Saturday, October 19, 2013

Mengatasi Masalah Komputer Restart Kembali Sebelum Masuk Startup Desktop

Mengatasi Masalah Komputer Restart Kembali Sebelum Masuk Startup Desktop
Masalah komputer yang satu ini memang banyak dialamai oleh pengguna komputer. Komputer booting dengan normal, tetapi ketika hendak masuk ke startup desktop tiba-tiba kembali restart lagi. Masalah seperti itu jangan sampai dibiarkan berulang-ulang, karena dapat berdampak negatif bagi motherboard komputer. Sebaiknya segera melakuka tindakan penanganan komputer yang kembali restart ketika akan masuk startup desktop. Berikut ada beberapa penyebab komputer yang mengalami masalah restart kembali sebelum masuk desktop.

Penyebab yang pertama dan paling banyak dialami adalah keberadaan virus yang menyerang file sistem Windows. virus tersebut telah menghapus atau menginjeksi beberapa file master boot, sehingga menyebabkan Windows tidak bisa masuk ke desktop seperti biasa. Meskipun sudah di-repair Windows, kemungkinan besar virus akan teteap tinggal di dalam komputer dan menginjeksi kembali. Untuk mengatasi penyebab ini, lakukan scan virus secara live CD, bisa menggunakan antivirus rescue CD ataupun Windows live CD. Setelah selesai scan live CD, coba booting normal, jika berhasil maka Windows akan berjalan normal. Jika masih gagal, setelah scan selesai lakukan repair pada Windows.

Peyebab yang kedua karena kurangnya supply tegangan untuk komputer tersebut. Penyebab ini yang paling beresiko pada hardware, seperti motherboard dan harddisk. Beberapa komputer memerlukan supply tegangan yang stabil dan tidak turun drastis. Jika turun drastis bisa menyebabkan komputer tidak cukup tegangan untuk masuk ke startup desktop sistem operasi. Karena pada saat startup desktop sistem operasi, kebutuhan tegangan yang stabil sangat diperlukan. Untuk mengatasi penyebab ini bisa menggunakan penstabil tegangan (stabilzer) saat tegangan dirasa turun. Dan yang terpenting ketika komputer mengalami masalah reboot sebelum masuk desktop adalah jangan menyalakan komputer secara berulang-ulang, karena hasilnya akan tetap sama, reboot kembali, yang ada hardware bisa mengalami aus dan trouble.

Penyebab yang ketiga adalah karena driver conflict. Driver yang terpasang pada hardware baru terkadang membawa dampak tidak baik, seperti tidak kompatibel, sehingga menyebabkan komputer hang dan ditandai dengan blue screen atau reboot kembali. Untuk antisipasi masalah ini, perhatikan spesifikasi terlebih dahulu dari hardware yang akan dipasang sebelum menginstal drivernya.

Itulah beberapa penyebab kenapa komputer reboot kembali sebelum masuk ke startup desktop. Semoga dapat membantu dalam mengatasi masalah itu ketika menyambangi Anda.
Advertisement

Terimakasih telah berkunjung dan berikut ini ketentuan komentar yang diperbolehkan :

1. Berkomentar dengan bahasa yang sopan dan tidak SARA.
2. Berkomentar sesuai dengan topik artikel.
3. TIDAK BOLEH memasukkan LINK AKTIF. Karena akan otomatis terhapus komentarnya.
4. Jika ingin menambahkan LINK silahkan masukkan ke dalam bagian URL atau menyertakan ke dalam komentar dengan sifat TIDAK AKTIF.
5. Berkomentarlah yang membangun dan bermanfaat untuk orang lain ya :-)
6. JANGAN MENCANTUMKAN NOMOR TELEPON ATAU SEJENISNYA DI DALAM KOMENTAR. UNTUK MENGHINDARI PENYALAHGUNAAN DARI PIHAK LAIN.
7. MOHON UNTUK TIDAK KOMENTAR YANG MENYESATKAN!

Terimakasih atas kerjasamanya demi memajukan website ini,
EmoticonEmoticon