Wednesday, August 30, 2017

Efek Negatif Dari Penggunaan Template AMP Di Blogspot

Kangje.com - AMP atau kependekan dari Accelerated Mobile Pages merupakan penemuan dan pengembangan baru di dunia internet. Pengembangan ini untuk menjawab pesatnya pertumbuhan akses website dan blog melalui perangkat mobile/smartphone. Seperti yang sudah kita ketahui sebagai seorang blogger, AMP sangat amat baik diterapkan pada website dan blog, apapun platformnya. Karena tingkat kecepatan website atau blog yang menggunakan template AMP akan jauh lebih cepat dibandingkan teknologi sebelumnya, termasuk HTML5 yang digadang-gandang memiliki tingkat kecepatan akses yang tinggi. Sudah banyak sekali website-website ternama yang menggunakan template AMP demi kepuasan pegunjungnya. Selain itu website atau blog yang menggunakan template AMP akan memiliki nilai lebih di mata mesin pencari terbesar, Google. Google akan memprioritaskan website dan blog AMP dari hasil pencarian utama lewat perangkat mobile. Penjelasan ini dikeluarkan langsung oleh Google terkait penggunaan AMP pada website dan blog.

Jika sobat semua menggunakan platform Wordpress, penerapan AMP ini tidak akan ada masalah. Karena sudah ada plugin khusus yang bernama AMP for WP karya Ahmed Kaludi dkk. Plugin ini dapat diunduh dan digunakan secara gratis dengan performa dan fitur yang cukup memadahi. Tetapi jika ingin menggunakan fitur yang lebih powerfull bisa dengan membeli versi premiumnya. Sedangkan jika sobat menggunakan platform andalan Google, Blogger atau Blogspot, cara penggunaan AMP adalah dengan menggunakan template AMP. Sudah banyak sekali yang menjual atau bahkan membagikan secara gratis template AMP untuk Blogspot. Nah untuk penggunaan template AMP pada Blogspot ini ternyata memiliki dampak negatif yang signifikan bagi kita para blogger. Seperti apa dampak negatif dari penerapan template AMP pada Blogspot? akan kita ulas disini satu per satu efek negatifnya.

Efek Negatif Penggunaan Template AMP Di Blogspot

Efek negatif dari penggunaan template AMP ini dikarenakan struktur AMP kekeh tidak mau dimasuki segala bentuk skrip lain yang belum terverifikasi oleh developermnya. Skrip seperti JavaScript dan JQuery-nonAMP tidak akan diijinkan mendompleng di blog yang menggunakan template AMP. Nah berikut ini beberapa efek negatif penggunaan template AMP pada Blogspot.

Skrip Pihak Ketiga Tidak Diijinkan pada Template AMP
Efek ini akan sangat dirasakan bagi sobat yang masih menaruh harapan pada skrip-skrip pihak ketiga seperti JavaScript. Padahal banyak sekali elemen-elemen penting yang kita gunakan baik untuk SEO maupun untuk monetize yang menggunakan struktur JavaScript. Pada template AMP, skrip ini sebenarnya masih bisa beropereasi. Tetapi efek dari beroperasinya skrip ini yang dianggap tidak tervalidasi oleh developer akan memunculkan pesan error AMP pada Google Search Console di Google Webmaster. Efek terusan dari pesan error ini jika tidak segera dibenarkan adalah menurunnya pengindeksan mesin pencari terhadap konten blog kita.
Efek Negatif Dari Penggunaan Template AMP Di Blogspot

Selamat Tinggal Fitur Recent Posts Blogspot
Salah satu fitur pendukung SEO yang dapat diandalkan adalah widget Recent Post. Tetapi apa daya, jika kita menggunakan template AMP, fitur ini tidak akan bisa digunakan. Jika memaksa untuk menggunakan dengan sedikit modifikasi hasilnya tidak akan bisa beroperasi dengan normal dan malah menghambat kinerja AMP.

Tidak Bisa Memasang Iklan di Tengah Posting
Dampak ini akan sangat dirasakan oleh para publisher, baik itu Google Adsense maupun media periklanan yang lain. Karena template AMP sampai saat ini belum bisa dimodifikasi seperti HTML5, dimana kita dapat menempatkan posisi iklan di tengah artikel. Bagi seorang publisher, posisi iklan di tengah artike sangat efektif dan tingkat Impresi maupun CPC nya cukup tinggi. Jika tidak bisa menggunakan fitur ini makan penghasilan sebagai seorang publisher bisa turun.

Kita Tahu IFRAME Tidak Mendukung SEO
Sudah lama kita ketahui kalau struktur iframe sudah tidak mendukung SEO, bahkan mengurangi kualitas SEO web kita. Nah, ketika kita ingin menggunakan beberapa widget, model pemanggilan komponen dilakukan melalui iframe. Jadi secara sederhana kita menganggap penerapan fitur ini dapat menurunkan kualitas SEO yang kita buat. Meskipun struktur iframe di AMP sedikit berbeda, tetapi perlakuan mesin pencari sama dengan iframe standar atau tidak masih menjadi misteri.

Nah itulah beberapa dampak negatif dari penerapan template AMP pada Blogspot. Tetapi terlepas dari itu semua, potensi penggunaan AMP untuk website dan blog kedepannya sangat cerah. Apalagi perkembangan mobile dan internet mobile juga semakin meningkat. Karena AMP dikembangkan memang untuk mobile.

Setelah mengetahui dampak dari penggunaan template AMP di Blogspot, masalah menggunakan atau tidak hanya sobat sendiri yang bisa pertimbangkan. Yang perlu sobat ketahui adalah teknologi AMP ini adalah teknologi masa depan dan terus berkembang. Jadi jika sobat sudah menggunakan template AMP untuk blog sobat kami ucapkan selamat. Karena sobat sudah selangkah lebih maju daripada kami yang masih menggunakan HTML5.

Demikian ulasan kali ini tentang Efek Negatif dari Penggunaan Template AMP untuk Blogspot. Sempga bermanfaat !
Advertisement

Terimakasih telah berkunjung dan berikut ini ketentuan komentar yang diperbolehkan :

1. Berkomentar dengan bahasa yang sopan dan tidak SARA.
2. Berkomentar sesuai dengan topik artikel.
3. TIDAK BOLEH memasukkan LINK AKTIF. Karena akan otomatis terhapus komentarnya.
4. Jika ingin menambahkan LINK silahkan masukkan ke dalam bagian URL atau menyertakan ke dalam komentar dengan sifat TIDAK AKTIF.
5. Berkomentarlah yang membangun dan bermanfaat untuk orang lain ya :-)
6. JANGAN MENCANTUMKAN NOMOR TELEPON ATAU SEJENISNYA DI DALAM KOMENTAR. UNTUK MENGHINDARI PENYALAHGUNAAN DARI PIHAK LAIN.
7. MOHON UNTUK TIDAK KOMENTAR YANG MENYESATKAN!

Terimakasih atas kerjasamanya demi memajukan website ini,
EmoticonEmoticon