Wednesday, March 25, 2015

Cara Mengatur Line Spacing / Spasi Baris Paragraf Microsoft Word

Cara Mengatur Line Spacing / Spasi Baris Paragraf Microsoft Word ~ Sebagai aplikasi pengolah kata, Microsoft Word memiliki banyak sekali fitur yang akan menghaislkan dokumen sesuai standar internasional. Salah satu fitur yang menjadi bahan pokok standar dokumen internasional adalah pengaturan spasi baris dalam satu paragraf atau dokumen. Fitur yang memiliki fungsi tersebut adalah Format Paragraf Line Spacing. Pengaturan spasi baris membuat tampilan dokumen lebih rapi dan lebih enak dibaca. Sehingga dalam membuat dokumen, seorang penulis tidak pernah mengabaikan pengaturan ini supaya tulisannya disukai oleh pembaca.

Terdapat beberapa pilihan Line Spacing yang dapat digunakan dalam mengatur spasi baris dokumen. Perbedaan spasi ini disesuaikan dengan standar format penulisan untuk dokumen yang berbeda-beda. Contohnya adalah surat resmi yang menggunakan standar spasi 1,5 dari Line Spacing Paragraf. Dokumen skripsi atau tesis yang menggunakan standar spasi baris 1,5 atau Double dalam penulisannya. Dan banyak sekali contoh penggunaan lainnya yang menggunakan standar spasi sendiri-sendiri.

Di dalam menu pilihan Line Spacing sendiri terdapat beberapa pilihan seperti yang telah disebutkan di dalam contoh di atas (1,5 dan Double). Selain kedua pilihan tersebut masih ada beberapa pilihan lainnya yang masuk ke dalam pengaturan spasi baris paragraf.

Daftar Pilihan Spasi Line Spacing
  • Single : Standar satu spasi formal baris.
  • 1.5 lines : Spasi Single ditambah dengan setengah dari Single.
  • Double : Spasi ganda (dua kali Single).
  • At Least : Spasi standar 12 pt (default) / Sama dengan Single.
  • Exactly : Spasi standar 12 pt (default) / Lebi ramping daripada Single.
  • Multiple : Spasi dapat diatur secara manual.

Cara Mengatur Line Spacing / Spasi Baris Paragraf Microsoft Word

Setelah mengetahui mengenai pilihan Line Spacing yang tersedia untuk mengatur spasi baris paragraf sekarang kita akan praktikkan langkah-langkah mengatur spasi baris menggunakan Line Spacing.
  • Buatlah dokumen baru Microsoft Word dan isi dengan tulisan minimal satu paragraf berisi 3 baris. Lebih banyak baris lebih baik untuk melihat lebih jelas pengaturan yang dilakukan.
  • Blok dokumen yang ingin diatur spasi barisnya. Dalam hal ini blok paragraf yang lebih dibuat tersebut.
  • Perhatikan menu Home pada dokumen. Arahkan ke bagian submenu Paragraph, di bagian pojok kanan bawah kota Paragraph ada anak panah kecil. Klik anak panah tersebut.
  • Muncuk kota dialog Paragraph. Perhatikan pada bagian Spacing. Untuk mengatur spasi baris pilih pada salah satu pilihan drop down Line Spacing yang ada. Contoh adalah spasi Double.
  • Terakhir klik OK dan Anda sudah selesai mengatur spasi baris paragraf yang Anda blok tadi.

Aturan pakai dari pengarutan spasi baris ini adalah dipisahkan oleh ENTER. Jadi dalam satu paragraf (kalimat yang tersambung dalam satu paragraf), sebanyak apapun kalimat yang ada dalam satu paragraf tersebut akan terpengaruh satu pengaturan spasi baris. Tetapi untuk beda paragraf dapat dilakukan pengaturan spasi baris yang berbeda meskipun dalam satu dokumen. Pada gambar di atas, paragraf pertama menggunakan spasi Double, sedangkan paragraf kedua menggunakan spasi Single.

Demikianlah sedikit ulasan mengenai Cara Mengatur Line Spacing / Spasi Baris Paragraf Microsoft Word. Semoga ulasan ini dapat menambah pengetahuan untuk kita semua dan dapat memanfaatkannya dalam membuat dokumen Microsoft Word yang baik dan enak untuk dibaca.
Advertisement

3 comments

Terimakasih buat komentar dan kunjungannya.. :)

Terimakasih tutorialnya bermanfaat banget, aku juga punya nih tutorial-tutorial gratis

Terimakasih telah berkunjung dan berikut ini ketentuan komentar yang diperbolehkan :

1. Berkomentar dengan bahasa yang sopan dan tidak SARA.
2. Berkomentar sesuai dengan topik artikel.
3. TIDAK BOLEH memasukkan LINK AKTIF. Karena akan otomatis terhapus komentarnya.
4. Jika ingin menambahkan LINK silahkan masukkan ke dalam bagian URL atau menyertakan ke dalam komentar dengan sifat TIDAK AKTIF.
5. Berkomentarlah yang membangun dan bermanfaat untuk orang lain ya :-)
6. JANGAN MENCANTUMKAN NOMOR TELEPON ATAU SEJENISNYA DI DALAM KOMENTAR. UNTUK MENGHINDARI PENYALAHGUNAAN DARI PIHAK LAIN.
7. MOHON UNTUK TIDAK KOMENTAR YANG MENYESATKAN!

Terimakasih atas kerjasamanya demi memajukan website ini,
EmoticonEmoticon