Friday, June 26, 2015

Pengertian Proxy Dan Mengenali Sistem Kerja Proxy

Pengertian Proxy Dan Mengenali Sistem Kerja Proxy - Sebagai seorang yang berkecimpung di dalam dunia internet, kita telah lama mengenal apa yang dinamakan Proxy. Saat ini proxy telah banyak digunakan secara umum, bahkan ada beberapa organisasi yang menyediakan layanan proxy, baik itu free proxy maupun premium proxy

Sebagai pengguna internet kita juga terkadang memanfaatkannya untuk keperluan tertentu. Akan tetapi terkadang kita tidak sadar apakah kita menggunakan proxy atau tidak. 

Untuk itu supaya kita dapat mengenali apakah kita sedang menggunakan proxy atau tidak sebaiknya kita mengenai terlebih dulu apa itu proxy dan bagaimana sistem kerjanya.

Pengertian Proxy dan Sistem Kerja Proxy

Untuk hal pertama yang perlu kita ketahui adalah pengertian proxy itu sendiri. Apa itu proxy? Telah banyak website lain yang menyebutkan pengertian proxy secara gamblang dan ada beberapa yang menyebutkan menurut analisisnya sendiri. 

Kali ini saya juga mencoba menuangkan pengertian proxy menurut analisis yang saya buat dan menjaga konsep mudah dipahami secara logika. Proxy adalah sebuah server khusus yang disediakan untuk meneruskan permintaan dari user yang terhubung ke server yang dituju. Uraiannya sistem kerajanya adalah sebagai berikut:

"User mengirimkan permintaan untuk mengakses sebuah server (situs). Tetapi user yang terkoneksi ke proxy tidak akan berhubungan secara langsung dengan server yang dituju. Proxy yang akan terhubung dengan server tujuan, yang kemudian akan mengirimkan permintaan sesuai dari user yang memintanya. Setelah permintaan terpenuhi, proxy akan membawanya dan menyampaikannya kepada user yang meminta."

Lalu kenapa user harus bersusah payah menggunakan server bantuan (proxy) untuk meminta informasi dari server tujuan? Bukankah dapat dilakukan secara langsung dan pastinya akan lebih cepat. 

Banyak sekali alasan kenapa sebuah proxy diperlukan dan digunakan. Berikut ini adalah beberapa alasan yang umumnya mendasari atas penggunaan proxy.
Pengertian Proxy Dan Mengenali Sistem Kerja Proxy
Pengertian Proxy Dan Mengenali Sistem Kerja Proxy

Alasan Penggunaan Proxy

Untuk menyamarkan IP Address asli

Ketika melakukan permintaan informasi ke server, IP Address kita akan dideteksi oleh server tersebut dan memasukkannya ke dalam data mereka untuk keperluan tertentu. Karena alasan keamanan, pemakaian proxy menjadi hal mutlak untuk melindungi IP Address asli yang merupakan pintu utama untuk dapat terkoneksi. 

Dengan menggunakan proxy, IP Address asli akan tersembunyi di "mata" server tujuan, dan yang dilihat adalah IP Address proxy.

Untuk mengakses situs terblokir

Masalah ini umumnya dialami oleh para perkantoran yang memblokir situs-situs tertentu demi keamanan dan kinerja anggota perusahaan. Dengan memanfaatkan proxy, situs terblokir tersebut dapat dengan mudah diakses kembali (untuk sistem blokir sederhana).

Membuat akses kembali dari situs yang pernah dibuka akan lebih cepat

Dengan menggunakan proxy, akses kembali ke situs yang penah dibuka akan terasa lebih cepat. Contohnya ketika kita mengakses Facebook.com dan menggunakannya beberapa saat, beberapa waktu kemudian situs ditutup dan ketika dibuka kembali akan terasa lebih cepat. 

Hal ini disebabkan karena beberapa data utama dari Facebook.com masih tersimpan di dalam server proxy. Sehingga bandwidth internet akan lebih hemat. Kelemahannya adalah terjadinya delay update dari situs yang berhubungan.

Untuk masalah kecepatan tergantung juga dengan kecepatan server proxy yang digunakan. Semakin tinggi spesifikasi proxy yang digunakan maka kinerja akan semakin baik. Untuk keamanan juga tergantung dari jenis proxy yang digunakan. 

Tentu saja proxy yang paling aman adalah premium proxy (berbayar) karena ada jaminan keamanannya. Untuk jenis free proxy belum memastikan penggunaannya aman atau tidak.

Untuk pengaturan penggunaan proxy dapat dilakukan dengan mudah menggunakan browser yang Anda gunakan. Pelajari cara lengkapnya DISINI.

Demikian sedikit ulasan mengenai Pengertian Proxy Dan Mengenali Sistem Kerja Proxy. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua untuk memahami pengertian dan sistem kerja proxy.
Advertisement

3 comments

Nice post Gan
Permisi,mau numpang lapak,jangan lupa mampir ya
https://www.tokopedia.com/jokaerabehin

Thanks gan buat responnya... Iya gan... :)

Bagus artikelnya, Bagi bapak / ibu yang sedang mencari Les Privat di Pamulang dan Les Privat di Bintaro SD, SMP, SMA bisa hubungi kami.

Terimakasih telah berkunjung dan berikut ini ketentuan komentar yang diperbolehkan :

1. Berkomentar dengan bahasa yang sopan dan tidak SARA.
2. Berkomentar sesuai dengan topik artikel.
3. TIDAK BOLEH memasukkan LINK AKTIF. Karena akan otomatis terhapus komentarnya.
4. Jika ingin menambahkan LINK silahkan masukkan ke dalam bagian URL atau menyertakan ke dalam komentar dengan sifat TIDAK AKTIF.
5. Berkomentarlah yang membangun dan bermanfaat untuk orang lain ya :-)
6. JANGAN MENCANTUMKAN NOMOR TELEPON ATAU SEJENISNYA DI DALAM KOMENTAR. UNTUK MENGHINDARI PENYALAHGUNAAN DARI PIHAK LAIN.
7. MOHON UNTUK TIDAK KOMENTAR YANG MENYESATKAN!

Terimakasih atas kerjasamanya demi memajukan website ini,
EmoticonEmoticon