Wednesday, September 20, 2017

Sosok Smartphone Tanpa Bezel Terbaik

Kangje.com - Perkembangan smartphone tidak hanya pada organ dalam dan software saja, melainkan juga segi desain body smartphone. Belakangan ini, di pertengahan tahun 2017, tren smartphone tanpa bezel atau yang lebih keren disebut dengan bezeless. Bezel sendiri merupakan bagian tepian luar layar berupa frame smartphone

Fungsi dari bezel ini adalah untuk penguat struktur body dan melindungi layar dari guncangan dan benturan langsung. Tetapi belakangan bagian yang disebut bezel ini menjadi perhatian serius bagi para pengembang.

Alasan pengembang smartphone terkait bagian bezel ini adlaah pertimbangan untuk lebarnya layar smartphone. Pasalnya, semakin tebal bezel maka akan semakin sempit layar yang ditampilkan dan sebaliknya semakin tipis bezel maka lebar layar bisa dimaksimalkan dan tampak lebih lebar. 

Dengan alasan ini, pada pertengahan tahun 2017, banyak pengembang smartphone terkenal mengeluarkan smartphone dengan bezel yang sangat tipis bahkan sampai hampir tidak ada. Kejadian ini kita kenali dengan istilah bezeless di pertengahan tahun 2017  ini.

Sosok Smartphone Tanpa Bezel Terbaik Tahun 2017

Lalu seperti apa penampilan smartphone bezeless yang sudah dikembangkan dan diluncurkan oleh para produsennya? Berikut ini adalah sosok dari smartphone bezeless dari berbagai merk terbaik tahun 2017 yang berhasil kami rangkum.

Samsung : Galaxy S8 dan S8 Plus

Datang dari perusahaan smartphone raksasa asal Korea Selatan, Samsung Galaxy S8 dan S8 Plus menjadi smartphone pertama dari Samsung yang menggunakan desain bezeless

Smartphone yang memiliki desain Infinity Display ini memiliki screen to body ratio hampir 100%. Hal ini membuat bezel hampir tidak ada dan tidak terlihat. 

Pada Samsung Galaxy S8 memiliki screen to body ratio 84%, sedangkan pada Samsung Galaxy S8 Plus memiliki screen to body ratio 83%.
Samsung Galaxy S8 dan Galaxy S8+
Credit photo : phonearena.com
Bezeless pada Samsung Galaxy S8 dan S8 Plus dialihkan dengan desain premium Edge. Dimana bagian tepi yang biasanya ditempati bezel (frame) sekarang ditempati layar dengan model lengkung yang elegan dan fungsi stabil.

Samsung : Galaxy Note 8

Seperti saudaranya Samsung Galaxy S8 dan Galaxy S8 Plus, Galaxy Note 8 juga menggunakan desain bezeless

Dengan screen to body ratio 83%, sama dengan yang diterapkan pada Samsung Galaxy S8 Plus, Samsung Note 8 tampak memiliki layar yang lebih lebar dan leluasa digunakan pengguna saat berinteraksi dengan menggunakan pen.
Samsung Galaxy Note 8
Credit Photo : cnet.com
Memiliki desain tepian layar melengkung, tetapi lengkungan pada Samsung Galaxy Note 8 tidak setajam pada Samsung Galaxy S8 dan S8 Plus. Sehingga layar tampak lebih lebar lagi dan membuat nyaman saat digunakan.

LG : LG V30

Dari beberapa penilaian secara masal, smartphone LG V30 dipandang menjadi smartphone terbaik yang dikeluarkan oleh LG. 

Smartphone LG V30 memiliki layar selebar 6" dengan mode edge to edge display. Berbicara soal bezel, LG V30 memiliki screen to body ratio 81%, mendekati apa yang dimiliki oleh Samsung Galaxy S8 Plus.
LG V30
Credit photo : androidcentral.com

LG : LG G6

Masih satu perusahaan, LG G6 juga menggunakan model bezeless. Hanya saja, bezeless pada smartphone LG G6 ini tidak sebesar LG V30. 

LG G6 memiliki screen to body ratio sebesar 79,5% dengan layar selebar 5,7 inchi.
LG G6
Credit photo : androidcentral.com

Essential : Essential Phone

Perusahaan yang dimiliki oleh pencipta Android OS, Andy Rubin juga menggunakan model desain bezeless

Smartphone besutan pencipta Android ini memiliki desain ekstra premium dengan desain keramik. Terkait bezel, Essential Phone memiliki screen to body ratio 85%. Sangat tinggi dan berada di atas tingkat bezelles smartphone yang beredar saat ini.
Essential Phone
Credit photo : mobilesyrup.com

Xiaomi : Xiaomi MI MIX

Disebut-sebut sebagai pelopor smartphone bezeless karena telah mengeluarkan smartphone tanpa minim frame pada tahun 2016 lalu. 

Langkah ini menyertai salah satu produk Xiaomi yang terkenal dengan seri Xiaomi Mi MIX. Xiaomi Mi MIX didesain dengan screen to body ratio 84%, sehingga sebutan untuk bezeless pantas disematkan untuk Smartphone Cina ini.
Xiaomi Mi Mix
Credit photo : youtube.com
Nah itu tadi keenam smartphone bezeless terbaik tahun 2017 dari berbagai perusahaan ternama dan menurut Kangje.com adalah yang terbaik. 

Sangat dimungkinkan telah hadir pendatang-pendatang baru dengan desain bezeless, mengingat belakangan ini banyak sekali pendatang baru dalam dunia smartphone yang mengisi pasar mobile di Indonesia.

Menurut kalian mana yang terbaik dari keenam tersebut? Atau justru ada rekomendasi lain dari pengalaman Anda sendiri? Silahkan share untuk yang lain melalui kolom komentar di bawah ini ya. Siapa tahu berguna nanti untuk para penggemar smartphone ketika mau beli. Semoga bermanfaat !
Advertisement

Terimakasih telah berkunjung dan berikut ini ketentuan komentar yang diperbolehkan :

1. Berkomentar dengan bahasa yang sopan dan tidak SARA.
2. Berkomentar sesuai dengan topik artikel.
3. TIDAK BOLEH memasukkan LINK AKTIF. Karena akan otomatis terhapus komentarnya.
4. Jika ingin menambahkan LINK silahkan masukkan ke dalam bagian URL atau menyertakan ke dalam komentar dengan sifat TIDAK AKTIF.
5. Berkomentarlah yang membangun dan bermanfaat untuk orang lain ya :-)
6. JANGAN MENCANTUMKAN NOMOR TELEPON ATAU SEJENISNYA DI DALAM KOMENTAR. UNTUK MENGHINDARI PENYALAHGUNAAN DARI PIHAK LAIN.
7. MOHON UNTUK TIDAK KOMENTAR YANG MENYESATKAN!

Terimakasih atas kerjasamanya demi memajukan website ini,
EmoticonEmoticon