Saturday, August 29, 2015

Chkdsk Memang Dahsyat Untuk Memperbaiki Partisi Hilang

Memperbaiki Partisi dengan CHKDSK - Sesuai dengan judul artikel ini, mengenai kedahsyatan fungsi CHKDSK dari sistem operasi Windows. Saya ucapkan begitu karena saya sendiri telah membuktikannya untuk menyelamatkan data-data dalam partisi yang tiba-tiba lost contact. Partisi tiba-tiba tidak bisa diakses, ditandai dengan munculnya kotak dialog permintaan format ketika drive partisi diakses. 

Tidak hanya itu, ketika kita klik kanan dan lihat propertisnya, kapasitas terlihat penuh dengan ditandai warna biru memenuhi lingkaran yang biasanya menyatakan besarnya kapasitas drive yang terpakai dan kapasitas drive yang masih kosong. 

Dalam pengalaman saya ini tidak tanggung-tanggung kapasitas partisi yang tiba-tiba hilang. Ada dua partisi dengan kapasitas masing-masing 100 GB dengan data lebih dari 90% memenuhi kapasitasnya. 

Tetapi bersyukur sekali kedua partisi tersebut terselamatkan beserta semua datanya tanpa ada cacat sedikitpun. Bagaimana saya melakukannya dan dengan alat seperti apa? Akan saya jelaskan dalam ulasan artikel ini.

Penyebab Partisi Menghilang Tiba-Tiba

Sebelum menjelaskan tentang bagaimana saya melakukan perbaikan partisi dan penyelamatan data didalamnya, saya ingin menjelaskan sedikit mengenai penyebab partisi hilang dan terjadi seperti kasus yang saya hadapi ini. 

Tentu saja ini saya maksudkan agar Anda mengetahui penyebab masalah yang mungkin akan menimpa harddisk Anda. Hilangnya partisi disebabkan oleh beberapa hal berikut ini.
  • Scan antivirus terhadap drive (partisi) yang tidak selesai sempurna karena error tertentu.
  • Jika yang error adalah partisi harddisk eksternal maka ini bisa disebabkan karena pemutusan koneksi (eject) yang tidak sesuai prosedur.
  • Operasi virus atau sejenisnya yang mengakses drive.
  • Dan banyak lagi penyebab yang memungkinkan partisi menghilang.

Jika masalah tersebut sudah dialami, maka jangan terlalu cepat menuruti saran yang dieluarkan oleh Windows, yaitu untuk memformat drive

Ada cara yang lebih mudah untuk dilakukan dan tentu saja data yang pernah ada di dalam partisi akan tetap aman 100%.

Memperbaiki Partisi Hilang
Memperbaiki Partisi Hilang

Cara Memperbaiki Partisi Hilang

Untuk memperbaiki partisi yang terlanjur hilang sesuai dengan ketentuan penyebab di atas, Anda dapat memperbaikinya dengan menggunakan salah satu fasilitas fungsi yang ada di dalam Windows. 

Fungsi yang akan digunakan adalah fungsi CHKDSK yang diberikan atribut /F/R. Maksud dari CHKDSK adalah melakukan cek kondisi disk pada partisi yang dipilih. 

Atribut /F maksudnya adalah FIND, yaitu dalam proses cek disk atribut ini akan membantu menemukan error yang terdapat pada drive. Sedangkan atribut /R berfungsi untuk melakukan perbaikan pada error yang telah ditemukan. 

Jadi fungsi ini akan mencari dan memperbaiki masalah yang membuat partisi menghilang, sehingga partisi akan muncul kembali dengan kondisi yang baik dan membawa semua data yang ada didalamnya. 

Cara menggunakan fungsi CHKDSK ini adalah sebagai berikut:
  • Pastikan drive dengan partisi yang hilang masih terbaca dan terlihat pada Windows Explorer. Jika partisi yang hilang ada di HDD eksternal atau flashdisk, maka Anda harus menghubungkannya ke komputer terlebih dahulu.
  • Lihat posisi partisi yang hilang berada pada drive apa Windows Explorer, misalkan dalam kasus ini saya buat drive pada posisi E.
  • Buka Windows Command Prompt secara Administrator.
  • Ketikkan fungsi "chkdsk /f/r E:" tanpa tanda petik dan tekan Enter.
  • Proses akan segerea dimulai dan Anda hanya tinggal menunggu saja sampai selesai.

Ketika proses selesai maka partisi Anda akan kembali seperti semula (dari pengalaman saya).

Semoga ini juga akan Anda peroleh ketika menjalankan fungsi ini.
Advertisement

Terimakasih telah berkunjung dan berikut ini ketentuan komentar yang diperbolehkan :

1. Berkomentar dengan bahasa yang sopan dan tidak SARA.
2. Berkomentar sesuai dengan topik artikel.
3. TIDAK BOLEH memasukkan LINK AKTIF. Karena akan otomatis terhapus komentarnya.
4. Jika ingin menambahkan LINK silahkan masukkan ke dalam bagian URL atau menyertakan ke dalam komentar dengan sifat TIDAK AKTIF.
5. Berkomentarlah yang membangun dan bermanfaat untuk orang lain ya :-)
6. JANGAN MENCANTUMKAN NOMOR TELEPON ATAU SEJENISNYA DI DALAM KOMENTAR. UNTUK MENGHINDARI PENYALAHGUNAAN DARI PIHAK LAIN.
7. MOHON UNTUK TIDAK KOMENTAR YANG MENYESATKAN!

Terimakasih atas kerjasamanya demi memajukan website ini,
EmoticonEmoticon