Friday, November 24, 2017

Coworking Space Sangat Cocok Untuk Mengelola Usaha Mikro

Kangje.com - Memiliki sebuah kantor untuk usaha yang kalian kelola pasti menjadi impian dan tujuan. Tetapi untuk mencapai itu tentu harus membutuhkan modal yang sangat besar. Untuk pengusaha yang baru berdiri (startup founder) dan pengusaha dengan bisnis masih kecil dan sedang dikembangkan mungkin akan mengalami masalah dengan hal ini. Alasannya mungkin karena keterbatasan modal yang dimiliki.

Tetapi di era modern seperti ini keterbatasan modal untuk membangun tempat atau kantor usaha bukanlah alasan untuk mundur menjadi pengusaha. Masih banyak cara untuk memiliki kantor usaha sendiri meskipun modal sangat terbatas. Di Indonesia sekarang ini sedang populer dengan apa yang namanya Coworking Space.

Pengertian Coworking Space

Coworking space telah dimanfaatkan oleh para perintis usaha yang masih memiliki sedikit anggota untuk berkantor. Coworking space adalah tempat atau ruang kerja yang didesain dan diperuntukkan untuk dapat dipakai secara bersama-sama. Dengan kata lain di dalam sebuah tempat Coworking Space biasanya ditempati oleh beberapa pengusaha bersama dengan rekannya. Desain co-working space ini adalah open space, yaitu ruang kerja terbuka yang dihuni oleh banyak orang dengan ide usaha yang berbeda-beda secara-bersama-sama. Kalau kita pikir seperti ketika kita ada di perpustakaan bersama dengan teman-teman dan berada di dalam satu meja besar dan sedang belajar atau membahas sesuatu.

Manfaat Coworking Space

Coworking space menjadi pilihan yang tepat untuk kalian pengusaha yang baru merintis usaha dengan anggota yang masih sedikit. Konsep open space Coworking membuat banyak manfaat bagi seorang pengusaha yang ada di dalamnya.

Manfaat yang pertama adalah kalian dapat menghemat biaya. Karena dengan memanfaatkan Coworking space kalian dapat menekan biaya pengeluaran utuk properti seperti meja, kursi, dll. Karena ketika kalian menyewa ruang kerja bersama ini, pihak pengelola telah menyiapkan segala macam properti yang kalian perlukan di dalam ruangan yang nyaman dan dilengkapi dengan internet. Biaya sewa juga lumayan terjangkau dan dapat kalian sesuaikan dengan budget yang kalian miliki.

Manfaat kedua dari penggunaan Coworking space adalah kalian akan mudah berinteraksi dengan pengusaha lain yang berada di ruangan tersebut. Karena coworking space didesain dengan konsep open space, dimana kalian dapat menjadin hubungan sosial dan bertukar pikiran dengan orang-orang yang ada di dalamnya.
Coworking Space Sangat Cocok Untuk Mengelola Usaha Mikro
Coworking Space Sangat Cocok Untuk Mengelola Usaha Mikro

Keuntungan Menggunakan Coworking Space

Dengan memanfaatkan Coworking Space kalian akan memperoleh banyak keuntungan untuk mengembangkan usaha yang kalian bangun, seperti:

Menghemat Biaya

Harga sewa Coworking dimanapun berada pasti relatif terjangkau untuk semua kalangan, termasuk para startup founder. Jadi untuk langkah penghematan biaya sangat tepat sekali memilih ruang kerja bersama ini. Banyak penyedia layanan ruang kerja bersama di berbagai kota di Indonesia dengan tarif yang sangat murah mulai 50rb per hari.

Menjalin Network Antar Pengguna

Karena coworking dibangun dengan konsep open space makan semua penghuni dapat berinteraksi secara langsung. Melalui interaksi ini kalian dapat bertukar pikiran sampai dengan menjalin kolaborasi antar usaha yang kalian kelola. Dengan berkembangnya network ini maka proses memajukan bisnis kalian juga akan lebih mudah tentunya.

Suasana Kerja Lebih Menyenangkan dan Kondusif

Dengan desain tempat usaha sesuai dengan keinginan maka bekerja akan terasa menyenangkan. Tidak jenuh dengan kursi dan meja saja, kalian juga dapat memilih tipe ruangan lesehan yang nyaman dan mendukung kerjaan kalian.

Menjadi Komunitas Coworking

Dengan membangun usaha di coworking space kalian sudah otomatis menjadi anggota komunitasnya. Dimana kalian akan memperoleh pengembangan jaringan dengan sesama anggota komunitas. Kalian akan memperoleh manfaat yang lebih lagi untuk usaha kalian melalui networking ini.

Selain keuntungan yang disebutkan di atas pasti ada keuntungan lainnya yang akan kalian dapatkan ketika berada di dalam lingkungan kerja Coworking Space. Jadi jika kalian seorang startup founder dengan modal yang sangat terbatas dan ingin memiliki ruang kerja untuk mengoptimalkan kinerja silahkan gunakan Coworking Space. Ada banyak sekali perusahaan yang menyediakan layanan Coworking Space, contohnya adalah Go-Work dan Evhive. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba mengembangkan usaha kalian melalui Coworking Space.
Advertisement

Terimakasih telah berkunjung dan berikut ini ketentuan komentar yang diperbolehkan :

1. Berkomentar dengan bahasa yang sopan dan tidak SARA.
2. Berkomentar sesuai dengan topik artikel.
3. TIDAK BOLEH memasukkan LINK AKTIF. Karena akan otomatis terhapus komentarnya.
4. Jika ingin menambahkan LINK silahkan masukkan ke dalam bagian URL atau menyertakan ke dalam komentar dengan sifat TIDAK AKTIF.
5. Berkomentarlah yang membangun dan bermanfaat untuk orang lain ya :-)
6. JANGAN MENCANTUMKAN NOMOR TELEPON ATAU SEJENISNYA DI DALAM KOMENTAR. UNTUK MENGHINDARI PENYALAHGUNAAN DARI PIHAK LAIN.
7. MOHON UNTUK TIDAK KOMENTAR YANG MENYESATKAN!

Terimakasih atas kerjasamanya demi memajukan website ini,
EmoticonEmoticon