Wednesday, October 15, 2014

Mengatasi Masalah Halaman WP-Admin Wordpress Blank

Halaman WP-Admin Wordpress Blank -  Mungkin saya bukanlah orang pertama yang mengalami masalah ini. Tetapi masalah halaman WP-Admin Blank tanpa menampilkan form login sempat membuat saya terkejut dan kawatir dengan keadaan website saya. Masalah ini aku alami beberapa hari yang lalu sebelum artikel ini saya tulis. Saya hanya ingin berbagi pengalaman saja dari masalah yang saya alami ini dan berikut cara saya mengatasinya. 
memperbaiki blank wp admin wordpress

Mungkin sudah banyak temen-temen yang mengalami masalah serupa dan berhasil menyelesaikannya dengan aman. Masalah halaman WP-Admin Blank tidak mempengaruhi keadaan website secara konten. Jadi website masih dapat diakses oleh pengunjung dengan normal. Hanya pada halaman WP-Admin saja yang tidak bisa. 

Jadi saya tidak bisa masuk ke dashboard website saya. Tetapi ternyata cara untuk menyelesaikannya sangatlah mudah sekali. Ikutilah penjelasan saya selanjutnya di bawah ini tentang cara saya mencoba memperbaiki permasalahan yang saya hadapi itu.

Cara Mengatasi Masalah Halaman WP-Admin Wordpress Blank

Sebelumnya saya jelaskan dulu tentang permasalah ini sampai terjadi. Permasalahan alaman WP-Admin Wordpress blank tanpa menampilkan form login admin adalah karena adanya kres plugin yang terinstal. 

Salah satu plugin yang bertanggung jawab besar akan kemunculan permasalahan ini adalah plugin WP-Cache yang saya gunakan pada website saya.

Pada awal-awalnya plugin ini berjalan dengan normal tanpa menyebabkan masalah. Tetapi setelah Wordpress yang menjadi platform website saya update ke versi terbaru, masalah ini muncul dan sempat membuat pusing saya.

Akhirnya saya putuskan untuk browsing dan mencari cara mengatasi masalah halaman WP-Admin Blank. Ternyata ada banyak artikel yang membahasnya dan ternyata ada beberapa cara untuk menyelesaikan masalah tersebut. 

Cara yang pertama yang saya coba adalah dengan menghapus plugin yang saya maksud di atas tadi melalui Cpanel dan melakukan konfigurasi yang sesuai dengan panduan artikel tersebut.

Tetapi hasilnya kurang memuaskan, bahkan malah menambah rasa kawatir karena sekarang yang menampilkan halaman blank tidak hanya halaman WP-Admin, tetapi juga halaman konten website-nya. Akhirnya saya kembalikan seperti semula lagi.

Selanjutnya saya coba tips kedua dengan cara mengganti folder wp-admin yang ada di Cpanel dengan folder wp-admin yang baru. Dan untuk yang kedua kalinya saya gagal membuat halaman login dashboard wordpress saya tampil. 

Tetapi tidak putus asa dan terus mencari dan akhirnya menemukan satu penyelesaian yang lumayan ekstrim dan butuh waktu agak panjang. Cara ketiga ini adalah mengunduh folder wp-content yang ada di website melalui Cpanel dan menginstal ulang Wordpress terus memasukkan folder yang telah diunduh tersebut.

Bukankah itu sangat beresiko dan merepotkan sekali. Akhirnya saya memutuskan untuk tidak melakukan tips tersebut dan memilih cara saya sendiri. Cara saya sangatlah mudah dan sangat membantu tanpa harus bersusah payah.

Berikut adalah cara saya mengatasi halaman wp-admin Wordpress blank atau tidak menampilkan apa-apa. Cara ini tidak perlu edit apapun dan setting apapun. 

Cukup saya login ke akun tempat saya membeli domain dan hosting website saya. Kemudian saya menuliskan sebuah pesan yang biasa disebut Ticket dengan subjek halaman wp-admin blank dan dengan konten pesan meminta bantuan untuk permasalahan tersebut. 

Tidak perlu menunggu lama, tanggapan dan penyelesaian pun dilakukan. Alhasil halaman wp-admin saya sudah sembuh dan nongol lagi. Sangat mudah dan cepat kan. Dan setelah saya selidiki, ternyata ada hubungannya sama pengaturan MySQL di server. Data pengaturan tersebut otomatis dikirim ke Email saya.

Akhirnya halaman wp-admin saya tidak blank lagi dan akun saya dapat login kembali. Itulah cara yang lebih saya pilih daripada saya harus melakukan pengaturan kesana kemari yang hasilnya nihil. 

Demikianlah sedikit cerita saya dalam penjelasan cara mengatasi halaman wp-admin Wordpress blank yang saya alami. Semoga dapat membantu kalian ketika mengalami masalah yang sama.
Advertisement

Terimakasih telah berkunjung dan berikut ini ketentuan komentar yang diperbolehkan :

1. Berkomentar dengan bahasa yang sopan dan tidak SARA.
2. Berkomentar sesuai dengan topik artikel.
3. TIDAK BOLEH memasukkan LINK AKTIF. Karena akan otomatis terhapus komentarnya.
4. Jika ingin menambahkan LINK silahkan masukkan ke dalam bagian URL atau menyertakan ke dalam komentar dengan sifat TIDAK AKTIF.
5. Berkomentarlah yang membangun dan bermanfaat untuk orang lain ya :-)
6. JANGAN MENCANTUMKAN NOMOR TELEPON ATAU SEJENISNYA DI DALAM KOMENTAR. UNTUK MENGHINDARI PENYALAHGUNAAN DARI PIHAK LAIN.
7. MOHON UNTUK TIDAK KOMENTAR YANG MENYESATKAN!

Terimakasih atas kerjasamanya demi memajukan website ini,
EmoticonEmoticon