Sunday, August 31, 2014

Masih Bingung Dengan Perbedaan Kabel ATA dan SATA, Ini Penjelasannya

Perbedaan Kabel ATA dan SATA ~ Dalam dunia komputer terdapat sebuah penyimpanan utama komputer yang kita kenal dengan nama Harddisk (HDD). Sebagai perangkat plugin yang dapat dipasang dan dilepas, harddisk memiliki sebuah jalur koneksi yang disebut dengan portHarddisk akan disambungkan dengan kabel khusus dengan Port yang ada di motherboard supaya dapat berfungsi. Dalam koneksi ini, terdapat dua tipe kabel khusus yang digunakan oleh harddisk. Jenis kabel yang pertama adalah jenis kabel ATA dan yang kedua adalah jenis kabel SATA. Nah, artikel kali ini akan menjelaskan perbedaan antara kabel ATA dan SATA jika Anda masih belum mengetahuinya.

Kabel ATA juga sering dikenal dengan nama kabel IDE. ATA merupakan sebuah singkatan dari Advanced Technology Attachment) yang menggunakan teknologi 16-bit paralel. Kabel atau dikenal sebagai kabel HDD dengan tipe koneksi paralel. Jenis ini memiliki generasi terbaik pada jenis ATA-7 yang dikembangkan pada tahun 2001 dengan kecepatan akses mencapai 133 MBPs dengan model koneksi 40 pin dalam kabel. Sedangkan kabel SATA merupakan jenis kabel HDD terbaru yang memiliki kecepata lebih tinggi. Kabel SATA menggunakan teknologi transmisi serial yang dapat mengoptimalkan transmisi data dengan kecapatan tinggi. Pin yang merangkai kabel SATA lebih sedikit dibandingkan kabel ATA, yaitu hanya 15 pin saja. Tetapi kecepatan transmisi data yang dapat ditempuh oleh kabel SATA lebih tinggi, yaitu mencapai 150 MBPs.

Jadi dalam penjelasan jumlah pin yang dipakai oleh masing-masing kabel dapat disimpulkan bahwa bentuk fisik dari kedua kabel ini sangatlah berbeda. Kabel ATA memliki ukuran yang lebih besar daripada kabel SATA dalam hal jumlah pin. Kecepatan kabel SATA juga lebih tinggi dibandingkan kabel ATA. Teknologi transmisi yang digunakan juga berbeda, kabel ATA menggunakan teknologi paralel dan kabel SATA menggunakan teknologi serial.

Dalam kabel ATA, kita dapat memasang beberapa HDD dalam satu kabel dan satu port pada motherboard sedangkan pada kabel SATA kita hanya dapat memasang satu HDD pada satu kabel dan port di motherboard.

Berikut ini adalah tampilan dari bentuk kabel ATA dan kabel SATA:
Perbedaan Kabel ATA dan SATA

Pada jenis komputer yang berkembang saat ini, atau yang terbaru kebanyakan sudah menggunakan teknologi kabel SATA. Penggunaan kabel SATA memiliki banyak keuntungan pada perakitan komputer yang akan digunakan untuk menampung data yang besar. Berikut adalah beberapa keuntungan penggunaan kabel SATA jika dibandingkan dengan penggunaan kabel ATA/IDE:
  • Kabel SATA lebih fleksibel dalam pengaturan koneksi karena tidak perlu melakukan pengaturan jumper seperti pada kabel ATA/IDE yang harus mengikuti aturan Master, Slave, dan Select.
  • Sangan membantu dalam pengelolaan dan akses HDD dengan kapasitas yang besar.
  • Kabel SATA lebih tahan panas ketika digunakan dibandingkan kabel ATA.
  • Mudah dalam pemasangan dan tidak memerlukan ruang yang luas sebagai tempat pemasangannya.
Sampai dengan kondisi saat ini, penggunaan kabel SATA masih umum digunakan pada setiap komputer baru yang muncul. Pengembangan untuk kecepatan kabel SATA juga terus dilakukan karena dianggap sebagai jenis kabel yang efektif untuk koneksi HDD. Dan demikianlah penjelasan mengenai kabel ATA dan kabel SATA serta dengan perbedaan di antara keduanya. Semoga dapat membantu Anda memahami dan mengenali tipe kabel HDD yang banyak digunakan ini dan mampu untuk memberikan penjelasan tentang perbedaan dan keuntungannya.
Advertisement

2 comments

keren gan informasinya sangat membantu sekali,
ini gan kalau mau servis laptop,jual beli laptop ada laptop bekas jogja https://laptopbekasjogja.wordpress.com/ jangan lupa kunjungi gan

SIP gan... Semoga bermanfaat ya...
Siap gan, ane berkunjung ya...

Terimakasih telah berkunjung dan berikut ini ketentuan komentar yang diperbolehkan :

1. Berkomentar dengan bahasa yang sopan dan tidak SARA.
2. Berkomentar sesuai dengan topik artikel.
3. TIDAK BOLEH memasukkan LINK AKTIF. Karena akan otomatis terhapus komentarnya.
4. Jika ingin menambahkan LINK silahkan masukkan ke dalam bagian URL atau menyertakan ke dalam komentar dengan sifat TIDAK AKTIF.
5. Berkomentarlah yang membangun dan bermanfaat untuk orang lain ya :-)
6. JANGAN MENCANTUMKAN NOMOR TELEPON ATAU SEJENISNYA DI DALAM KOMENTAR. UNTUK MENGHINDARI PENYALAHGUNAAN DARI PIHAK LAIN.
7. MOHON UNTUK TIDAK KOMENTAR YANG MENYESATKAN!

Terimakasih atas kerjasamanya demi memajukan website ini,
EmoticonEmoticon