Wednesday, May 11, 2016

Membuat Routing Intranet Ke Internet Dengan 2 LAN Di Windows

Membuat Routing Intranet Ke Internet Dengan 2 LAN Di Windows ~ Ulasan ini adalah cerita pengalaman saya yang pernah kebingungan ketika akan menggabungkan intranet dengan internet dalam satu komputer bersistem operasi Windows. Dalam topologi jaringan yang saya kerjakan tersebut, sebuah komputer menggunakan 2 LAN Card. Satu LAN card terkoneksi ke jaringan intranet yang memang tidak terkoneksi internet sama sekali. Sedangkan LAN card kedua terkoneksi ke jaringan internet. Pengaturan IP dari kedua LAN card menggunakan model IP statik semua. Setiap LAN Card memiliki gateway masing-masing, karena harus terkoneksi ke server intranet dan internet. Dan ketika pengaturan selesai saya lakukan sesuai dengan langkah standar, ternyata koneksi internet tidak berhasil. Pada kondisi tersebut yang terjadi adalah default gateway diambikan dari intranet. Alhasil koneksi ke internet tidak ada sama sekali.

Untuk memperjelas topologi yang saya gunakan, lihatlah gambar di bawah ini:
Membuat Routing Intranet Ke Internet Dengan 2 LAN Di Windows
Saya berusaha untuk memasukkan gateway jaringan lain ke jaringan satunya dan begitu seterusnya. Tetapi hasilnya masih tetap nol besar dan komputer tersebut belum bisa akses ke internet. Akhirnya saya putuskan untuk mencari solusi di berbagai artikel online. Dengan keyword "Menggabungkan Internet dengan Intranet" saya mendapatkan beberapa artikel yang sepertinya dapat saya coba untuk kasus saya ini. Tidak menunggu lama saya lakukan apa yang ada di instruksi. Tetapi ternyata apa yang saya lakukan tersebut belum membuahkan hasil. Dan akhirnya saya istirahat saja dulu, karena sudah lelah pikiran dan tenaga.

Setelah beristirahat dan pikiran jadi segar kembali, saya lanjutkan untuk mengoprek koneksi tersebut. Mencari dan terus mencari di internet dengan berbagai macam keyword yang saya kembangkan untuk kasus saya tersebut. Hingga sampai banyak waktu saya menemukan sebuah artikel yang membahas mengenai teknik routing di Windows. Ternyata di dalam sistem operasi Windows juga dapat dilakukan teknik routing yang mapping jaringan yang lebih dari satu. Dan dari artikel tersebut saya mencoba menerapkannya ke dalam kasus saya. Dan ternyata tidak sia-sia usahaku kali ini yang penuh dengan lelah. Koneksi terjalin dengan baik. Komputer tersebut bisa akses ke jaringan Intranet dan juga bisa akses ke jaringan Internet. Ternyata tidak sesulit yang saya bayangkan. Hanya memikirkan sedikit kemudian menuliskan perintah sedikit dan hasilnya dapat dirasakan.

Cara Membuat Routing Intranet Ke Internet di Windows

Nah, karena saya sudah berhasil menangani kasus saya yang ingin menggabungkan jaringan Intranet dengan Internet. Sekarang caranya akan saya bagikan ke rekan-rekan semua yang membaca ulasan ini. Siapa tahu ada yang mengalami kasus sama seperti apa yang saya rasakan.

Untuk melakukan cara ini ada beberapa syarat yang perlu kita siapkan. Syarat akan saya tuliskan di bawah ini lengkap dengan contoh yang terjadi pada kasus saya. Simaklah ini!
  • IP Intranet (10.19.100.5)
  • Gateway Intranet (10.19.100.1)
  • IP Internet (192.168.50.100)
  • Gateway Internet (192.168.50.254)
Setelah syarat terpenuhi, selanjutnya akan kita lakukan langkah-langkah sebagai berikut:
  • Buka Command Prompt (CMD), kalau bisa yang administrator.
  • Setelah terbuka ketikkan perintah "route print" tanpa tanda petik. Perintah ini untuk mengetahui routing yang sudah ada di dalam komputer tersebut.
  • Selanjutnya ketikkan perintah dengan rumus seperti berikut.
route -p add x.0.0.0 mask 255.0.0.0 y.y.y.y metric 1
route -p add 0.0.0.0 mask 0.0.0.0 z.z.z.z metric 1
  • Perhatika pada huruf yang saya cetak warna dengan background kuning. Bagian tersebut yang akan kita ganti sesuai dengan IP yang telah kita siapkan tadi. Sebagai contoh pada kasus saya, perintah akan berubah menjadi seperti di bawah ini:

route -p add 10.0.0.0 mask 255.0.0.0 10.19.10.1 metric 1
route -p add 0.0.0.0 mask 0.0.0.0 192.168.50.254 metric 1
  • Dari contoh tersebut, huruf X adalah bagian bilangan awal dari IP Gateway Intranet. Huruf Y adalah IP Gateway Intranet. Dan Huruf Z adalah IP Gateway Internet. Jika semua sudah disesuaikan dengan jaringan yang rekan-rekan gunakan, makan setelah menambahkan perintah yang telah diganti tersesuai tersebut jaringan internet akan dapat digunakan oleh komputer yang bersangkutan.
Pada dasarnya routing tersebut adalah memberikan pembagian mapping pada gateway yang ada. Karena kita menggunakan 2 gateway yang sama-sama aktif, jadi mapping sangatlah diperlukan. Perintah tersebut jika dijelaskan dengan kata-kata adalah sebagai berikut:
  • route -p add 0.0.0.0 mask 0.0.0.0 192.168.50.254 metric 1 : Semua jaringan dengan IP apapun yang masuk ke komputer ini akan diarahkan untuk menggunakan gateway 192.168.50.254.
  • route -p add 10.0.0.0 mask 255.0.0.0 10.19.10.1 metric 1 : Untuk IP dengan awalah 10 akan diarahkan ke gateway 10.19.10.1
  • Jadi jika kedua perintah tersebut dilaksanakan dalam satu komputer, terjemahannya dapat berupa "Semua akses jaringan yang masuk ke komputer ini akan menggunakan gateway 192.168.50.254, kecuali untuk jaringan dengan IP awal 10 secara khusus akan menggunakan gateway 10.19.10.1.
Dengan logika pengaturan mapping tersebut dapat membagi antara LAN card 1 yang menggunakan IP Intranet (10) dan LAN card 2 yang menggunakan IP Internet (192). Sehingga LAN card akan bekerja sesuai dengan arahan routing masing-masing.

Bagaimana, sangat mudah bukan untuk setting menggabungkan intranet dengan internet?

Demikian ulasan singkat ini, selamat mencoba dan semoga berhasil.
Advertisement

Terimakasih telah berkunjung dan berikut ini ketentuan komentar yang diperbolehkan :

1. Berkomentar dengan bahasa yang sopan dan tidak SARA.
2. Berkomentar sesuai dengan topik artikel.
3. TIDAK BOLEH memasukkan LINK AKTIF. Karena akan otomatis terhapus komentarnya.
4. Jika ingin menambahkan LINK silahkan masukkan ke dalam bagian URL atau menyertakan ke dalam komentar dengan sifat TIDAK AKTIF.
5. Berkomentarlah yang membangun dan bermanfaat untuk orang lain ya :-)
6. JANGAN MENCANTUMKAN NOMOR TELEPON ATAU SEJENISNYA DI DALAM KOMENTAR. UNTUK MENGHINDARI PENYALAHGUNAAN DARI PIHAK LAIN.
7. MOHON UNTUK TIDAK KOMENTAR YANG MENYESATKAN!

Terimakasih atas kerjasamanya demi memajukan website ini,
EmoticonEmoticon