Sunday, September 1, 2013

5 Masalah Serius Yang Dapat Menyerang Android Dan Tips Mengatasinya

Kangje.com - Sistem operasi mobile Android memang mengalami perkembangan yang menakjubkan. Banyak sekali perangkat mobile dari berbagai vendor yang menggunakan sistem operasi besutan Google, Android. Tetapi disamping perkembangannya yang begitu bagus, ada beberapa masalah serius yang dapat menyerang smartphone Android OS.

Apa saja itu? Akan kami bahas di dalam artikel ini untuk kalian. Agar kalian dapat memahami dan berhati-hati dalam menggunakan smartphone Android.

Sekarang ini Android juga telah menjadi selera baru untuk dijadikan target para cyber crime.

Berbagai masalah dapat ditemui dalam penggunaan sistem operasi Android. Seperti yang dilansir detik.com dari Kaspersky Lab saat acara Safeguarding Kaspersky Multi-device World yang diselenggarakan di Moskow, Rusia.
5 Masalah Serius Yang Dapat Menyerang Android OS

5 Masalah Serius Yang Dapat Menyerang Android Dan Tips Mengatasinya

Secara garis besar, Kaspersky menyimpulkan ada lima masalah yang siap menghatui dan merepotkan pengguna Android saat ini.

Masalah SMS Trojan

SMS Trojan menjadi pilihan yang banyak digunakan untuk mencuri uang dan data identitas korbannya. 

SMS Trojan dikirimkan secara blast SMS dengan isi Trojan berbahaya. 

Rayuan yang dipakai biasanya memancing agar pengguna atau calon korban menggunakan SMS premium.

Tips untuk menghindari kejahatan model ini adalah dengan tidak asal klik link yang dikirimkan melalui SMS. Apalagi link yang sudah di-shorter.

Kalian harus melihat dengan teliti model link yang dikirimkan oleh pihak tak dikenal. Jika ragu sebaiknya jangan klik link tersebut, apapun iming-imingnya.

Masalah Adware

Cara ini memang marak sekali digunakan untuk memperoleh keuntungan dari iklan tanpa harus mengotori tangan mereka ada Adware

Korban akan dipaksa masuk ke sebuah halaman site yang kemudian mereka akan mendapatkan bayaran atau uang ketika korban melakukan klik di dalam site tersebut.

Tips untuk terhindar dari masalah adware adalah dengan tidak mengakses situs-situs yang mencurigakan dan berbau bukan untuk umum. Biasanya adware terselip di dalam situs-situs seperti itu.

Kemudian hindari menginstal aplikasi dengan sumber yang tidak jelas. Utamakan bagi pengguna Android untuk instal aplikasi yang ada di dalam Google Play Store saja. Karena sudah melalui validasi keamanan Google.

Masalah Spyware

Untuk Spyware biasanya berkecimpung dalam kejahatan pencurian data identitas korbannya, seperti username dan password sebuah akun.

Cara kerjanya dengan meniru persis interface dari halaman login suatu akun, seperti email, situs perbankan, dan lain-lain.

Harus ekstra hati-hati dengan masalah spyware ini. Karena akibatnya sangat fatal ketika mereka sudah berhasil mencuri username dan password korbannya.

Tips agar terhindar dari serangan spyware adalah dengan mengakses situs dari sumber yang dipercaya, jangan melalui share yang dilakukan oleh orang tak dikenal.

Kemudian teliti terlebih dahulu URL situs yang bersangkutan, pastikan memang sesuai dengan keadaan aslinya, bukan berbeda. Utamanya di nama domain dan ekstension domain.

Masalah Eksplorasi dari Rooting dan Jailbreak

Masalah ini tergantung pada keinginan kita. Ini yang suka modifikasi Androidnya dengan cara root.

Padahal kita kan tidak tahu apa operasi yang ada di background ketika aplikasi root itu berjalan.

Terlebih lagi, smartphone yang sudah di-root akan terbuka semua aksesnya sampai ke bahasa mesinnya.

Tipsnya simple saja, jangan lakukan rooting atau jailbreak untuk smartphone Android kalian.

Masalah Malware

Masalah ini yang paling besar dan paling banyak ditemui. 

Malware akan cepat dan mudah tersebar untuk masuk dan mencuri data-data dari ponsel Android yang kalian gunakan. 

Menurut Stefan, Senior Security Reseaerch Global Research and Analysis Team Kaspersky yang telah dilansir detik.com ada lima sumber Malware sebagai tempat berjibun Malware, yaitu:
  • Situs yang mengandung Malicious
  • Spam melalui E-mail, Instant Messaging, dan SMS
  • Unofficcal Market
  • Google Play
  • Physical Access Device
Dari kelima sumber malware tersebut, yang menjadi sorotan kita adalah dari Google Play. Ini terkait aplikasi terinfeksi malware yang lolos masuk ke Google Play.

Tetapi kabarnya Google telah memperketat penyaringan untuk aplikasi yang terinfeksi malware dan mempertajam scanning aplikasi berbahaya sebelum masuk dan publish di Google Play.

Tips untuk masalah yang satu ini adalah dengan tidak mengakses situs yang kurang kredibel dan tidak jelas asal usulnya. Kemudian jangan asal klik link yang dikirimkan melalui email, instant messaging, short message, dan lain-lain.

Kemudian jangan asal colok media penyimpanan eksternal seperti USB Flash drive yang belum tahu asal-usulnya pernah dicolok dimana saja. Kalian harus aktifkan antivirus ter-update sebelum colok media penyimpanan ini.

Untuk Google Play kalian teliti dulu popularitas aplikasi dan komentarnya. Kemudian pastikan sumbernya valid dan bisa dipertanggungjawabkan.

Demikian sedikit penjelasan tentang 5 Masalah Serius Yang Dapat Menyerang Android Dan Tips Mengatasinya. Semoga dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat untuk kita semua. Tetapi berhati-hati dan teliti dalam menggunakan Android.
Advertisement

Terimakasih telah berkunjung dan berikut ini ketentuan komentar yang diperbolehkan :

1. Berkomentar dengan bahasa yang sopan dan tidak SARA.
2. Berkomentar sesuai dengan topik artikel.
3. TIDAK BOLEH memasukkan LINK AKTIF. Karena akan otomatis terhapus komentarnya.
4. Jika ingin menambahkan LINK silahkan masukkan ke dalam bagian URL atau menyertakan ke dalam komentar dengan sifat TIDAK AKTIF.
5. Berkomentarlah yang membangun dan bermanfaat untuk orang lain ya :-)
6. JANGAN MENCANTUMKAN NOMOR TELEPON ATAU SEJENISNYA DI DALAM KOMENTAR. UNTUK MENGHINDARI PENYALAHGUNAAN DARI PIHAK LAIN.
7. MOHON UNTUK TIDAK KOMENTAR YANG MENYESATKAN!

Terimakasih atas kerjasamanya demi memajukan website ini,
EmoticonEmoticon