Saturday, April 23, 2016

Panduan Lengkap Cara Membuat Grafik Di Excel 2007 Ke Atas Lengkap Dengan Gambar

Panduan Lengkap Cara Membuat Grafik Di Excel 2007 Ke Atas Lengkap Dengan Gambar ~ Grafik memiliki peran yang sangat penting dalam data angka. Penampakan grafik dari data akan mempermudah seseorang membaca keadaan dan kesimpulan dari data yang mereka kumpulkan. Dalam membuat suatu grafik, perlu diperhatikan parameter atau variable apa yang akan dipergunakan. Hal ini berfungsi untuk memberikan bentuk grafik nantinya. Untuk mempermudah dalam hal membuat grafik, dunia komputer telah melengkapi keperluan tersebut dengan adanya salah satu aplikasi pengolah data. Aplikasi pengolah data atau juga disebut dengan aplikasi pengolah angka yang paling banyak digunakan saat ini adalah Microsoft Office Excel. Aplikasi bundling dari Microsoft Office besutan Microsoft Corp. ini telah mengalami perkembangan yang pesat. Aplikasi pengolah data ini dulunya dikenal dengan nama Lotus 123 dan sampai saat ini telah melalui beberapa versi yang berkembang di sistem operasi Windows. Sampai saat ini, Microsoft Office yang memuat Microsoft Excel telah mencapai versi Microsoft Office 2016. Terlepas dari semua itu, pengguna Microsoft Office di berbagai versi sebelumnya dapat menggunakannya untuk membuat grafik dari data yang mereka punya. Cara membuat grafik di Microsoft Office ini akan menggunakan salah satu aplikasi bundling-nya, yaitu Microsoft Office Excel.

Cara membuat grafik di Excel tergolong sangat mudah dan cepat. Dengan tingkat kevalidan data yang terjamin dan variable yang sesuai, maka grafik yang dihasilkan pun akan sesuai dan memberikan informasi yang benar. Bagi Anda yang masih bingung untuk membuatnya, berikut ini kami berikan panduan lengkap membuat grafik di Excel yang tahap-tahapnya kami sertakan gambar.

Panduan Lengkap Cara Membuat Grafik Di Excel 2007 Ke Atas Lengkap Dengan Gambar

  • Buka aplikasi Microsoft Office Excel
  • Buatlah data sederhana, misalkan seperti pada gambar di bawah.
Panduan Lengkap Cara Membuat Grafik Di Excel 2007 Ke Atas
Langkah 1
  • Setelah data jadi, kita blok data tersebut. Blok data yang diperlukan saja. Misalkan dalam latihan ini data yang kita butuhkan adalah warna bibit, bulan, dan seisi datanya. Perhatikan gambar berikut!
Panduan Lengkap Cara Membuat Grafik Di Excel 2007 Ke Atas
Langkah 2
  • Setelah di-blok data yang diperlukan, klik menu Insert dan perhatikan ribbon yang dikeluarkan. Pada pilihan ribbon pilihlah bagian Chart dan pilih juga bentuk yang diinginkan. Ada bentuk balok, garis, lingkaran, dan lain-lain. Pilih salah satu dengan cara klik pada bagian yang diinginkan. Perhatikan gambar berikut!
Panduan Lengkap Cara Membuat Grafik Di Excel 2007 Ke Atas
Langkah 3
  • Setelah diklik salah satu, maka grafik akan segera keluar dengan keadaan yang meyesuaikan data yang diblok tadi. Perhatikan gambar berikut!
Panduan Lengkap Cara Membuat Grafik Di Excel 2007 Ke Atas
Langkah 4
  • Setelah grafik terbentuk, silahkan Anda lakukan pengaturan posisi, ukuran, dan properties lain dari grafik tersebut. Untuk memindahkan posisi tinggal di drag saja ke tempat yang diinginkan. Dalam latihan ini kita akan melakukan pengaturan pada balok grafik nya untuk menyesuaikan warna saja. Caranya klik grafik yang sudah terbentuk dan pilihlah menu Format. Perhatikan gambar berikut!
Panduan Lengkap Cara Membuat Grafik Di Excel 2007 Ke Atas
Langkah 5
  • Setelah menu Format terbuka, perhatikan ribbon yang muncul. Pada ribbon paling kiri (Current Selections) kita akan memberikan pengaturan pada masing-masing bagian dari grafik. Perhatikan gambar berikut !
Panduan Lengkap Cara Membuat Grafik Di Excel 2007 Ke Atas
Langkah 6
  • Kita akan mengubah warna baloknya, jadi yang kita pilih adalah bagian Series-nya, dimana series tersebut ada 3 sesuai dengan jumlah balok per waktunya. Kita akan sesuaikan warnanya, yaitu Merah, Hijau, dan Kuning. Caranya klik masing-masing series dan pilihlah warnanya pada bagian Shape Fill. Perhatikan gambar berikut!
Panduan Lengkap Cara Membuat Grafik Di Excel 2007 Ke Atas
Langkah 7
  • Lakukan penggantian secara bergantian dan hasilnya dapat dilihat seperti berikut.
Panduan Lengkap Cara Membuat Grafik Di Excel 2007 Ke Atas
Langkah 8
  • Untuk pengaturan Anda juga dapat melakukannya untuk bagian background grafik dan lain-lainnya. Silahkan dicoba saja satu per satu pada bagian Current Selections tersebut. Perhatikan gambar berikut!
Panduan Lengkap Cara Membuat Grafik Di Excel 2007 Ke Atas
Langkah 9
  • Buatlah grafik yang Anda buat semenarik mungkin.
Semakin baik sebuah grafik makan yang akan melihatnya juga akan semakin enak dan tertarik. Demikian ulasan singkat mengenai Panduan Lengkap Cara Membuat Grafik Di Excel 2007 Ke Atas Lengkap Dengan Gambar. Selamat mencoba dan semoga berhasil. Jangan takut untuk bereksperimen terlebih dahulu pada grafik yang Anda buat. Jika Ada pertanyaan silahkan berkomentar ya! [Video Coming Soon]
Advertisement

Terimakasih telah berkunjung dan berikut ini ketentuan komentar yang diperbolehkan :

1. Berkomentar dengan bahasa yang sopan dan tidak SARA.
2. Berkomentar sesuai dengan topik artikel.
3. TIDAK BOLEH memasukkan LINK AKTIF. Karena akan otomatis terhapus komentarnya.
4. Jika ingin menambahkan LINK silahkan masukkan ke dalam bagian URL atau menyertakan ke dalam komentar dengan sifat TIDAK AKTIF.
5. Berkomentarlah yang membangun dan bermanfaat untuk orang lain ya :-)
6. JANGAN MENCANTUMKAN NOMOR TELEPON ATAU SEJENISNYA DI DALAM KOMENTAR. UNTUK MENGHINDARI PENYALAHGUNAAN DARI PIHAK LAIN.
7. MOHON UNTUK TIDAK KOMENTAR YANG MENYESATKAN!

Terimakasih atas kerjasamanya demi memajukan website ini,
EmoticonEmoticon