Friday, December 13, 2013

Membantu Artikel Blog Cepat Terindeks Dengan Fetch as Google Webmaster

Sebuah blog atau website pasti akan mengalami masa dimana artikel-artikel yang ada didalamnya tidak dapat ditemukan di mesin pencari. Hal ini disebabkan karena mesin pencari belum mengindeks artikel yang terkandung di dalam website atau blog tersebut. Beberapa alasan mengapa mesin pencari enggan datang dan mengindeks adalah karena kualitas artikel yang sudah basi atau masalah SEO yang dilakukan tidak benar. Dan akibatnya artikel susah terindeks meskipun sudah berhari-hari bahkan berminggu-minggu. Kali ini saya akan membahas tentang sebuah cara legal untuk mempermudah mesin pencari mengindeks artikel yang ada di dalam website atau blog. Cara ini dengan memanfaatkan Google Webmaster pada fitur Fetch as Google.

Tahapan melakukan optimasi indeks artikel dengan Fetch as Google

1. Pertama sudah barang tentu kita harus masuk ke Google Webmaster dan mendaftarkan blog atau website kita ke dalam Google Webmaster. Jika sudah terdaftar, klik website atau blog terdaftar yang ingin dioptimasi indeks artikelnya.
2. Setelah masuk ke halaman optimasi website atau blog Google Webmaster, lakukan pengaturan pertama pada pengaturan target pengunjung. Pilih tombol setting > site setting. Aktifkan Geographic target dan pilih negara sesuai bahasa sesuai isi dari konten blog atau website, kemudian simpan.

setting regional pengunjung
setting regional pengunjung
3. Selanjutnya masuk ke menu Crawl dan pilih sub menu Fetch as Google.


setting Fetch as Google Webmaster
4. Masukkan lanjutan URL artikel yang ingin dioptimasi. Perlu diperhatikan, disana sudah ada alamat homepage blog atau website, jadi yang dimasukkan pada kotak yang tersedia adalah lanjutannya saja, jangan semua URL.

setting Fetch as Google Webmaster
5. Kemudian klik tombol Fetch, browser akan reload dan hasilnya seperti di bawah ini jika benar. Jika tidak seperti ini berarti URL yang Anda masukkan tidak benar. Selanjutnya klik pada tombol Submit to index.

setting Fetch as Google Webmaster
6. Pilih status menjadi URL and all linked pages jika ingin semua link yang terhubung di halaman artikel tersebut juga ikut terindeks, jika tidak mau silahkan pilih yang pertama (URL). Kemudian klik OK.

setting Fetch as Google Webmaster
7. Web browser akan kembali reload dan hasilnya jika berhasil akan seperti gambar di bawah ini, jika gagal, ulangi lagi langkah Submit to index.

setting Fetch as Google Webmaster
8. Selesai

Di atas adalah cara mengirimkan URL artikel kita ke Google dengan tujuan Crawl Google segera datang dan mengambil indeks artikel kita. Tunggu beberapa menit atau sampai paling lama besoknya. Cara cek artikel sudah terindeks atau belum dapat dilakukan dengan cara meng-copy link URL artikel dan meletakknya pada kotak pencarian Google, jika sudah terindeks maka artike Anda akan muncul di urutan paling atas. Jika belum tunggu beberapa waktu. Itulah tips tentang membantu mempercepat proses indeks artikel blog.
Advertisement

2 comments

Ternyata bisa artikel nampil lebih cepat di google ya gan :D , cara ini efektif, thanks informasinya gan

Iya gan... fasilitas itu untuk memberitahu Crawler Google untuk datang ke URL yang kita kirimkan.

Terimakasih telah berkunjung dan berikut ini ketentuan komentar yang diperbolehkan :

1. Berkomentar dengan bahasa yang sopan dan tidak SARA.
2. Berkomentar sesuai dengan topik artikel.
3. TIDAK BOLEH memasukkan LINK AKTIF. Karena akan otomatis terhapus komentarnya.
4. Jika ingin menambahkan LINK silahkan masukkan ke dalam bagian URL atau menyertakan ke dalam komentar dengan sifat TIDAK AKTIF.
5. Berkomentarlah yang membangun dan bermanfaat untuk orang lain ya :-)
6. JANGAN MENCANTUMKAN NOMOR TELEPON ATAU SEJENISNYA DI DALAM KOMENTAR. UNTUK MENGHINDARI PENYALAHGUNAAN DARI PIHAK LAIN.
7. MOHON UNTUK TIDAK KOMENTAR YANG MENYESATKAN!

Terimakasih atas kerjasamanya demi memajukan website ini,
EmoticonEmoticon