Friday, June 17, 2016

Langkah Mengaktifkan Telnet Pada Windows 7 Dan Windows Lebih Baru

Langkah Mengaktifkan Telnet Pada Windows 7 Dan Windows Lebih Baru ~ Windows merupakan sistem operasi yang paling umum dipakai di Indonesia. Baik perorangan, perusahaan, dunia pendidikan, dan bidang lainnya banyak menggunakan produk dari Microsoft Corporation ini untuk menunjang operasi pengolahan datanya. Salah satu Windows yang paling populer sampai saat ini adalah Windows 7. Windows 7 masih menjadi primadona pemakai meskipun generasi Windows lebih baru telah dirilis oleh Microsoft, yaitu Windows 8.1 dan Windows 10. Para pengguna masih banyak yang bertahan dalam penggunaan Windows 7 karena beberapa alasan, seperti alasan awam yaitu masalah tampilan sudah familier yang memang sangat berubah pada generasi Windows 8.1 dan Windows 10. Terlepas dari itu semua, bagi seorang teknisi jaringan komputer yang menggunakan Windows 7 ada sebuah fitur penting yang dapat dimanfaatkan, yaitu fitur Telnet.

Fitur Telnet pada Windows sudah disertakan sejak generasi pertama Windows dipublikasikan. Akan tetapi pengguna lebih familier penggunaan Telnet ini pada masa Windows XP. Telnet adalah sebuat fitur Windows yang dapat digunakan untuk remote command perangkat lain, seperti router, switch, hub, modem, dan lain-lain. Telnet berguna untuk masuk ke dalam perintah ROM dari perangkat-perangkat tersebut dan melihat pengaturan operasi perangkat bahkan memodifikasinya. Jadi keberadaan Telnet ini sangat penting bagi seorang teknisi jaringan komputer.

Fitur Telnet pada Windows XP langsung aktif ketika Windows terinstal pada perangkat komputer atau laptop. Akan tetapi hal tersebut berbeda dengan Windows 7, Windows 8.1, dan Windows 10. Fitur Telnet Windows 7 tidak langsung aktif ketika Windows tersebut telah terinstal. Fitur tersebut perlu diaktifkan secara manual oleh user. Pengalaman ini sama seperti yang saya alami kemarin saat ingin masuk telnet sebuah modem hotspot tempat kos. Ada pesan gagal masuk telnet yang ditampilkan oleh Windows ketika saya coba masuk ke telnet IP Address modem tersebut. Padahal posisi PING dari komputer saya ke modem tersebut berhasil. Lihatlah gamabr di bawah ini!


Masalah tersebut terjadi ternyata karena fitur Telnet pada Windows 7 saya belum diaktifkan. Sehingga perintah tersebut tidak dapat dieksekusi, bahkan perintah tersebut dianggap tidak ada pada daftar perintah di Windows. Untuk dapat menggunakannya saya harus mengaktifkannya terlebih dahulu. Berikut ini langkah-langkah yang saya lakukan untuk mengaktifkan fitur Telnet pada Windows 7.

Langkah Mengaktifkan Telnet Pada Windows 7

  • Klik menu Windows dan pilih menu Default Programs, seperti gambar di bawah!
Langkah Mengaktifkan Telnet Pada Windows 7
Langkah 1 dan 2 Mengaktifkan Telnet Pada Windows 7
  • Setelah muncul kotak dialog Default Programs, pilih menu Programs and Features, posisinya ada di bagian bawah kotak dialog. Lihat gambar di bawah ini!
Langkah Mengaktifkan Telnet Pada Windows 7
Langkah 3 Mengaktifkan Telnet Pada Windows 7
  • Setelah tampilan berubah ke daftar program yang terinstal di komputer, pilih menu Turn Windows features on or off. Posisinya ada di sisi kiri tampilan. Perhatikan gambar berikut!
Langkah Mengaktifkan Telnet Pada Windows 7
Langkah 4 Mengaktifkan Telnet Pada Windows 7
  • Tunggu proses buka tampilan tersebut sampai selesai, jika sudah muncul daftar fitur yang biasanya berbentuk folder-folder silahkan scroll ke bawah dan carilah bagian fitur Telnet Client dan Telnet Server. Perhatikan gambar di bawah ini!
Langkah Mengaktifkan Telnet Pada Windows 7
Langkah 5 Mengaktifkan Telnet Pada Windows 7
  • Setelah ketemu kedua fitur tersebut, berikan tanda centang pada pilihan Telnet Client dengan cara klik kotak kecil yang ada di samping kirinya. Untuk Telnet Server tidak perlu dicentang, karena fitur yang satunya ini akan membuat komputer Anda dapat diremote via telnet dari komputer lainnya. Perhatikan gambar ini!
Langkah Mengaktifkan Telnet Pada Windows 7
Langkah 6 dan 7 Mengaktifkan Telnet Pada Windows 7
  • Jika sudah dicentang silahkan klik OK dan tunggu proses aktivasi sampai selesai, biasanya memakan beberapa detik dan jika proses selesai akan ditandai dengan tertutup otomatis kotak dialog fitur tersebut. Gambarnya seperti di bawah ini!
Langkah Mengaktifkan Telnet Pada Windows 7
Langkah 8 Mengaktifkan Telnet Pada Windows 7
  • Jika sudah selesai, fitur Telnet Windows 7 di komputer Anda telah aktif dan dapat digunakan. Caranya buka Command Prompt secara Administrator (Run Administrator). Kemudian ketikkan perintah telnet <IP Address Perangkat Tujuan> dan tekan Enter. Jika Anda terhubung satu jaringan dengan perangkat tersebut maka telnet akan masuk dan meminta password setting dari pengkat tersebut. Perhatikan gambarnya ini untuk contohnya!
Langkah Mengaktifkan Telnet Pada Windows 7
Tes Telnet Windows 7 yang Sudah Diaktifkan

Jika kita berhasil memasukkan password yang sesuai maka kita akan masuk ke command prompt ROM dari pengakat yang kita remote tersebut. Di dalam telnet tersebut kita dapat melihat pengaturan yang ada dan mengubahnya sesuai dengan keinginan kita. Untuk mengaktifkan fitur Telnet Windows 8.1. dan Windows 10 tahapannya sama. Yang berbeda hanya langkah awalnya saja, yaitu pada menu Windows dan keberadaan menu Default Programs. Jika sudah masuk ke menu Default Programs maka semua langkah tersebut sama saja.
Demikian ulasan kali ini mengenai Langkah Mengaktifkan Telnet Pada Windows 7 Dan Windows Lebih Baru. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ulasan ini.
Advertisement

Terimakasih telah berkunjung dan berikut ini ketentuan komentar yang diperbolehkan :

1. Berkomentar dengan bahasa yang sopan dan tidak SARA.
2. Berkomentar sesuai dengan topik artikel.
3. TIDAK BOLEH memasukkan LINK AKTIF. Karena akan otomatis terhapus komentarnya.
4. Jika ingin menambahkan LINK silahkan masukkan ke dalam bagian URL atau menyertakan ke dalam komentar dengan sifat TIDAK AKTIF.
5. Berkomentarlah yang membangun dan bermanfaat untuk orang lain ya :-)
6. JANGAN MENCANTUMKAN NOMOR TELEPON ATAU SEJENISNYA DI DALAM KOMENTAR. UNTUK MENGHINDARI PENYALAHGUNAAN DARI PIHAK LAIN.
7. MOHON UNTUK TIDAK KOMENTAR YANG MENYESATKAN!

Terimakasih atas kerjasamanya demi memajukan website ini,
EmoticonEmoticon