melalui validator resmi AMP https://validator.ampproject.org yang digunakan untuk mengetahui sebuah skrip diijinkan oleh AMP for Wordpress atau tidak. Berikut hasilnya saat saya cek dengan 2 skrip dari Google Adsense AMP Auto Ads Beta.

Saat hanya memasukkan skrip pertama akan masih ada error. Error tersebut menjelaskan bahwa ada skrip di bagian tag <HEAD> teteapi tidak digunakan pada bagian tag <BODY>. Perhatikan gambar 7 !
Cara Cek Validasi Skrip AMP Auto Ads Beta Google Adsense untuk template AMP for Wordpress
Tahap Pertama Validasi Skrip AMP Auto Ads Beta Google Adsense

Setelah skrip kedua dimasukkan ke dalam posisi yang disarankan, yaitu di bagian tag <BODY> maka pesan error tersebut hilang dengan sendirinya dan pesan berubah menjadi "PASS". Ini membuktikan bahwa skrip tersebut aman untuk dipasang di template AMP for Wordpress. Perhatikan gambar 8 !
Cara Cek Validasi Skrip AMP Auto Ads Beta Google Adsense untuk template AMP for Wordpress
Tahap Kedua Validasi Skrip AMP Auto Ads Beta Google Adsense

Pengujian ini membuktikan skrip AMP Auto Ads Beta dari Google Adsense aman digunakan pada website yang menggunakan AMP for Wordpress. Ini merupakan kabar yang sangat baik bagi kita semua  pengguna mesin Wordpress dan pengguna plugin AMP for Wordpress. Selamat mencoba dan semoga berhasil.
Advertisement

Terimakasih telah berkunjung dan berikut ini ketentuan komentar yang diperbolehkan :

1. Berkomentar dengan bahasa yang sopan dan tidak SARA.
2. Berkomentar sesuai dengan topik artikel.
3. TIDAK BOLEH memasukkan LINK AKTIF. Karena akan otomatis terhapus komentarnya.
4. Jika ingin menambahkan LINK silahkan masukkan ke dalam bagian URL atau menyertakan ke dalam komentar dengan sifat TIDAK AKTIF.
5. Berkomentarlah yang membangun dan bermanfaat untuk orang lain ya :-)
6. JANGAN MENCANTUMKAN NOMOR TELEPON ATAU SEJENISNYA DI DALAM KOMENTAR. UNTUK MENGHINDARI PENYALAHGUNAAN DARI PIHAK LAIN.
7. MOHON UNTUK TIDAK KOMENTAR YANG MENYESATKAN!

Terimakasih atas kerjasamanya demi memajukan website ini,
EmoticonEmoticon