Friday, November 10, 2017

Format Contoh Cover Makalah Yang Baik Dan Benar

Kangje.com | Format Contoh Cover Makalah Yang Baik Dan Benar – Cover merupakan bagian dari dokumen yang diletakkan paling depan. Cover bertujuan untuk menarik minat pembaca untuk membuka isi dokumen. Selain itu, cover juga memberikan informasi singkat yang padat daripada isi yang ada di dalam dokumen. Dengan tujuan tersebut maka setiap dokumen tercetak yang memiliki banyak halaman sebaiknya diberikan cover agar pembaca dapat tertarik untuk membuka dan membaca isinya. Terlebih lagi bagi yang membutuhkan agar lebih mudah menemukan apa yang dicari dengan membaca informasi dari cover suatu dokumen.

Dengan fungsi cover yang begitu penting, yaitu mewakili isi dari sebuah dokumen di dalamnya sebaiknya cover disusun dengan format yang baik dan benar. Agar pembaca tidak salah mengerti dari isi yang ada di dalam dokumen. Dengan menyusun format cover yang baik dan benar akan menghindari penyampaian informasi yang kurang tetap bagi para pembaca. Sebut saja yang paling mudah adalah cover makalah. Bagi kalian mahasiswa mungkin akan sangat familier dengan cover makalah ini.

Komponen Cover Makalah Yang Harus Dipenuhi

Di dalam pembuatan cover suatu dokumen memang tidak ada tatanan baku yang menjadi standarisasi. Penyusunan cover ditaruh sepenuhnya pada kreatifitas pembuat dokumen untuk menyampaikan perwakilan dari isi dokumen. Cover yang baik adalah yang sesuai dengan isi dokumen agar tidak membingungkan para pembaca.

Meskipun tidak ada tatanan baku dalam menyusun cover dokumen seperti makalah, ada beberapa komponen penting yang harus ada di dalah sebuah cover dokumen makalah. Komponen tersebut akan memberikan informasi yang baik pada pembaca agar dapat memahami dan membayangkan isi dari dokumen.
Format Contoh Cover Makalah Yang Baik Dan Benar
Format Contoh Cover Makalah Yang Baik Dan Benar

Bagi kalian yang ingin membuat cover dokumen makalah atau dokumen lainnya seperti buku, skripsi, jurnal, dan lain-lain sebaiknya memperhatikan beberapa komponen berikut ini.

Harus ada judul makalah

Bagian utama dari sebuah cover adalah judul dokumen atau makalah. Judu harus diletakkan pada posisi utama yaitu posisi paling atas dan biasanya menggunakan ukuran huruf lebih besar dari lainnya. Untuk contoh cover makalah, ukuran font judul menggunakan font 14 atau 16, full capital lengkap dengan Bold atau cetak tebal. Judul disusun dengan peilihan kata yang tepat dan mewakili isi dari dokumen.

Harus ada tujuan penulisan makalah

Bagian tujuan penulisan makalah diletakkan di bawah judul dengan format penulisan Title Case dan ukuran huruf 12. Tujuan ini berisi untuk apa makalah ini kalian susun, misalkan makalah ini disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah statistik.

Harus ada logo Lembaga atau instansi

Sebuah cover makalah atau dokumen lain serasa kurang lengkap identitasnya jika tidak ada logo dari Lembaga atau instansi tempat kalian membuat makalah. Logo ini berfungsi sebagai identitas umum dan asal-usul makalah atau dokumen. Logo diletakkan di bawah tujuan penulisan makalah atau dokumen. Ukuran logo disesuaikan dengan kebutuhan cover, jangan terlalu besar dan jangant erlalu kecil. Bisa menggunakan logo berwarna maupun logo hitam putih, tetapi sebaiknya menggunakan logo berwarna agar lebih menarik.

Harus ada identitas penulis atau penyusun makalah

Identitas penulis atau penyusun harus disertakan di dalam cover makalah untuk memberikan informasi tentang siapa yang telah menyusun makalah atau dokumen tersebut. Bagian identitas penulis berisi nama terang, NIK atau NIM, dan beberapa informasi lain yang spesifik ke penulis seperti jurusan kuliah atau program studi. Identitas penulis ini diletakkan di bawah logo dengan jeda beberapa spasi enter.

Harus ada identitas Lembaga yang menaungi

Jika kalian menyusun makalah untuk memenuhi tugas sebuah mata kuliah maka kalian harus mencantumkan nama universitas berikut dengan fakultas tempat kalian kuliah. Jika kalian bekerja maka kalian harus mencantumkan nama perusahaan berikut devisi tempat kalian bekerja. Identitas Lembaga ini diletakkan di bawah identitas penulis dengan jeda beberapa enter.

Harus ada alamat Lembaga

Alamat Lembaga disertakan di bawah nama Lembaga atau instansi. Penulisannya yang singkat saja, misalkan nama kabupaten atau kota yang diikuti nama provinsi. Letakkan bagian ini di bawah identitas Lembaga.

Harus ada tahun pembuatan

Tahun pembuatan diletakkan pada posisi paling bawah dari cover makalah. Fungsi dari tahun pembuatan ini untuk memberikan informasi yang pasti kapan dokumen ini dibuat.

Format Contoh Cover Makalah Yang Baik Dan Benar

Nah setelah mengetahui beberapa komponen yang harus ada di dalam sebuah cover makalah, kami harapkan kalian dapat menyusun cover makalah yang baik, benar, dan informatif untuk para pembaca. Jika kalian masih bingung berikut ini kami siapkan contoh cover makalah dengan penyusun individu satu orang dan penyususun kelompok beberapa orang.

Contoh Cover Makalah Penyusun Satu Orang dan Beberapa Orang

Berikut ini saya telah buatkan contoh cover makalah yang disusun sendiri satu orang dan contoh cover makalah yang disusun satu kelompok beberapa orang. Silahkan disesuaikan dengan isi dari makalah yang kalian buat.

Contoh Cover Makalah Penyusun Satu Orang
Contoh Cover Makalah Penyusun Satu Orang
KLIK gambar untuk memperbesar

Contoh Cover Makalah Penyusun Beberapa Orang (Kelompok)
Contoh Cover Makalah Penyusun Beberapa Orang (Kelompok)
KLIK gambar untuk memperbesar

Sedangkan pengatuan secara umum untuk membuat cover makalah seperti margin dan ukuran kertas. Standar pengaturan margin untuk makalah biasanya atas 4 cm, bawah 3 cm, kanan 3 cm, dan kiri 4 cm. Sedangkan untuk ukuran kertas menggunakan kertas A4 atau kuwarto.

Nah setelah mengetahui komponen dan contoh cover makalah yang baik dan benar tersebut diharapkan kalian bisa membuat yang sesuai dengan kebutuhan kalian. Selamat mencoba dan semoga berhasil mengembangkan lagi menjadi lebih bagus.
Advertisement

Terimakasih telah berkunjung dan berikut ini ketentuan komentar yang diperbolehkan :

1. Berkomentar dengan bahasa yang sopan dan tidak SARA.
2. Berkomentar sesuai dengan topik artikel.
3. TIDAK BOLEH memasukkan LINK AKTIF. Karena akan otomatis terhapus komentarnya.
4. Jika ingin menambahkan LINK silahkan masukkan ke dalam bagian URL atau menyertakan ke dalam komentar dengan sifat TIDAK AKTIF.
5. Berkomentarlah yang membangun dan bermanfaat untuk orang lain ya :-)
6. JANGAN MENCANTUMKAN NOMOR TELEPON ATAU SEJENISNYA DI DALAM KOMENTAR. UNTUK MENGHINDARI PENYALAHGUNAAN DARI PIHAK LAIN.
7. MOHON UNTUK TIDAK KOMENTAR YANG MENYESATKAN!

Terimakasih atas kerjasamanya demi memajukan website ini,
EmoticonEmoticon