Friday, April 29, 2016

Mau Cek Ping Untuk Tes Koneksi Internet Via CMD Windows, Ini Langkahnya!

Cek Ping Untuk Tes Koneksi Internet Via CMD Windows - Dalam ilmu jaringan (Networking) dikenal adanya aktivitas PING. Apa itu aktivitas PING dalam ilmu jaringan? Akan kita ulas sebentar mengenai hal tersebut. 

PING adalah sebuah fitur atau aktivitas yang digunakan untuk testing network. Melalui PING sebuah jaringan akan diketahui status koneksinya. Mulai dari tidak terkoneksi, terkoneksi tidak stabil, sampai dengan koneksi yang stabil. Jadi informasi yang akan diperoleh dengan malakukan aktivitas PING ini sangat berguna bagi pelaku pengaturan suatu jaringan. 

Nah setelah mengetahui sejenak tentang PING dan manfaatnya, sekarang kita akan belajar memanfaatkan fasilitas tersebut dalam konteks kita sebagai pengguna jaringan.

Cek PING dapat dilakukan oleh siapa saja dan dimana saja, dimana situasinya memungkinkan untuk melakukan pengetesan jaringan komputer. 

Cek PING ini tidak harus terkoneksi internet, bahkan komputer stand alone pun dapat melakukan PING. Hanya saja hasilnya akan berbeda dengan hasil test ping dengan koneksi internet. Perbedaannya apa akan kita jelaskan di bawah ini.

Disini kita ambil contoh sebuah kasus saja. Misalkan kita berada di sebuah tempat. Tempat tersebut tersedia koneksi internet hotspot. Dan kita yang membawa laptop atau smartphone ingin terkoneksi dengan hotspot tersebut. 

Kita tentu melakukan koneksi seperti biasanya, dengan pilih atau klik SSID yang tersedia. Tunggu beberapa saat dan koneksi akan diketahui berhasil atau gagal. Jika berhasil kita akan dapat menggunakan fasilitas yang dibuka hotspot tersebut. Tetapi jika gagal tentu kita akan mencoba koneksi lagi kan.

Nah disini kita anggap Anda telah terkoneksi dengan hotspot tersebut. Untuk mengetahui apakah kita terkoneksi dengan internet atau tidak biasanya kita langsung membuka browser dan mengakses website kesayangan kita, yaitu Google atau Facebook. Jika bisa membuka berarti koneksinya bagus, tetapi jika tidak bisa terbuka halamannya berarti koneksinya jelek. Itu yang menjadi keputusan kita kan?

Cek PING Koneksi Jaringan Internet Via CMD Windows

Dalam kondisi studi kasus tersebut kita dapat menggunakan fasilitas cek PING untuk mengetahui status koneksi kita. Apakah koneksi yang kita peroleh tembus ke internet atau tidak. Untuk caranya silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini:
  • Buka CMD atau Command Prompt, caranya klik START Windows dan cari Command Prompt atau tekan tombol WINDOWS dan huruf R pada keyboard secara BERSAMAAN dan ketikan CMD kemudian tekan ENTER.
  • Setelah masuk ke CMD, cobalah ping ke salah satu website kesayangan Anda. Misalkan dalam kasus ini kita akan ping ke arah GOOGLE. Caranya ketikkan perintah : "PING GOOGLE.COM", tanpa tanda petik dan boleh besar semua boleh kecil semua tergantung selera Anda.
Cek Ping Untuk Tes Koneksi Internet Via CMD Windows
Perintah Cek PING
  • Setelah mengetikkan perintah tersebut tekanlah ENTER secukupnya. Dan lihatlah hasil ke bawah dari test ping tersebut.

Cara Membaca Hasil Test PING

  • Kondisi koneksi jaringan baik dan terkoneksi ke internet
Cek Ping Untuk Tes Koneksi Internet Via CMD Windows
Gambar 1. Test PING Hasilnya Koneksi Bagus
  • Kondisi jaringan tidak terkoneksi ke internet
Cek Ping Untuk Tes Koneksi Internet Via CMD Windows
Gambar 2. Test PING Hasilnya Tidak Terkoneksi Ke Internet
  • Kondisi jaringan terkoneksi ke internet tapi kurang baik
Cek Ping Untuk Tes Koneksi Internet Via CMD Windows
Gambar 3. Hasil Cek PING Menunjukkan Koneksi Internet Kurang Bagus

Keterangannya:
  • Ada beberapa hasil yang ditampilkan oleh cek PING. Yang pertama adalah ketika koneksi bagus akan menampilkan seperti pada gambar 1. Berarti jaringan terkoneksi dengan internet dan bisa akses ke Google dengan baik. Selain itu kita juga bisa mengetahui seberapa cepat koneksi internetnya melalui bytes, time, dan TTL. Bytes biasanya berukuran standar di 32, Time inilah yang menentukan kecepatan aksesnya. Semakin kecil nilai time berarti semakin cepat internetnya dan sebaliknya. TTL juga memiliki peran yang seperti bytes, berkisar antara 53, 54, dst.
  • Yang kedua adalah kondisi Request Times Out. Kondisi ini berarti jaringan tidak terkoneksi ke internet dan tidak bisa menemukan server Google yang di-PING.
  • Untuk penambahan atribut "-t" pada perintah cek PING tersebut berfungsi untuk melanjutkan secara terus menerus proses ping sampai kita hentikan manual. Karena jika tidak kita berikan tambahan perintah tersebut, proses test ping hanya sampai pada 5 kali proses.

Nah sampai disini kita sudah selesai untuk mengetes koneksi jaringan dengan menggunakan cek PING melalui CMD Windows. Sangat mudah dan cepat bukan caranya. Demikian ulasan singkat mengenai Cek Ping Untuk Tes Koneksi Internet Via CMD Windows. Semoga bermanfaat!
Advertisement

Terimakasih telah berkunjung dan berikut ini ketentuan komentar yang diperbolehkan :

1. Berkomentar dengan bahasa yang sopan dan tidak SARA.
2. Berkomentar sesuai dengan topik artikel.
3. TIDAK BOLEH memasukkan LINK AKTIF. Karena akan otomatis terhapus komentarnya.
4. Jika ingin menambahkan LINK silahkan masukkan ke dalam bagian URL atau menyertakan ke dalam komentar dengan sifat TIDAK AKTIF.
5. Berkomentarlah yang membangun dan bermanfaat untuk orang lain ya :-)
6. JANGAN MENCANTUMKAN NOMOR TELEPON ATAU SEJENISNYA DI DALAM KOMENTAR. UNTUK MENGHINDARI PENYALAHGUNAAN DARI PIHAK LAIN.
7. MOHON UNTUK TIDAK KOMENTAR YANG MENYESATKAN!

Terimakasih atas kerjasamanya demi memajukan website ini,
EmoticonEmoticon