Wednesday, April 22, 2015

Mengaktifkan dan Menonaktifkan Text Boundaries Microsoft Word

Mengaktifkan dan Menonaktifkan Text Boundaries Microsoft Office 2007 - Pernahkah Anda melihat garis putus-putus atau titik yang saling menghubung dan mengelilingi halaman dokumen Microsoft Word? Jika pernah berarti Anda telah melihat salah satu fitur Microsoft Word yang bernama Text Boundaries atau dapat juga disebut batas margin dokumen

Fungsi utama dari fitur ini adalah memperlihatkan batas margin yang kita atur pada dokumen tersebut. Dokumen yang kita ketikkan pada lembar kerja tersebut akan berada di sisi dalam dari text boundaries.

Posisi text boundaries akan mengikuti besarnya margin yang kita atur pada bagian margin dokumen. Semakin besar nilai margin makan text boundaries akan semakin masuk ke dalam lembar kerja dan luas lembar kerja yang dapat diisi dengan data akan semakin sedikit. 

Begitu pula dengan sebaliknya, semakin kecil margin yang kita atur makan semakin keluar pula posisi text boundaries dan luas lembar kerja yang dapat diisi dengan data akan semakin besar.

Secara default, fitur text boundaries pada posisi nonaktif. Jadi ketika kita selesai menginstal aplikasi Microsoft Word maka kita tidak akan melihat bentuk dari fitur ini. Dan pada ulasan kali ini saya akan membahas mengenai masalah tersebut. 

Cara Mengaktifkan Fitur Text Boundaries Microsoft Word

Bagaimana cara mengaktifkan dan menonaktifkan fitur text boundaries pada Microsoft Word 2007 akan kita pelajari dalam ulasan saya kali ini. Selain cara mengaktifkannya, dalam ulasan ini juga akan saya jelaskan cara menonaktifkannya kembali. 

Jadi Anda akan paham jika suatu saat akan menggunakan atau tidak menggunakan fitur ini.

Mengaktifkan dan Menonaktifkan Text Boundaries Microsoft Office 2007

  1. Buka aplikasi Microsoft Word.
  2. Pada bagian sudut kiri atas ada sebuah mata panah kecil menghadap ke bawah. Klik mata panah tersebut dan pilih More Commands...
  3. Pada kotak dialog More Commands, pada pilihan menu sebelah kiri pilih menu Advance.
  4. Kemudian pada view bagian kanan scroll ke bawah dan cari bagian Show Document Content. Perhatikan pada pilihan dibawahnya yang berlabel Show text boundaries. Untuk mengaktifkan fitur ini, berikan tanda centang pada kotak checkbox di samping pilihan tadi.
  5. Yang terakhir tekan tombol OK untuk menyimpan update pengaturan.

Setelah menyimpan pengaturan tersebut, kotak dialog More Commands akan tertutup dan text boundaries akan tampil di lembar kerja dokumen Microsoft Word Anda. Sedangkan cara untuk menonaktifkan fitur ini jika tidak ingin menggunakannya dapat melakukan langkah yang sama seperti di atas. 

Hanya saja pada poin ke-empat, tanda centang yang ada pada pilihan Text boundaries dihilangkan dengan cara di klik.

Pada dasarnya cara mengaktifkan fitur text boundaries pada Microsoft Word hampir sama untuk versi 2007 ke versi yang lebih baru. Tetapi untuk versi Microsoft Office 2003 ke versi yang lebioh lama letaknya berbeda dalam pemilihan menu.

Demikian ulasan sedikit mengenai cara Mengaktifkan dan Menonaktifkan Text Boundaries Microsoft Office 2007. Semoga ulasan ini bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari cara mengaktifkan atau menonaktifkan fitur ini.
Advertisement

Terimakasih telah berkunjung dan berikut ini ketentuan komentar yang diperbolehkan :

1. Berkomentar dengan bahasa yang sopan dan tidak SARA.
2. Berkomentar sesuai dengan topik artikel.
3. TIDAK BOLEH memasukkan LINK AKTIF. Karena akan otomatis terhapus komentarnya.
4. Jika ingin menambahkan LINK silahkan masukkan ke dalam bagian URL atau menyertakan ke dalam komentar dengan sifat TIDAK AKTIF.
5. Berkomentarlah yang membangun dan bermanfaat untuk orang lain ya :-)
6. JANGAN MENCANTUMKAN NOMOR TELEPON ATAU SEJENISNYA DI DALAM KOMENTAR. UNTUK MENGHINDARI PENYALAHGUNAAN DARI PIHAK LAIN.
7. MOHON UNTUK TIDAK KOMENTAR YANG MENYESATKAN!

Terimakasih atas kerjasamanya demi memajukan website ini,
EmoticonEmoticon