Sunday, September 6, 2015

Analisis Peluang Usaha Makanan Biar Tidak Salah Jalan

Analisis Peluang Usaha Makanan ~ Bisnis makanan adalah sebuah model bisnis dengan memanfaatkan varian makanan yang ada, baik yang sudah umum maupun yang belum pernah dilihat. Bahkan tidak jarang pula kita menjumpai bisnis makanan yang terlihat "aneh" dengan nama yang mengankat berbagai hal tabu. Dan ternyata ketika kita memperhatikan lebih dalam atau bahkan mencicipinya, ternyata makanan tersebut adalah jenis makanan yang sudah sering kita kenal. Hanya saja disini jenis makanan tersebut telah mengalami "mutasi" melalui tangan-tangan kreatif masyarakat. Bisnis makanan menjadi peluang usaha yang menjanjikan untuk jangka waktu yang lama. Bagaimana tidak, setiap hari orang membutuhkan makanan untuk supply energi mereka. Bahkan sekarang banyak orang yang dhemen sama makanan yang mudah disajikan dan mudah dikonsumsi. Oleh sebab itu peluang usaha makanan sangat menjanjikan, tetapi tentu saja kembali kepada kreatifitas kita dalam menyajikannya. Dan dari situlah letak pentingnya sebuah analisis peluang usaha makanan sebelum melakukannya. Ya gunanya tentu untuk menghindari salah produk yang akan disajikan dengan apa yang disukai oleh orang.

Sebelum membuat sebuah usaha makanan, ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan. Hal-hal tersebit bertujuan untuk mengetahui peluang usaha makanan yang akan kita angkat di pasar. Analisis peluang usaha yang benar akan menentukan kelangsungan bisnis makan Anda. Oleh karena itu, analisis harus dilakukan dengan benar dan tanpa tergesa-gesa. Selidiki terlebih dahulu mengenai produk dan orang yang akan menerimanya (pembeli). Berikut ini ada beberapa bentuk analisis penting sebelum memulai sebuah bisnis makanan.

Analisisi Peluang Usaha Makanan

Menentukan dan Fokus pada Bentuk Produk
Anda harus menentukan jenis produk makanan yang akan Anda jual. Menentukan jenis makanan disini dapat berupa jenis makanan yang sudah pernah beredar dan jenis makanan varian baru. Masing-masing tentu memiliki keuntungan dan kekurangan. Jenis makanan yang sudah pernah beredar memiliki keuntungan dalam hal pengenalan kepada pembeli. Karena janis makanannya sudah pernah ada dan umum, tentu saja pembeli akan mengenalinya. Tetapi kelemahannya adalah persoalan saingan. Karena banyak yang sudah menjual produk tersebut, maka persaingan akan semakin tinggi. Sedangkan jenis makanan varian baru memiliki keuntungan belum banyak atau bahkan tidak ada pesaing. Tetapi kelemahannya adalah pengenalan kepada pembeli yang harus ekstra keras. Ketika sudah menentukan produk apa yang akan dijual, tetaplah fokus untuk menawarkan dan mengembangkan produk tersebut. Jangan pernah berpaling dan meninggalkan ide yang Anda pilih tersebut karena tergiur dengan bentuk ide yang lainnya. Fokus dulu dan selalui evaluasi perkembangannya secara berkala. Optimalkan kualitas produk dan promosi produk Anda melalui berbagai cara.

Analisis Target Pembeli
Menentukan produk juga harus melihat target pembelinya juga. Begitupun bisnis makanan, perlu penargetan pembeli yang jelas. Analisis target pembeli akan memberikan pandangan pengembangan produk yang akan dilakukan. Analisis target pembeli sangat penting dilakukan mengingat analisis ini akan mempengaruhi penentuan lokasi jualan dan branding produk. Jadi tentukan dulu target pembeli produk Anda.

Analisis Peluang Usaha Makanan
Contoh Produk Bisnis Makanan


Analisis Target Lokasi
Setelah mengetahui target pembeli seperti apa, menentukan lokasi dapat dilakukan dengan perhitungan yang tepat. Dengan data-data dari target pembeli yang diperoleh, mulailah mencari lokasi yang keadaan masyarakatnya sesuai dengan target pembeli yang Anda tentukan. Ambillah beberapa sample lokasi yang dapat Anda pilih dan bandingkan hasil perhitungan data dari target pembeli. Misalkan target pembeli Anda adalah: masyarakat menengah ke bawah, banyaknya masyarakat, usia 15-45 tahun, daya beli jenis makanan yang hampir sejenis, dan lain-lain. Maka hitunglah data-data tersebut di masing-masing daerah sample dan pilihlah satu lokasi yang paling baik perhitungannya.

Analisis Pesaing
Mulailah mencari informasi mengenai persaingan ketika Anda telah memilih jenis produk yang akan Anda jual dan lokasi yang telah Anda tentukan. Analisis persaingan dapat dilihat dari berapa jumlah penjual dalam satu lokasi atau daerah yang berdekatan. Selain itu persaingan juga dapat dilihat dari nominal harga yang ditawarkan untuk produk tersebut dari masing-masing penjual. Lakukanlah pemburuan data-data tersebut untuk mengetahui peluang Anda di pasaran nanti. Tentu saja data ini akan tergantung pada jenis makanan yang telah Anda tentukan sebelumnya. Yaitu jenis makanan yang umum atau jenis makan varian baru.

Membuat Branding dengan Nama yang Membuat Penasaran
Orang-orang sekarang lebih senang memanjakan rasa penasarannya. Begitu mereka merasa penasaran pasti mereka akan mendekat untuk melihatnya. Nah peluang inilah yang akan dimanfaatkan untuk menentukan branding yang unik dan bisa membuat orang penasaran. Begitu orang melihat branding Anda, mereka akan penasaran apa di balik branding tersebut dan mulailah mendekat untuk tahu lebih banyak. Buatlah nama yang bisa mewakili komposisi produk makanan Anda, entah dalam bentuk singkatan atau nama aslinya. Karena ini akan mendukung potensi orang lebih mendekati posisi Anda.

Rencanakan Model Dokumentasi dan Promosi
Dokumentasi, kedengarannya memang sepele tetapi ternyata manfaatnya sangat gede. Apa yang disebut dengan dokumentasi dalam peluang usaha makanan? Dokumentasi disini maksudnya adalah bentuk arsip sederhana yang melambangkan aktivitas usaha, testimoni pembeli, dan lain-lain. Lalu tujuannya apa untuk dokumentasi ini? Tentu saja tujuannya adalah untuk pendukung media promosi. Karena Anda juga harus memikirkan model promosi yang akan Anda jalankan untuk mengenalkan dan menawarkan produk Anda. Salah satu model promosi yang sekarang sedang tenar adalah penggunaan media sosial. Nah, disinilah dokumentasi itu diperlukan untuk promosi. Arsip-arsip tersebut dapat diunggah ke beberapa media sosial dengan penjelasan tentunya. Efeknya adalah, produk Anda dan bisnis makanan Anda akan dikenal luas melalui media sosial.

Berdo'alah dan Istiqomah
Setelah data semua diselesaikan dari poin-poin tersebut atau ada beberapa tambahan poin lainnya maka selanjutnya adalah menjalankan bisnis makanan Anda. Menjalankan bisnis makanan dengan perencanaan analisis peluang usaha makanan yang benar. Sebelum menjalankan sebaiknya awalilah dengan berdo'a menurut agama dan keyakinan masing-masing. Dan setelah berjalan tetaplah Istiqomah (kata Bahasa Arab) atau jika dalam Bahasa Indonesia dapat diartikan "Konsisten" untuk menjalankan bisnis makanan Anda.

Demikianlah sedikit analisis peluang usaha makanan agar tidak salah jalan. Semoga usaha yang telah Anda rencanakan dengan berbagai analisis diberikan kemudahan menjalankan oleh Tuhan Yang Maha Esa dan mendatangkan rejeki yang halal. Aamiin.
Advertisement

2 comments

Terimakasih telah berkunjung dan berikut ini ketentuan komentar yang diperbolehkan :

1. Berkomentar dengan bahasa yang sopan dan tidak SARA.
2. Berkomentar sesuai dengan topik artikel.
3. TIDAK BOLEH memasukkan LINK AKTIF. Karena akan otomatis terhapus komentarnya.
4. Jika ingin menambahkan LINK silahkan masukkan ke dalam bagian URL atau menyertakan ke dalam komentar dengan sifat TIDAK AKTIF.
5. Berkomentarlah yang membangun dan bermanfaat untuk orang lain ya :-)
6. JANGAN MENCANTUMKAN NOMOR TELEPON ATAU SEJENISNYA DI DALAM KOMENTAR. UNTUK MENGHINDARI PENYALAHGUNAAN DARI PIHAK LAIN.
7. MOHON UNTUK TIDAK KOMENTAR YANG MENYESATKAN!

Terimakasih atas kerjasamanya demi memajukan website ini,
EmoticonEmoticon