Sunday, October 27, 2013

Memahami Penyebab Kerusakan Harddisk Komputer

Kangje.com - Hard disk merupakan sebuah perangkat komputer yang menjadi memori primer untuk menyimpan semua data, sistem operasi, dan aplikasi yang terinstal di komputer. Hard disk menjadi kebutuhan yang utama dalam sebuah komputer untuk dapat beroperasi menyimpan data-data yang dioleh oleh komputer.

Tetapi hard disk juga dapat mengalami masalah yang menyebabkan hilangnya data-data yang ada didalamnya. Sebelum mengalami hal tersebut, sebaiknya kita mengantisipasi masalahnya. Memahami perlakuan dan masalah yang dapat terjadi pada hard disk adalah cara yang terbaik.

Hard disk mengalami kerusakan dapat dikarenakan oleh beberapa sebab. Ketika hard disk mengalami kerusakan juga dapat dilihat dari beberapa pertanda.
Memahami Penyebab Kerusakan Harddisk Komputer

Memahami Penyebab Kerusakan Hard Disk Komputer

Banyak pengguna menganggap kerusakan hard disk disebabkan sepenuh seringnya melakukan format, delete dan create partition, atau sejenisnya.

Tetapi itu tidaklah benar dan juga tidaklah sepenuhnya salah. Memang, aktivitas format, delete dan create partition, dan lain-lain dapat menjadi penyebab kerusakan hard disk.

Aktivitas tersebut dapat menjadi penyebab kerusakan hard disk karena kuantitas akses ke hard disk yang meningkat, sedangkan hard disk sendiri memiliki umur hidup yang berbatas waktu.

Jadi dengan meningkatnya kuantitas akses juga akan mengurangi kuantitas umur hard disk.

Tetapi penyebab terbesar kerusakan hard disk secara fisik adalah karena hard disk mengalami socking live

Socking live hanyalah istilah yang dipakai penulis untuk memanggil masalah hard disk yang sering terjadi ini. 

Socking live terjadi karena hard disk kehilangan arus listrik secara tiba-tiba ketika menyala dan beroperasi sampai menyebabkan putaran disk pada hard disk itu berhenti secara mendadak.

Berhentinya putaran disk secara mendadak bisa menyebabkan terjadinya gesekan keras pada disk dengan head hard disk. Gesekan tersebut dapat berlanjut membuat sebuah luka pada piringan disk, sehingga sektor HDD dapat mengalami kerusakan.

Sebenarnya tidak ada cara yang pas untuk menangani masalah kerusakan HDD karena tergoresnya piringan hard disk

Tetapi yang perlu dilakukan adalah melakukan antisipasi untuk mengatasi penyebabnya. Penyebabnya adalah socking live yang terjadi karena listrik tiba-tiba mati ketika komputer dinyalakan. 

Mengantisipasi keadaan listrik adalah jalan keluarnya. Bisa menggunakan UPS untuk menjaga komputer untuk tetap hidup sementara dan melakukan standar shut down.

Itulah sedikit tips untuk memahami penyebab kerusakan hard disk komputer. Semoga dapat membantu untuk mencegah masalah harddisk pada komputer.
Advertisement

Terimakasih telah berkunjung dan berikut ini ketentuan komentar yang diperbolehkan :

1. Berkomentar dengan bahasa yang sopan dan tidak SARA.
2. Berkomentar sesuai dengan topik artikel.
3. TIDAK BOLEH memasukkan LINK AKTIF. Karena akan otomatis terhapus komentarnya.
4. Jika ingin menambahkan LINK silahkan masukkan ke dalam bagian URL atau menyertakan ke dalam komentar dengan sifat TIDAK AKTIF.
5. Berkomentarlah yang membangun dan bermanfaat untuk orang lain ya :-)
6. JANGAN MENCANTUMKAN NOMOR TELEPON ATAU SEJENISNYA DI DALAM KOMENTAR. UNTUK MENGHINDARI PENYALAHGUNAAN DARI PIHAK LAIN.
7. MOHON UNTUK TIDAK KOMENTAR YANG MENYESATKAN!

Terimakasih atas kerjasamanya demi memajukan website ini,
EmoticonEmoticon